x

Kantor pelayanan SIM Corner Ditlantas Poltabes Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (10/5). Tempo/Firman Hidayat

Iklan

Wardoyo Suwardoyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Nih! Caranya Bikin SIM C Tanpa Calo

Tips mudah membuat SIM C tanpa calo

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

calo

Di Kota besar seperti Jogja, memiliki SIM C pagi pengendara sepeda motor adalah hal yang vital. Seperti yang sudah kita ketahui, polisi di Jogja sering mengadakan operasi dadakan yang tempatnya berganti-ganti.

Namun, meskipun sering diadakan operasi, masih banyak saja warga yang kena tilang. Konon, pengurusan SIM yang sulit dan biaya selangit, banyak membuat pengendara roda dua malas mengurus surat izin berkendara ini. Nah, untuk urusan biaya, sebenarnya cukup murah. Biaya membuat SIM itu mahal karena kita memakai calo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut beberapa tips mudah membuat SIM C tanpa harus menggunakan jasa calo.

1. Siapkan berkas

Siapkan persyaratan administrasi membuat SIM C seperti fotocopy KTP, alat tulis dalam ujian, dan biaya administrasi sekitar Rp 150 ribu.

2.Pastikan Kamu Lagi Sehat

Sebelum masuk tahap ujian traktek berkendara, para peserta ujian SIM C diharuskan untuk lulus dalam tahap tes kesehatan yang meliputi tes penglihatan, tekanan darah, dan sebagainya. Makanya, pastikan kamu lagi dalam keadaan yang fit.

3.Berangkat pagi

Ujian teori biasanya hanya dibuka hingga jam 12 siang, makanya berangkat pagi biar enak. Berangkat pagi juga bisa menghindari kamu dari antrean panjang saat bikin SIM.

4.Pahamilah rambu lalu lintas

Banyak peserta ujian SIM C yang gagal karena mereka berangkat ke SAMSAT tanpa membekali diri dengan teori rambu lalu lintas dan cara berkendara yang benar di jalan raya.

5. Pilih motor yang sesuai

Biasanya, di tempat ujian praktek berkendara, pihak SAMSAT menyediakan tiga jenis motor untuk dipakai ujian. Tiga motor tadi biasanya berjenis matic, bebek, dan motorsport. Nah, pilihlah jenis motor yang biasa Anda gunakan saat belajar berkendara sebelumnya.

6.Tolak semua ajakan calo

Meski pihak kepolisian sudah menghilangkan praktek percaloan di proses pembuatan SIM di SAMSAT seluruh Indonesia, namun sampai saat ini masih ada saja praktek percaloan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Jadi, jangan mau kalau ada orang atau bahkan oknum polisi yang menawarkan jasa pencaloan bikin sim. Biasanya harganya mahal dan itu sudah masuk tindak kriminal.

Nah, itu beberapa tips dari Cover Super tentang cara bikin SIM yang benar dan tanpa calon. Semoga bermanfaat ya.

Sumber : Cover Super

Ikuti tulisan menarik Wardoyo Suwardoyo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan