x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 6 Maret 2023 12:54 WIB

Sekuat Apa Kamu Menggapai Tujuanmu Sendiri?

Pegiat literasi dan siapapun akan tetap eksis sekuat tujuan mulia yang diembannya. Maka jangan menyerah, you are only as strong as your purpose

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

You are only as strong as your purpose.

 

Ungkapan itu sering diucapkan orang-orang barat. Bahwa “engkau hanya akan menjadi sekuat tujuanmu”. You are only as strong as your purpose. Apapun kendala dan tantangan yang dihadapi, suka tidak suka, harus dilawan. Agar niat dan ikhtiar baik yang sudah dirintis tetap langgeng. Maka tekad dan motivasi kuat untuk mewujudkan cita-cita sangat penting dijaga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

You are only as strong as your purpose. Itulah spirit yang melandasai aktivitas literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Demi teagknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Di samping tetap komitmen dan konsisten dalam menyediakan akses bacaan kepada anak-anak usia sekolah. Maka siapapun saat mengabdi di taman bacaan, harus punya tekad kuat untuk selalu bertahan. Tidak boleh ada orang lain yang “merusak” perbuatan mulia di taman bacaan. Jangan biarkan kendala dan tantangan justru melemahkann tujuan yang ingin dicapai. Taman bacaan memang butuh kekuatan tersendiri. Karena sifatnya sosial dan pengabdian, tidak banyak orang yang peduli dan mau melakukannya.

 

Selain fokus pada tujuan, pegiat literasi di taman bacaan pun harus mampu melawan hawa nafsu dirinya sendiri. Karena “musuh terbesar” pengabdian di taman bacaan adalah nafsu untuk melemahkan tujuan mulia yang sidah dicanangkan. Selalu ada “nafsu” subjektif untuk bermalas-malasan, tidak datang ke taman bacaan atau berharap pamrih. Semua nafus negatif sudah seharusnya diubah menjadi sikap sabar, ikhlas, dan tetap konsisten berbuat baik di taman bacaan.

 

Nafsu untuk menyerah di taman bacaan harus segera dibuang. Proses ber-literasi, mulai dari jatuh, bangun, dan jatuh lagi serta bangun lagi sudah lazim. Apapun alasanya, harus dihadapi dengan tekad kuat. Berjuang keras untuk melawan segala rintangam, di samping menjauhkan godaan yang melemahkan.

 

You are only as strong as your purpose. Siapapun akan kuat karena ada tujuan di depannya. Selalu gigih melawan hawa nafsu. Berani melawan arus dan orang kebanyakan karena tujuan mulia. Tujuan baik, harus diperjuangkan dengan niat dan perbuatan baik. Sebagai energi untuk mewujudkan tujuan mulianya. Karena kalau bukan kita, mau siapa lagi?

 

Tujuan apapun, insya akan tercapai. Bila dilandasi niat dan ikhtiar baik yang konsisten dan dijalani penuh komitmen. Seperti yang dilakukan pegiat literasi di TBM Lentera Pustaka. Untuk selalu membimbing anak-anak yang membaca. Agar tidak putus sekolah dan mampu mencapai cita-cita mereka. Selebihnya, berdoalah kepada Allah SWT. Agar diberi kekuatan dan kesabaran menjalani tahap demi tahap perbuatan baik seiring perjalanan waktu.

 

Jadi, fokuslah pada tujuan besar dan mulia. Bangun sikap tegas untuk menggapai tujuan yang telah ditetapkan. Jangan mudah untuk menyerah. Karena semua akan indah pada waktunya. You are only as strong as your purpose. Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler