Mahasiswa UMM Gelar Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil untuk Optimalkan Potensi Hasil Kelapa di Desa Menggala - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Pengelana Literasi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 15 Maret 2023 19:32 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa UMM Gelar Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil untuk Optimalkan Potensi Hasil Kelapa di Desa Menggala

    Desa Menggala merupakan salah satu penghasil Kelapa di Kabupaten Lombok Utara. Optimalisasi terhadap potensi ini perlulah dilaksanakan, salah satunya dengan melaksanakan Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil.

    Dibaca : 55 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bertempat di Desa Menggala, Kabupaten Lombok Utara. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) laksanakan kegiatan Pengabdian Masyakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (14 -15/02/2023) disambut antusias oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Menggala yang menjadi peserta pelatihan.

    Lalu Sapta selaku Kepala Desa Menggala menyampaikan bahwa desa memiliki penghasilan kelapa yang cukup produktif. Panen kelapa memiliki siklus selama 4 -5 bulan sekali, setiap panennya bisa mengasilkan sampai dengan 5000 -7000 butir kelapa di setiap lahan dengan luas 500 meter persegi.

    Desa yang terdiri dari 10 dusun ini diperkirakan memiliki lebih dari 50 kebun kelapa. Akan tetapi, hal ini masih belum bisa dimaksimalkan dalam pembangunan ekonomi mandiri. Sebab, harga kelapa yang kadang fluktiatif berdampak terhadap ketidak inginan pemilik kebun untuk melaksanakan panen saat harga kelapa murah.

    “Sangat disayangkan sebab terkadang kelapa dibiarkan jatuh dan terbengkalai di kebun. Adapun dampak dari belum maksimal lainnya, seperti pada sektor ekonomi, hanya sedikit yang merasakan dampakknya seperti pemilik kebun, pengepul hasil kelapa dan yang mengangkut kelapa ke tempat pengepul,” ujar Lalu Sapta.

     Dia mengatakan saat ini perlu dipahami bersama bahwa desa juga memiliki potensi pertanian yang sangat bagus, seperti contohnya kelapa. Dengan melihat potensi dari kelapa yang sangat bagus ini hendaknya seluruh hasil panen kelapa ini tidak dijual secara langsung, tetapi bisa diolah untuk memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan, salah satu contohnya adalah Virgin Coconut Oil ini.

    Melihat potensi inilah Kelompok Pengabdian yang didampingi secara langsung oleh Isnani Dzuhrina dan 4 orang, anggota lainnya, yaitu Zakiyuddin Muhammad Hafidz, Yunita Nur Aini, dan Difa Setia Putri melakukan industrialisasi produk berbahan dasar buah kelapa yaitu menjadi Virgin Coconut Oil  (VCO).

    “Kegiatan ini dilaksanakan selain daripada mewujudkan salah satu point tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM,” kata Isnaini.

    Mahasiswa semester 8 ini mengatakan pelaksanaan pengabdian kali ini sejatinya perlu dibahas keberlanjutannya pasca selesainya program dilaksanakan. Dia berharap kampus UMM dan stakeholder dapat melihat potensi lain dari sumber daya alam yang melimpah. Sebab, selain kelapa ada pula jahe, nira, dan potensi wisata  seperti pantai dan air terjun yang bisa dikembangkan di desa Menggala.

    Saat mengisi kegiatan Mariani yang juga merupakan Ketua KWT Desa Menggala menyampaikan bahwa perlulah untuk kemudian Ibu -Ibu memiliki peran untuk memaksimalkan potensi hasil alam yang ada khususnya di Desa Menggala.

    Sebab menurutnya, hal ini dapat membuat desa memiliki perputaran ekonomi yang selain mandiri juga memiliki dampak untuk membuat SDM yang ada didesa menjadi lebih produktif. “Adanya proses industrialisasi produk berbahan dasar kelapa ini juga dapat membuat  masyarakat memiliki penghasilan yang mandiri dan lebih menjamin. Apabila kelapa langsung jual akan ada di harga 3000 dan bisa kurang, sedangkan apabila diolah, dengan jumlah kelapa 15 -20 butir dapat menghasilkan 1 liter VCO dengan keuntungan mencapai 30.000 perliter .(Lan)

    Ikuti tulisan menarik Pengelana Literasi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.

















    Oleh: Frank Jiib

    4 hari lalu

    Aisyahra

    Dibaca : 222 kali