x

Iklan

Popy Ramadanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Januari 2023

Kamis, 5 Januari 2023 08:12 WIB

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Media sosial sangat berpengaruh pada kehidupan apalagi di era jaman digital saat ini, ada beberapa dampak negatif dan dampak positif media sosial, dampak positif di antara nya penggunaan media sosial bisa di gunakan untuk media pembelajaran di musim pandemi, dampak negatifnya, banyak berita berita hoax yang tersebar di media sosial yang tidak semua fakta, adapun kasus motip kejahatan seperti hipnotis pencurian dan masih banyak lagi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan terhadap lingkungan dan masyarakat. Adanya media sosial menjadikan perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, maupun etika. Indonesia merupakan negara yang jumlah penduduknya, masyarat Indonesia menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna menyampaikan informasi ke publik.

Dampak positif media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang banyak, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah. Adapun contoh dampak dari menggunakan media sosial seperti menggunakan Facebook instagram, twitter, google dan whatsapp, selain untuk berkomunikasi dengan orang atau kerabat jauh, media sosial bisa di gunakan untuk anak sekolah saat daring pada saat pandemi covid-19.

Media sosial juga sangat perlu digunakan. Adapun dampak negatif dari penggunaan media sosial, menjauhkan orang orang dekat atau sebaliknya, interaksi secara tatap muka menurun membuat orang orang jadi kecanduan terhadap internet adapun contoh dari dampak negatif media sosial contohnya aplikasi tiktok mungkin semua orang di jaman sekarang bukan hanya anak kecil, bahkan di kalangan remaja atau dewasa. Bahkan orang tua menggunakan aplikasi tiktok .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dampak negatif nya yaitu banyak orang dewasa yang menggunakan tiktok untuk joged joged yang sering kali di tiru anak kecil. Media sosial juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari ada juga yang menjadikan media sosial sebagai alat penjualan. Zaman sekarang sudah banyak orang yang berjualan online di media sosial, sudah banyak online shop yang berjualan macam macam online shop yang berjualan di media sosial seperti Facebook, Tiktokshop, shoppe, dan instagram. 

Salah satu dampak media sosial dari dampak positif memang memberikan kemudahan masyarakat untuk menjalankan aktivitas. Seperti memperoleh informasi terbaru terkait dampak positif media sosial. Adapun beberapa manfaat yang didapatkan pengguna dari teknologi ini, di antaranya memudahkan komunikasi, memudahkan pencarian informasi terbaru terkait dampak positif negatif media sosial.

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan pengguna dari teknologi adalah memudahkan pencarian informasi, sebelum pencarian informasi cenderung terbatas dan memerlukan waktu cenderum lebih lama, dengan hadir nya media sosial kita bisa mencari informasi apapun dengan lebih gampang dan cepat. Adapun media sosial bisa di gunakan untuk sarana berbisnis, sehingga media sosial bisnis kecil pun memiliki peluang yang besar. Media sosial dapat di gunakan atau di manfaatkan untuk menganalisis panas dan konsumen hingga kebutuhan produk.

Media sosial juga di gunakan sebagai sarana hiburan di zaman pandemi Covid banyak mengakibatkan banyak aktivitas di luar rumah banyak masyarakat menjadikan media sosial sebagai sarana hiburan , baik yang memberikan hiburan maupun yang menikmati hiburan. Masyarakat menggunakannya dengan membuat vlog seharian pandemi dan hal ini dapat menghibur serta mengisi waktu luang untuk yang lainnya.

Media sosial juga bisa di gunakan sebagai sarana pembelajaran, dampak positif media sosial sangat memudahkan dalam pembelajaran, melalui media sosial pelajar lebih efektif bisa lebih kreatif dan mandiirisehingga kualitas pelajar semakin meningkat baik dari segi pengetahuan maupun kualitas.

Selain dampak positif media sosial, adapun dampak negatif media sosial. Dampak negatif media sosial mengganggu kesehatan mental , kecemburuan sosial,fornografi, persebaran informasi palsu yang sering di sebut dengan hoax. kesehatan mental yang di timbulan dari dampak positif dan negatif media sosial dari sisi negatif tidak hanya berupa kebahagiaan atau depresi. Ada beberapa dampak negatif media sosial yang saya ketahui di antaranya, handphone sekarang lebih sering di gunakan dan anak anak jaman sekarang lebih sering menggunakan handphone atau membuka handphone dari pada membuka buku atau membaca buku, ada juga dampak negatif yang lain di antara nya jaman sekarang di era digital ini orang pergi ke kamar mandi membawa handphone , orang bangun tidur langsung melihat handphone, bahkan orang yang mau makan pun sambil main handphone memang sebegitu besar pengaruh dampak negatif media sosial di era digital sekarang.

Ada juga dampak positif media sosial di antaranya jaman sekarang media sosial sudah sangat meluas di era digital banyak berbagai macam pula beberapa yang ada di media sosial dan ada dampak positif di antara, di media sosial atau alat komunikasi handphone kita bisa menggunakan untuk belajar online, dan untuk anak-anak jaman sekarang yang sulit atau susah untuk membaca bisa membaca di media sosial atau handphone, adapun dampak positif lainnya media sosial bisa di gunakan untuk alat komunikasi dengan orang jauh atau sodara jauh yang sudah lama tidak berjumpa, dengan adanya media sosial yang jauh pun terasa dekat dan terlihat.

Di era digital ini dimana jaman nya jaman yang begitu sangat canggih beda dengan Jaman dahulu yang sangat jarang dengan adanya media sosial, bahkan pada jaman nenek saya dahulu hanya orang orang kayak jaman dahulu yang mempunyai handphone pada saat itu, dan itupun belum ada yang namanya facebook, Twitter , instagram dan lainnya, jaman dulu cuman ada HP nokia nit, nit yang gunanya hanya untuk menelpon dan mengirim pesan SMS.

Ada juga dampak negatif media sosial di antara lain, dampak positif media sosial apabila kita sering menggunakan handphone atau main gadjed akan sangat berpengaruh kepada kesehatan mata, apabila kita terlalu sering bermain media sosial, atau bermain handphone mata kita akan mudah lelah, letih, cape, yang bisa mengakibatkan mata minus. Bahkan adapun dampak negatif dari media sosial, banyak yang menggunakan media sosial sebagai media yang tidak bermanfaat Atau menjadikan media sosial sebagai alat untuk mempermalukan diri sendiri, sekarang banyak hal- hal negatif yang beredar atau tersebar di media sosial, seperti pornografi dan masih banyak yang lain sebagainya.

Selain itu media sosial juga memiliki dampak negatif lainnya yang bisa membuat pertengkaran, seperti contoh seorang ibu ibu yang menagih hutang karena geram sampai update status di story whatsapp dan mengakibatkan geram orang akhrinya bisa mengakibatkan pertengkaran akibat ulahnya dalam postingan sindiran, dari beberapa dampak positif dan negatif media sosial, ternyata lebih banyak dampak negatif nya dari pada dampak positif nya. Ternyata adanya teknologis sangat berpengaruh terhadap perkembangan media sosial, dampak positif maupun negatif di media sosial terkadang menjadi contoh atau tiruan orang baik dalam dampak positif maupun dalam dampak negatif nya. Sebelum adanya media sosial jaman dahulu lingkungan kehidupan sangat adem nyaman dan tentram. Adapun dampak lain dari media sosial jaman sekarang setiap berita semakin menyebar dan meluas bahkan adanya seperti isu atau berita hoax. Jaman dahulu kehidupan sebelum berkembang pesat nya media sosial sangat minim dampak negatif nya, tetapi setelah berkembang pesat nya era digital semakin naik tinggi dampak positif maupun dampak negatif terhadap pengaruh media sosial. 

Ikuti tulisan menarik Popy Ramadanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB