x

Sumber ilustrasi: www.multimo.co.id

Iklan

Multimo Furniture

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2022

Senin, 27 Februari 2023 19:53 WIB

Meeting Online atau Offline, Mana yang Lebih Baik?

Setelah pandemi usai akhir-akhir ini, banyak dari kita semua memperdebatkan apakah perlu kembali ke kebiasaan lama dengan meeting secara offline? Apakah meeting offline lebih baik dari pada meeting online? Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan dari meeting online maupun meeting offline.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat pandemi menyerang 2 tahun lalu, hampir semua pekerjaan dilakukan secara virtual atau online dari rumah (Work From Home). Sama halnya dengan meeting, yang pada akhirnya banyak pelaku bisnis yang terpaksa mengadakan meeting secara online, baik untuk kebutuhan internal perusahaan atau eksternal.

Kini setelah pandemi usai akhir-akhir ini, banyak dari kita semua memperdebatkan apakah perlu kembali ke kebiasaan lama dengan meeting secara offline? Apakah meeting offline lebih baik dari pada meeting online? Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan dari meeting online maupun meeting offline.

Meeting Online

Salah satu keunggulan dari meeting online adalah bisa dilakukan dimana saja. Para peserta tidak perlu repot mengatur jarak tiap jadwal lain jika waktu terlalu mepet. Karena meeting online dapat dilakukan baik di rumah, kafe, atau tempat lainnya.

Karena meeting ini dapat dilakukan di rumah, sudah tentu dari biaya dapat lebih hemat. Penyelenggara tidak perlu menyewa atau bahkan memiliki ruang meeting. Selain itu penyelenggara juga lebih hemat waktu tanpa perlu menyiapkan meja pertemuan, kursi susun dan peralatan pendukung lain seperti proyektor, dan lainnya.

Peserta meeting juga tidak perlu menghabiskan waktu di kendaraan saat menuju ruang meeting, karena meeting bisa dilakukan dimanapun mereka berada saat itu juga.

Meeting Offline

Sebaliknya, meeting offline atau tatap muka secara langsung bagi sebagian orang, terutama bagi peserta meeting terlihat lebih praktis dan mudah. Hal ini karena para peserta tinggal datang ke tempat meeting, duduk dalam ruangan, dan mengikuti meeting seperti biasa. Tanpa perlu menyiapkan peralatan dan setting untuk laptop, smartphones, internet, file yang akan dipresentasikan, aplikasi atau perangkat lunak meeting online, dan lain sebagainya.

Poin utama lainnya keunggulan dari meeting online adalah dengan bertatap muka secara langsung. Interaksi menjadi lebih mudah, dengan adanya gesture tubuh dan tangan, ekspresi tiap peserta, semua dapat tertangkap dengan jelas. Hal ini membuat meeting lebih hidup, tidak terkesan boring seperti meeting online, dimana kadang peserta mematikan suara bahkan video mereka saat sedang mengikuti pertemuan.

Ikuti tulisan menarik Multimo Furniture lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler