x

Iklan

Ananda Caesar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Desember 2022

Kamis, 22 Desember 2022 12:54 WIB

Tip Menumbuhkan Semangat Belajar

Artikel ini menjelaskan tentang tips agar menumbuhkan semangat belajar bagi anak muda, Mari kita simak artikel berikut ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo sobat gimana, nih, kabar kalian? Baik baik saja, kan? Oke di sini saya ingin memberi tahu cara menumbuhkan semangat belajar di saat kita sedang malas membuka buku. Mari kita simak penejelasan saya kawan-kawan.

Belajar adalah gerbang untuk mendapatkan ilmu. Dengan memiliki ilmu, manusia bisa memiliki bermacam-macam inspirasi untuk mereka manfaatkan dalam kehidupan. Maka, jika kita melihat orang-orang sukses, selain karena kehendak Tuhan, pasti itu karena mereka tahu ilmu itu untuk sukses. Tetapi sayangnya, tak semua orang memiliki motivasi kuat untuk belajar. Alhasil, tidak ada peningkatan yang berarti dalam kualitas hidupnya.

Seseorang yang rajin belajar berarti dia memiliki komitmen dalam belajar. Dilain sisi, seseorang yang rajin mengetahui caranya sendiri untuk bersenang-senang. Hal ini dilakukan agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Proses belajar membutuh waktu dan proses. Meskipun pada awalnya susah, secara perlahan-lahan kamu akan menyukainya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Motivasi dalam belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar seorang pelajar, baik itu di level pendidikan dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Tanpa memiliki semangat ataupun motivasi dalam belajar, seorang murid tidak akan dapat meningkatkan keilmuannya. Oleh karena itu, mengetahui cara menumbuhkan semangat belajar menjadi sangat penting baik bagi seorang pendidik maupun bagi pelajar itu sendiri.

Jadi, bagaimana cara agar kita memiliki motivasi belajar yang kuat? Saya mempunyai tips agar memiliki motivasi dalam belajar, ada lima cara utamanya, yaitu :

Pertama, Memiliki Tujuan Dalam Hidup.

Jika kita sudah memiliki tujuan hidup, maka kita akan berpikir untuk mewujudkannya. Pasti, dalam proses mewujudkan itu ilmu dibutuhkan. Dari sini, semangat menuntut ilmu pasti akan bertumbuh kuncinya kita harus gigih dalam mengejarnya.

Kedua, Berpikir Tentang Masa Depan (Jangka Panjang).

Dengan ini bisa jadi, sebagian ilmu yang kita pelajari tak dapat langsung kita pakai. Namun, kita perlu berpikir dan berwawasan ke masadepan, bahwa pada masa mendatang ilmu tersebut akan bermanfaat.

Ketiga, Memiliki Partner Yang Menguatkan.

Memiliki partner yang menguatkan bisa dalam bentuk sahabat, mentor, atau guru. Sebagai manusia kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, kita mungkin saja goyah dalam proses belajar. Untuk itu, memiliki partner yang mengingatkan kita dikala malas sangatlah penting.Dengan memiliki tiga hal di atas, semangat belajar bisa terjaga. Kita akan menjadi pembelajar sejati yang semangatnya selalu menyala.

Keempat, Menentukan Target Belajar

Jika materi pelajaran kamu terlalu banyak dan berat, kamu dapat membaginya menjadi beberapa sesi. Membagi materi pelajaran ke dalam beberapa sesi waktu dapat meringankan beban kamu. Kamu juga bisa memberikan target di setiap sesi belajar. Hal ini dapat membantu kamu menjadi lebih termotivasi untuk mencapai target kamu. Oh ya, jangan lupa pasang target yang realistis ya. Jangan memasang target yang terlalu tinggi. Terkadang, tanpa disadari hal ini nantinya dapat mengganggu kondisi mental kamu lho guys.

Kelima, Belajar Bersama

Kamu bisa memanfaatkan waktu berkumpul bareng teman untuk belajar bersama. Dengan belajar bersama, kamu bisa saling membantu satu sama lain. Selain itu, kamu bisa lebih bersemangat dan berusaha karena kamu tidak melakukannya sendirian. Tapi, hati-hati ya guys dalam memilih teman untuk belajar bersama. Coba temukan teman yang benar-benar ingin belajar. Jangan sampai kamu bukannya belajar tapi malah pergi hang out kemana-mana atau malah ngobrol nih dan akhirnya malah nggak jadi belajar deh.

Keenam, Mencari suasana yang tepat

Sebenarnya tidak ada istilah suasana yang tepat. Semua suasanya menjadi tepat jika kamu berhasil mengontrol diri sendiri. Cari tempat belajar yang nyaman dan membuat kamu fokus untuk belajar. Jika perlu, putarlah musik yang akan membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai. Kamu dapat menentukan suasana yang tepat untuk diri sendiri untuk meningkatkan motivasi belajarmu.

Ketujuh, Ubah Kebiasaan yang Tidak Mendukung
Untuk menambah semangat belajar, cara memotivasi diri sendiri yang perlu dilakukan adalah tentu dengan mengubah kebiasaan yang tidak terlalu bermanfaat atau tidak mendukung. Mengubah kebiasaan memang tidak mudah, jadi perlahan saja. Misalnya saja seseorang terlalu banyak scrolling media sosial di tengah waktu belajarnya sehingga tak sadar sudah 30 menit waktu terbuang percuma. Maka solusi untuk mengubah kebiasaan ini dapat menerapkan sistem pembagian waktu. Misalnya setting alarm untuk 25 menit belajar, 5 menit pegang ponsel. Atau jika tidak begitu, saat belajar, ponsel diletakkan di ruang yang berbeda sehingga tidak tergoda untuk memegangnya. Salah satu tips adalah jangan mengubah seluruh kebiasaan dalam satu waktu. Usahakan untuk mengubah 1 saja dalam jangka waktu tertentu, semisal 2 minggu.

Kedelapan, Pilih Cara Belajar yang Sesuai

Setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda dalam belajar karena kemampuan untuk menyerap ilmu juga tidak sama tingkatannya. Pendekatan belajar itu dapat melalui visual, auditori atau kinestetik. Untuk itu agar semakin termotivasi belajar, kita juga perlu mengenali mana sih metode belajar yang tepat untuk kita sendiri? Sebagai gambaran, metode visual lebih banyak menggunakan gambar sehingga model grafik, flowchart, diagram atau rangkuman dengan tema warna berbeda akan sangat membantu. Untuk gaya belajar audio cara yang paling mudah adalah dengan mendengar rekaman belajar, mendengar penjelasan dari orang lain atau belajar di dalam kelompok. Sedangkan metode kinstetik akan lebih mudah belajar dengan bantuan gerakan tubuh, keterampilan ataupun juga penggunaan computer.

Itulah tadi delapan cara untuk memotivasi diri sendiri agar tetap tekun dan bersemangat dalam belajar. Hal yang paling penting adalah memegang komitmen namun juga tidak lupa mengutamakan istirahat agar selalu fresh untuk memulai yang baru. Bila teman teman memiliki rasa malas untuk belajar, maka teman teman harus membaca delapan motivasi yang saya ketik tadi, kadang belajar itu rasanya sangat malas apalagi teman teman melihat kata kata yang ada dibuku sangat banyak itu membuat kita semakin malas membacanya. Oleh sebab itu saya menyarankan teman teman untuk membaca motivasi yang telah saya berikan kepada teman teman.

Setelah teman teman sudah membaca kata motivasi, saya yakin teman teman pasti tidak akan malas belajar lagi, dan kedepannya anak anak muda yang ada di Indonesia akan lebih giat dalam belajar. dengan itu pemerintah kemendikbud kita juga pasti sangat bangga karena negara kita yaitu Indonesia memilik anak muda yang rajin belajar,sukses dan tidak bermalas malasan dalam melakukan kegiatan belajar.

Jaga selalu kondisi kesehatan jasmani dan rohani, terutama mental yang harus tetap positif. Dengan persiapan yang matang, maka semua kondisi akan dapat ditaklukkan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Ananda Caesar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB