x

Credit Photo: Pexels

Iklan

Maria Tanjung Sari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2023

Selasa, 21 Maret 2023 17:06 WIB

4 Aktivitas Produktif Selama Bulan Ramadan Menggunakan Jaringan Internet Cepat

Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan akan terasa sangat menyenangkan apabila kita memiliki aktivitas yang bermanfaat untuk dikerjakan. Aktivitas keseharian selama bulan Ramadan tentu akan semakin lancar apabila menggunakan jaringan internet cepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tak terasa dalam hitungan hari, kita semua umat Muslim di Indonesia akan bertemu dengan bulan suci Ramadan, dimana pada bulan tersebut merupakan bulan yang wajib untuk berpuasa bagi umat Islam yang sudah baligh.

Adapun berpuasa memiliki pengertian sebagai proses seseorang menahan diri dari makan, minum, berhubungan suami istri bagi yang sudah menikah, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri. Waktu dilakukan puasa oleh umat Muslim adalah mulai dari terbit fajar yang ditandai dengan adzan Subuh, hingga terbenamnya matahari yang ditandai dengan adzan Maghrib.

Selama menjalankan ibadah puasa, saya yang notabene merupakan karyawan swasta dimana harus berada di kantor selama 8 jam penuh dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00, mungkin menjalankan puasa akan sama suasananya seperti hari-hari biasa. Yang berbeda hanyalah saya tidak boleh makan dan minum di jam istirahat. Selebihnya, saya tetap bekerja sesuai tanggung jawab dan pulang kerja pun di jam normal. Tentu saja ibadah puasa menjadi tidak terasa berat bagi saya karena ada pekerjaan di kantor yang menanti untuk diselesaikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun bagaimana dengan Ibu saya yang keseharian beliau lebih banyak menghabiskan waktu di rumah? Atau ketika saya sedang libur di hari Minggu misalnya sementara tetap menjalankan ibadah puasa. Selain itu pula, bagi anak yang sedang berlatih untuk berpuasa, dan sedang diberi libur puasa oleh pihak sekolah, tentu ibadah puasa akan terasa sangat lama untuk dijalankan. Oleh karena itu dibutuhkan kreativitas dari masing-masing individu untuk menciptakan suasana seru dan asyik agar puasa di bulan Ramadan tidak terasa untuk dijalankan sampai waktu berbuka datang.

Kita bersyukur sekali hidup di era yang sangat modern seperti sekarang ini. Teknologi yang berkembang pesat dengan didukung oleh jaringan internet cepat membuat kita tak pernah kehabisan ide ingin melakukan aktivitas apapun. Anak kecil, remaja, orang dewasa sampai lansia seperti ibu saya sekalipun saat ini seolah sudah sangat ketergantungan dengan jaringan internet cepat yang disediakan tidak hanya di rumah pribadi, namun juga fasilitas publik yang selama ini dikunjungi, sebut saja seperti mall, rumah sakit sampai sekolah.

Oleh sebab itu, ketika ingin memaksimalkan momentum bulan Ramadan di tahun 2023 ini, maka sudah seharusnya kita sebagai umat Muslim tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dengan beraktivitas secara produktif, sembari tetap khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. 

Aktivitas Produktif Selama Bulan Ramadan


Dengan adanya jaringan internet cepat, saya yakin bulan Ramadan dapat kita maksimalkan untuk beribadah kepada Allah SWT dan juga melakukan aktivitas produktif tanpa merasakan bahwa kita sedang menahan lapar dan haus. Adapun aktivitas yang bisa kita lakukan ketika bulan Ramadan dengan menggunakan jaringan internet cepat, antara lain:


1. Mendengarkan Ceramah Agama Secara Online


Ibu saya suka sekali mendengarkan ceramah agama melalui kanal YouTube saat ini. Hal ini dikarenakan terbentur kondisi kesehatan beliau sehingga sudah jarang mengunjungi masjid untuk menghadiri majelis taklim.

Tentu saja kondisi kesehatan lansia yang semakin menurun tidak menjadi penghalang bagi Ibu untuk tetap mendapatkan siraman rohani walau hanya secara online. Berbekal smartphone yang dimiliki Ibu, beliau pun berinisiatif mencari sendiri saluran favorit yang sering menayangkan ceramah agama dari beberapa penceramah yang diketahui.

2. Belajar Membuat Aneka Masakan dan Kue


Bagi kalian yang memiliki banyak waktu luang ketika berada di rumah, tentunya akan sangat membosankan apabila menjalankan ibadah puasa tanpa diiringi dengan aktivitas lainnya. Manfaatkan jaringan internet cepat untuk mempelajari hal baru, contohnya saja memasak makanan dan aneka kue untuk persiapan buka puasa. 

Ada banyak aplikasi memasak di smartphone, baik itu gratis maupun berbayar yang menyediakan panduan belajar membuat masakan maupun kudapan lezat. Anda tinggal pilih sesuai selera, pelajari lalu praktikkan agar dapat disantap oleh seluruh anggota keluarga. 

3. Mengajarkan Pendidikan Agama Untuk Anak


Momentum ketika bulan Ramadan bisa jadi dapat digunakan untuk mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak. Sembari menunggu berbuka puasa, atau setelah bersantap sahur, orangtua dapat menanamkan pendidikan agama melalui percakapan ringan antara Ayah, Ibu dan anak-anak misalnya.

Jika Ayah dan Ibu bingung hendak menanamkan pendidikan agama kepada anak yang masih kecil, maka tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan banyak tontonan agama berkualitas di kanal media sosial seperti YouTube yang dapat Ayah dan Ibu tunjukkan sebagai bahan pembelajaran agama sejak dini.

Banyaknya tontonan agama seperti kartun Islami tentu akan membuat anak tidak cepat jenuh ketika menyaksikannya. Hal ini bisa menjadi momentum bagi Ayah dan Ibu untuk memasukkan ilmu agama kepada anak ketika menonton kartun Islami misalnya.

4. Belanja Keperluan Ramadan Secara Online


Daripada harus keluar rumah dan memicu perilaku konsumtif secara berlebihan dengan belanja offline, alangkah lebih baiknya apabila kita tetap di rumah dan belanja online segala keperluan yang akan digunakan selama bulan Ramadan.

Belanja online saat ini juga tak kalah menarik karena banyaknya promo yang ditawarkan oleh beberapa marketplace misalnya. Namun tetap harus melihat prioritas, agar jangan sampai boros dan berlebihan ketika hendak berbelanja online untuk kebutuhan selama bulan puasa. Bukankah dalam Islam sendiri melarang umatnya untuk berperilaku secara berlebihan.

Jika berbicara jaringan internet cepat, maka kita dapat mempercayakannya pada IndiHome, provider penyedia internet dari Telkom Indonesia yang sudah puluhan tahun melayani seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke untuk pemenuhan kebutuhan akan informasi melalui internet.

Jaringan internet yang stabil dari IndiHome dapat menemani Anda sekeluarga dalam beraktivitas selama bulan Ramadan, sehingga tidak akan merasa jenuh walau harus seharian berada di dalam rumah sampai waktu berbuka puasa tiba.

Semoga Ramadan kali ini kita semua lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa dan tentu saja lebih bertambah keimanannya sembari melakukan aktivitas bermanfaat dengan menggunakan jaringan internet cepat.  

 

Ikuti tulisan menarik Maria Tanjung Sari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler