x

Branding

Iklan

FENDI SAPUTRA, SE., MM.

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Kamis, 23 Februari 2023 19:18 WIB

Pentingnya Branding untuk Pengusaha Pemula

Banyak bisnis berinvestasi dalam membangun branding yang diinginkan di mata pelanggan dan membedakan diri dari pesaing. Ini membantu membangun kepercayaan, reputasi dan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan nilai jual produk atau layanan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada tahap awal pengembangan bisnis yang baru dimulai, sebagian besar pengusaha pemula tidak fokus dengan produk itu sendiri, tetapi lebih pada mencari dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini adalah strategi yang bisa dibenarkan. Jika seorang pengusaha pemula, kemungkinan besar tidak punya cukup waktu dan uang untuk melakukan semuanya sekaligus.

Salah satu tantangan terbesar bagi pengusaha pemula khususnya di bidang teknologi adalah persaingan. Lebih penting menemukan kesesuaian pasar produk sebelum waktu habis. Jadi harus berjuang untuk bertahan hidup bisnis, tetapi urgensinya saja tidak cukup. Pada titik tertentu, harus membuat branding atau identitas merek untuk menarik calon pelanggan dan investor. Dan karena persaingan yang ketat, itu harus dilakukan dengan kecepatan yang jauh lebih awal dari sebelumnya.


Apa itu branding?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Branding adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membuat orang dengan cepat mengidentifikasi merek, produk organisasi dan memilihnya daripada produk pesaing. Strategi ini melibatkan praktik pembuatan nama, logo, dan aset desain lainnya yang mudah diidentifikasi sebagai milik organisasi. Merek harus menjadi representasi sejati sebagai bisnis, misi apa yang miliki, dan bagaimana ingin pelanggan memahami dan mengenali potensi produk.

Perhatikan bahwa merek memengaruhi semua pemangku kepentingannya termasuk pelanggan, dengan merek dapat membantu mereka membedakan produk kita dan memilihnya daripada produk pesaing, anggota tim menentukan nilai dan misi perusahaan, dan pemegang saham melalui merek dapat membantu memutuskan perusahaan mana yang akan dihubungkan dengan peluang yang ada.

Mengapa branding penting untuk pengusaha pemula?

Alasan mengapa harus membuat branding sendiri, karena pelanggan akan memutuskan untuk membeli produk kita dibandingkan dengan produk pesaing (seperti harga, fitur, kenyamanan, dll), pelanggan akan didorong oleh faktor lain yang diciptakan oleh branding dan bagaimana perasaan pelanggan tentang produk kita. Ini juga berarti bahwa meskipun pesaing memiliki jangkauan fitur yang lebih luas, model penetapan harga yang lebih baik, dan lebih banyak pengalaman di pasar, branding pengusaha pemula yang hebat dapat memotivasi alam bawah sadar pelanggan untuk memilih produk dan layanan bisnis kita daripada produk dan layanan pesaing.

Namun, pengusaha pemula yang melakukan branding hebat yang mentransmisikan misi dan tujuan mereka dan terhubung dengan baik dengan persona pembeli mereka, pasti akan menang dalam hal motivasi emosional atas produk yang bersaing. Banyak startup dan pendiri bisnis telah berbicara tentang apa itu branding dan mengapa branding itu begitu kuat.

Jadi branding dibangun berdasarkan bagaimana mewakili apa yang dilakukan di pasar, bagaimana berkomunikasi, dan bagaimana melihat. Branding bukanlah hasil dari apa yang kita lakukan, tetapi juga hasil dari perasaan orang lain tentang apa yang kita lakukan. Branding adalah aspek penting dari bisnis yang tidak boleh diabaikan. Banyak bisnis berinvestasi dalam membangun citra yang diinginkan di mata pelanggan dan membedakan diri dari pesaing. Ini membantu membangun kepercayaan, reputasi dan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan nilai jual produk atau layanan.

Fendi Saputra, SE., MM. Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

Ikuti tulisan menarik FENDI SAPUTRA, SE., MM. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler