Pentingnya Kepercayaan Diri - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Sumber Ilustrasi: Pixabay

Afifah Marahaini

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Januari 2023

Sabtu, 14 Januari 2023 20:58 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Pentingnya Kepercayaan Diri


    Dibaca : 348 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Oleh: Afifah Marahaini, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang

     

    PENDAHULUAN

           Keperacyaan diri menurut Anthony (1992) adalah kemampuan yang perlu dimiliki seseorang untuk dapat menerima kenyataan, berpikir positif, dan melakukan sesuatu sesuai yang diinginkan. Anggreni (2017:7) berpendapat bahwa percaya diri itu adalah mau menerima dirinya sendri atau menghargai dirinya sendiri dengan siap menerima segala tantangan dan mau mencoba hal baru walaupun kegaglan itu sudah pasti ada.

           Diantara banyaknya kepribadian yang dimiliki oleh manusia, rasa percaya diri adalah salah satu kemampuan yang perlu untuk kita miliki dalam meciptakan suatu keberhasilan dalam hidup kita. Banyak dari kita yang sering merasa rendah diri, baik saat kita berada dan ingin berbicara di depan orang banyak, maupun saat melihat pencapaian orang lain. Pada saat kurangnya kepercayan diri yang kita miliki, banyak dampak yang terjadi dalam situasi saat itu, contohnya rasa takut yang muncul saat ingin berpendapat, rasa malu yang selalu muncul, selalu merasa kurang yakin dengan apa yang kita lakukan, dan masih banyak lagi dampak yang ada.

            Kepercyaan diri adalah suatu hal yang dapat kita kembangkan dalam diri kita. Banyak dari kita yang berfikir bahwa kepercayaan diri itu adalah suatu hal yang mutlak yang tidak dapat dirubah padahal rasa percaya itu dapat kita tumbuhkan dengan proses belajar dan pembiasaan untuk menumbuhkan sikap berani. Memang tidak mudah dalam membangun rasa percaya diri itu, banyak faktor yang dapat menghambat proses dalam membangun rasa percaya diri. Salah satu faktornya adalah rasa takut yang selalu muncul ketika inign mencoba hal baru. Perdana (2019:72) berpendapat bahawa rasa percaya diri itu penting untuk dikembangkan. Dengan mengembangkan kepercayaan diri walau hanya disatu bidang kehidupan, maka hal itu akan berpengaruh ke semua aspek lainnya dalam hidup kita.

     

    PEMBAHASAN

     A. Meningkatkan rasa percaya diri

         Kepercayaan diri tentu sangat dibutuhkan apalagi untuk anak diusia remaja. Dalam proses menumbuhkan kepercayaan diri inilah tidak sedikit dari remaja sekarang yang mengalami kesulitan. Kesulitan pembentukkan kepercayaan diri ini dapat disebabkan dari dalam diri sang anak maupun linkungan sosial yang kurang mendukung sang anak dalam mengembangkan kepercayan diri. Riyanti dan Darwis (2020:115) menyatakan, terhambatnya seseorang dalam berperan dalam suatu kelompok disebabkan karena sulitnya mereka dalam menyesuaikan diri. Banyak faktor yang dapat membuat seseorang sulit untuk melakukan penyesuain diri dalam lingkungannya, salah satunya yaitu kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki.

         Dalam buku Seni Mengenal Diri Sendiri, Brian Adam mengatakan bahwa kepercayaan diri sangat dibutuhkan dalam menuju kesuksesan. Untuk menjadi orang yang percaya diri, kita harus mengetahui kekuatan dan kelamahan yang ada pada diri kita (2021:81). Seringkali dari kita hanya melihat kelemahan yang ada pada diri kita tanpa mengeksplor kelebihan-kelebihan yang sebenarnya kita miliki. Dengan mencari tahu kelebihan yang ada pada diri kita, itu akan meningkatkan rasa kepercayan diri yang ingin kita tingkatkan. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan saat kepercayaan diri itu berkembang dalam diri kita. Hakim (2005:2) mengemukakan bahwa rasa percaya diri yang kuat, terjadi melalui banyaknya proses dalam hidup kita. Proses tersebut diantaranya:

    1. Terciptanya perilaku yang baik seiring dengan proses belajar yang dapat menciptakan kelebihan tertentu.
    2. Kemampuan setiap individu dalam menggali kelebihan-kelebihan yang ada dalam dirinya sehingga dapat melakukan berbagai hal dengan memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki.
    3. Selalu berpikir positif terhadap kelemahan yang dimilikinya agar tidak selalu merasa rendah diri atau sulit menyesuaikan diri.
    4. Memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menjalankan setiap aspek kehidupan.

    Dengan terbentuknya kepercayaan diri yang tinggi, dapat meningkatkan potensi dalam diri kita. Potensi diri yang selama ini terpendam dalam diri kita dapat terlihat ketika kepercayaan diri muncul, dimana potensi inilah yang dapat membawa kita menuju keusksesan yang selama ini kita cari. Aristiani (2016:183) mengemukakan bahwa salah satu aspek yang begitu penting untuk kita miliki dalam mengembangkan potensi diri yaitu rasa percaya diri. Apabila kepercayaan diri itu sudah berkembang dalam diri seseorang dengan baik, maka kepercayaan diri tersebut dapat membantu setiap individu dalam   mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan mudah. Tetapi apabila kepercayaan diri itu rendah, maka seseorang tersebut akan lebih mudah mengalami frustasi ketika menghadapi kesulitan dan susah untuk menerima keadaan yang terjadi dalam hidupnya.

         Menumbuhkan rasa percaya diri dapat dilakukan oleh diri sendiri atau dengan melibatkan orang lain, seperti teman dekat, orang tua, maupun saudara kita. Mulailah dengan hal mudah yang dapat mempengaruhi tingakat kepercayaan dalam diri kita. Memang tidak mudah dalam mengembangkan rasa percaya diri. Mengembangkan kepercayaan diri itu dapat dimulai dengan terus berpikir positif, menghilangkan rasa pesimis yang ada dalam diri kita, berpikir secara kritis, dan mencoba untuk tidak membandingakn diri kita dengan orang lain.

    B. Manfaat dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri

         Kepercayaan diri yang tumbuh dalam setiap individu akan memberikan banyak pengaruh positif ke dalam kehidupan yang dijalaninya. Amri (2018:160) mengatakan bahwa Kepercayaan diri yang tinggi akan membawa pengaruh positif yang dapat membawa suatu perubahan yang bermanfaat ke dalam hidup seseorang, karena apabila seseorang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, akan muncul dorongan pada diri mereka untuk melakukan berbagai hal baru dalam hidupnya. Rasa percaya diri yang tinggi mampu membawa setiap individu dalam menghadapi setiap tantangan yang ada karena kepercyaan diri yang tinggi dan merasa mampu untuk selalu menghadapi tantangan tersebut. Kepercayaan diri yang tinggi juga membantu setiap individu dalam mengembangkan potensi yang selama ini terpendam dalam dirinya. Potensi itulah yang akan menghantarkan kita kepada jalan menuju kesuksesan.

     

    PENUTUP

         Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kepercayan diri begitu penting untuk dikembangkan bagi setiap individu khusunya pada usia remaja. Kepercayan diri yang merupakan salah satu aspek yang begitu penting untuk setiap individu miliki, sudah seharusnya dikembangan semksimal mungkin. Dengan mengembangkan kepercayaan diri itulah banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Potensi yang selama ini terpendam dalam diri kita akan terlihat saat kepercayaan diri muncul dan berkembang dalam diri kita.

     

    Ikuti tulisan menarik Afifah Marahaini lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.