x

Dropshipper menjadi alternatif income

Iklan

Desi Wahyuningsih XII AKL 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 18:08 WIB

Ingin Menjadi Jutawan? Mari Mengenal Kewirausahaan.

Tugas Bahasa Indonesia Membuat Artikel.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut KBBI, Kewirausahaan berasal dari dua frasa yaitu, ‘wira’ yang artinya laki-laki atau mandiri dan ‘usaha’ yaitu sebuah kegiatan yang membutuhkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan.

Yuk, kenali apa itu pengertian dari Wirausaha, Kewirausahaan, dan Wirausahawan?

A. Pengertian Wirausaha.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wirausaha dapat diartikan sebagai suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya dengan mengerahkan seluruh tenaga atau juga menggunakan segala sumber daya yang dilakukan oleh seseorang atas dasar keberanian itu yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain.

B. Kewirausahaan

Pada hakikatnya kewirausahaan adalah sebuah sifat, ciri-ciri atau watak seseorang yang memiliki kemampuan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.

C. Wirausahawan

Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk melihat atau menilai kesempatan artinya, wirausahawan adalah orangnya.

Jadi, kesimpulannya wirausaha adalah kemampuannya. Kewirausahaan adalah sifat, ciri, atau wataknya. Sedangkan wirausahawan adalah orangnya.

D. Memulai bisnis 

Memulai bisnis yang menghasilkan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semuanya harus dimulai dari bawah, kemudian perlahan-lahan berkembang menjadi sukses. Tidak ada kata instan untuk memulai sebuah usaha.

Memulai sebuah usaha tidak selalu membutuhkan banyak modal. Anda bisa memulainya menggunakan sedikit atau tanpa modal sama sekali. Namun butuh ketekunan dan kesabaran dalam menjalani sebuah bisnis. Walaupun kadang tidak begitu menjanjikan, namun bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan.

Ada berbagai cara memulai bisnis tanpa modal besar. Tinggal bagaimana cara Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut: 

1. Dropshipper

Ide bisnis tanpa modal yang pertama yang mungkin bisa Anda terapkan adalah dengan menjadi dropshipper. Karena tidak memerlukan tempat sebagai gudang penyimpanan atau toko fisik.

Anda hanya perlu mencari supplier terlebih dahulu yang menawarkan harga termurah di pasaran. Setelah itu, barang langsung dikirim dari supplier ke pembeli tanpa melalui Anda. Pekerjaan satu ini bisa Anda kerjakan secara online di rumah dan dalam beberapa hal kemungkinan Anda tidak perlu modal untuk memulai bisnis ini.

Menjadi dropshipper saat ini merupakan langkah tepat dan praktis memulai bisnis tanpa modal. Anda dapat menjual barang atau produk melalui media sosial yang nantinya supplier lah yang akan mengirimkan barang tersebut kepada customer.

Anda hanya perlu memasarkan produk melalui cara menarik agar banyak yang tertarik untuk membelinya, maka bisnis ini bisa dengan mudah Anda mulai.

Namun dalam menjalankan bisnis ini, Anda juga harus tekun dan dapat mengelolanya dengan baik. Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah agar customer merasa puas membeli barang dari Anda.

2. Jual Barang Secondhand

Memang bukan usaha yang bisa berkembang besar, namun jenis usaha tanpa modal ini bisa Anda coba di saat Anda merasa kepepet memerlukan uang tambahan. Manfaatkan saja media sosial pribadi Anda atau buka toko online baru yang khusus menjual barang preloved atau secondhand Anda.

3. Afiliasi 

Afiliasi adalah suatu program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi jika Anda berhasil untuk mengajak orang lain membeli produk yang Anda promosikan. Semakin banyak produk yang terjual, semakin banyak pula komisi yang bisa Anda dapatkan.

 

Ikuti tulisan menarik Desi Wahyuningsih XII AKL 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler