x

Iklan

jasmine rahma aliya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Februari 2023

Rabu, 22 Maret 2023 10:35 WIB

Aplikasi Eyeroom Karya Siswa SMKN 1 Cimahi Membantu Penglihatan Lansia

Eyeroom aplikasi yang membantu mata manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sekarang adalah zaman yang sudah sangat maju di dunia. Di dunia dikenal dengan sebuah zaman yang disebut dengan zaman modern, tentu saja kita sudah tidak asing dengan apa itu zaman modern bukan? Kita sudah sering mendengar mengenai apa itu modern, tetapi apakah kalian tahu apa itu artinya modern?

Jadi kata modern itu merujuk pada sesuatu yang tentu saja terkait dengan sebuah zaman. Zaman modern itu merupakan periode sejarah yang tentu saja dimulai pada abad ke – 18 hingga saat ini juga dan masih akan terus berjalan. Istilah modern juga sangat sering digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang baru baik itu gagasan atau praktik yang tentu saja bertentangan dengan suatu tradisi dan terkadang dianggap lebih maju atau disebut lebih efisien. 

Jadi, dalam banyak konteks istilah modern itu menjelaskan atau mengimplikasikan suatu kemajuan, perubahan, dan juga adanya inovasi. Zaman modern itu ditandai dengan apasih? Jadi zaman modern itu banyak sekali tandanya loh, antara lain ditandai oleh kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, dan revolusi industri yang tentu saja hal itu sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Tanda lain dari zaman modern yaitu antara lain adalah kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi contoh pengembangannya yaitu antara lain yaitu adanya perkembangan mesin uap, telegraf, telpon, internet. Ciri zaman modern yang lain adalah adanya kapitalisme, ekonomi pasar yang bebas, pertumuhan negara bangsa dan organisasi internasional dan sudah adanya hak asasi manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari dulu hingga sekarang, zaman terus berkembang karena semakin lama kita berada di suatu zaman pasti munculah suatu ide atau inovasi baru yang tentu saja diharapkan itu bisa membantu kehidupan manusia. Perkembangan zaman itu memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi manusia, apasih manfaat perkembangan zaman bagi manusia? Apakah itu sangat penting bagi kehidupan manusia? Berikut adalah manfaat dari adanya perkembangan zaman antara lain adalah adanya kemajuan teknologi sehingga manusia bisa melakukan tugas – tugas yang ada menjadi lebih efisien dan tentu saja lebih efektif.

Contoh dari kemajuan teknologi itu adanya internet dan juga handphone yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah baik itu untuk jarak jauh maupun untuk jarak dekat. Lalu ada kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan kesehatan, karena zaman semakin berkembang oleh karena itu perkembangan zaman membawa kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi medis yang memungkinkan semua orang untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga masalah kesehatan, tentu saja ini memperpanjang harapan hidup manusia, teknologi zaman sekarang sudah bisa meningkatkan kualitas perawatan kesehatan dengan pengembangan alat medis yang sudah lebih canggih seperti alat MRI, dan CT Scan dan alat medis lain yang memungkinkan diagnosis pengobatan yang lebih akurat dan efektif.

Lalu manfaat yang lain adanya peningkatan sadar hidup karena membawa kemajuan baik itu dalam bidang ekonomi dan industri yang sangat memungkinkan bagi manusia itu sendiri untuk meningkatkan standar hidup mereka, karena adanya teknologi modern ini manusia dapat memperoleh barang atau jasa lebih mudah dan tentu saja cepat. Perkembangan zaman juga telah membawa manusia lebih dekat antara satu sama lain melalui globalisasi, ini sangat memungkinkan manusia untuk berinteraksi bahkan bisa berkolaborasi antara satu sama lain dengan budaya dan negara yang berbeda – beda. 

Zaman sekarang kita mempunyai teknologi yang harus kita manfaat dengan sebaik mungking apalagi teknologi zaman sekarang sudah sangat canggih. Karena perkembangan yang sangat pesat maka teknologi itu mempunyai berbagai manfaat untuk aspek manusia yaitu adalah sebagai alat komunikasi, zaman sekarang kita bisa berkomunikasi secara mudah dengan orang yang jaraknya jauh menggunakan teknologi yang ada pada zaman sekarang antara lain adalah telepon genggam, komputer, video call, email, pesan teks, dan platform media sosial lainnya.

Salah satu inovasi yang dibuat dari perkembangan teknologi yaitu adanya aplikasi eyeroom yang dibuat untuk mempermudah lansia. Target dari inovasi aplikasi eyeroom ini adalah lansia. Apa itu lansia ? Jadi lansia itu adalah orang yang sudah memasuki masa tua, mereka merupakan orang – orang lanjut usia yang sangat memerlukan perhatian yang sangat khusu dalam berbagai aspek dalam kehidupan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kesejahteraan dan kesehatan para lansia antara lain adalah kesehatan fisik, lansia sangat perlu menjaga kesehatan fisiknya karena sudah semakin tua dan fisik pada lansia itu pasti mengalami penurunan terutama pada mata, oleh karena itu mereka perlu melakukan perawatan yang khusus dan rutin. Selaim fisik, lansia tentu saja harus menjaga kesehatan mentalnya dengan cara menghindari stress yang berlebihan dan mereka harus menjalani hubungan sosial yang positif fan memperhatikan keadaan emosional mereka.

Lalu lansia juga memerlukan keselamatan yang ada di lingkungan sekitar, oleh karena itu guna mata sangat penting untuk keselamatan para lansia, tanpa mata yang sehat tentu saja lansia akan sangat terancam karena penghlihatan mereka yang kurang jelas sehingga bisa saja tersandung atau terjatuh. Merawat kesehatan lansia itu sangat penting karena untuk meningkatkan suatu kualitas hidup mereka dan memastikan mereka bahagia ketika berada di masa tua. 

Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia itu antara lain adalah masalah kesehatan mata yang banyak sekali jenisnya yaitu ada presbiopia adalah masalah yang disebut sebagai mata tua, mata pada yang mengidap presbiopia ini tidak lagi dapat fokus pada objek dengan baik dan ini bisa diatasi dengan pemakaian kacamata baca atau kacamata multifokal. Lalu penyakit yang lain adalah katarak, penyakit ini adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh dan tentunya sangat berpengaruh kepada penglihatan yang menjadi kabur atau buram, kondisi katarak itu dapat diatasi dengan operasi katarak.

Lalu yang ketiga ada penyakit mata yang bernama degenerasi makula, ini adalah kondisi mata di mana makula pada retina itu memburuk sehingga penglihatan pada pusat itu menjadi terganggu dan penyakit ini bisa diatasi dengan pengobatan injeksi obat ke mata atau dilakukannya terapi laser. Lalu ada glaukoma, kondisi ini merupakan kerusakan pada saraf optik yang disebabkan karena adanya tekanan tinggi dalam mata. Jika glaukoma tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan, Pengobatan glaukoma itu bisa dilakukan dengan meneteskan obat mata atau operasi pada mata. 

Untuk menjaga kesehatan mata lansia itu sebaiknya melakukan kunjungan rutin ke dokter mata dan menghindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Sebaiknya pengobatan dilaksanakan secara rutin karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Konsumsi vitamin bagi lansia juga sangat dianjurkan. 

Salah satu teknologi yang ada berkat pengembangan zaman itu adanya suatu aplikasi yang tentu saja bisa mempermudah kehidupan apalagi untuk pada lansia yang ada di seluruh dunia. Aplikasi ini bernama Eyeroom yang dibuat 4 orang siswi dari SMKN 1 Cimahi. Melalui program yang diselenggarakan samsung yaitu SIC 2020/2021, keempat siswa yang terdiri dari Bella Anggraeni Putri, Intan Nur Fathonah, Miana Nurhaliza, dan Salwa Nurul Aisyah itu membuat aplikasi bernama yang bisa mempermudah lansia.

Aplikasi ini seperti namanya, merupaka aplikasi mengenai mata atau lebih jelasnya yaitu aplikasi scan obat mata. Aplikasi ini dibuat dan segmentasinya yaitu para lansia. Mengapa untuk lansia? Karena lansia memiliki masalah kesehatan yang kebanyakannya itu masalah pada mata. . 

Mata adalah organ penglihatan yang sangat penting bagi semua orang baik itu dari anak – anak hingga lansia, mata juga sangat penting bagi hewan – hewan. Mata berfungsi sebagai organ yang digunakan untuk menerima dan memproses suatu cahaya dan nantinya akan membentuk gambar di otak. Mata terdiri dari beberapa hal antara lain ada kornea, iris, lensa, pupil, retina, saraf, optik dan bola mata. F

ungsi utama dari mata itu sendiri adalah untuk memberikan kemampuan penglihatan yang memungkinkan manusia dan hewan memproses gambar visual dari lingkungan yang ada di sekitar. Selain itu juga, mata bisa mengatur pencahayaan dan kontras, menyesusaikan fokus, dan juga mengidentifikasi warna dan detail. Oleh karena itu sangat oenting untuk menjad=ga kesehatan mata karena mata adalah indra yan utama ada dalam tubuh kita, jika mata kita mengalami gangguan kesehatan itu akan sangat tidak nyaman. 

Terciptanya aplikasi itu karena Miana dan ketiga orang temannya itu disuruh membuat salah satu aplikasi yang dapat membantu kehidupan, dan targetnya itu lansia. Lalu mereka membuatlah aplikasi Eyeroom yang diharapkan dapat membantu para lansia itu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lansia mempunyai banyak gangguan kesehatan mata dan membutuhkan obat mata.

Bagaimana jika para lansia itu tidak mengetahui apa obat mata yang mereka pakai? Ketika mereka ingin membeli obat itu kembali tentu saja mereka akan kesusahan tentang apa nama obat yang mereka pakai dan mereka hanya mempunyai bungkusnya saja. Eyeroom merupakan solusi untuk masalah lansia itu. Aplikasi ini bisa mengetahui obat mata apa yang dipakai dan dibutuhkan para lansia hanya dengan men-scan bungkus dari obat itu sendiri. Selain membantu para lansia, aplikasi Eyeroom juga bisa membantu tuna netra untuk membedakan obat dengan mudah. 

“Jadi, awalnya tuh disuruh bikin aplikasi dan aplikasinya harus bisa nyelesaiin masalah di sekitar. Nah, kebetulan kitatuh milih si objeknya lansia. Apa yang bisa kita bantu ke lansia terus kepikiran lah buat eyeroom. Kan kalo dari lansia itu lebih banyak permasalahan tuh dari mata ya, yang udah rabun atau apapun itu. Nah, sehingga para lansia itu bisa ngebedain obat-obat apanya. Terus dibuatlah eyeroom untuk membantu menggunakan membedakan obat mata,” kata salah satu anggota pembuat aplikasi Eyeroom yaitu Miana.

Inspirasi pembuatan eyeroom juga cukup unik, Miana dan teman – teman terinspirasi dari satu drama korea yang berjudul start up, itu adalah salah satu drama korea yang di dalamya itu membahasa mengenai pembuatan suatu aplikasi dan tentu saja itu sangat membantu. Salah satu aplikasi yang dibuat dalam drama itu adalah NoonGil buatan Samsan Tech dan aplikasi itu ditujukan dalam membantu para tunanetra untuk membaca suatu tulisan dan mendeteksi letak benda dan menggabungkan teknologi AI dan voice assistant. Karena tontonan pada drama start up itu, oleh karena itu miana dan teman – teman terinspirasi membuat benda yang bisa membantu para lansia dan tunanetra. ” Ya awalnya tuh aku nonton drama korea start up nah akutuh terinspirasi dari itu.” Kata Miana. 

Menurut miana juga, target dari aplikasi ini tidak hanya untuk lansia, tapi bisa juga untuk para apoteker yang memang bingung nama obat mata. Mengapa aplikasi yang dibuat oleh mereka hanya aplikasi untuk scan obat mata? Kenapa tidak untuk semua obat? Miana menjelaskan bahwa pada awalnya mereka ingin membuat aplikasi yang bisa menscan seluruh benda namun itu cukup sulit dan akhirnya mereka memutuskan untuk membuat aplikasi yang ruang lingkupnya lebih kecil lagi. “Tadinya aku sama temen-temen mau bikin aplikasi yang bisa scan semua benda, tapi itutuh terlalu sulit sedangkan lombanya tuh Cuma bentar jadi ruang lingkupnya dikecilin lagi.” Katanya 

Membuat aplikasi eyeroom itu tidak mudah, pasti banyak sekali kesulitan yang dihadapi oleh para pembuatnya. Kesulitan yang dialami oleh para tim pembuat aplikasi eyeroom ini antara lain adalah saat penyatuan codding dari masing – masing orang itu cukup sulit. Setiap anggota tentu saja dibagi – bagi bahan untuk coddingannya. “Kesulitannya itu, jadi codingannya tuh dibagi-bagi perorang nah waktu nyatuin codingan itutuh lumayan sulit” Kata Miana . 

Pembuatan aplikasi eyeroom ini tidak sebentar, aplikasi eyeroom ini dibuat sekitar selama 3 bulan kurang lebih. Pembuatan aplikasi ini memang cukup sulit untuk orang awam, kita mungkin harus mempelajari dasar dulu sebelum membuat aplikasi ini. Seperti ynag dikatakan oleh Miana sebagai narasumber bahwa aplikasi ini dibuat melalui beberapa tahap, ada yang membuat U Desain yaitu tempat dimana kita membuat desain untuk aplikasi yang nanti kita buat bisa di picsart atau di aplikasi desain lainnya. Lalu juga ada tahapan codding yang tentu saja tahapan ini bisa dilakukan oleh orang yang sudah paham dan mengerti mengenai percoddingan, coddingan dilakukan di salah satu aplikasi yang bernama pigma. Setelah proses coddingan, selanjutnya ada proses logic. Pembuatan aplikasi itu cukup sulit, untung saja Miana dan ketiga temannya bisa lancar melewati rintangan – rintangan yang dilalui itu, tak heran jika mereka mendapat juara 2 untuk aplikasi eyeroom yang sangat membantu itu. . 

“Pembuatannya itu kurang lebih 3 bulanan, inituh bikin u desainnya. U desain itu jadi kita mau tampilan webnya kayak gimana bisa aplikasinya tuh namanya picsart atau kalo di codingan namanyaruh pigma. Terus masuk ke codingan baru masuk ke logic gitu” Proses yang diceritakan oleh Miana

Aplikasi eyeroom merupakan aplikasi yang tentu saja tidak luput dari kekurangan, kekurangan dari aplikasi eyeroom itu sendiri adalah tidak bisa menscan obat bubuk, cair. Mengapa bisa seperti itu? Karena aplikasi eyeroom ini menscan obat itu bisa tahu dari bentuk dan warna obat itu sendiri. Meskipun begitu aplikasi eyeroom ini tentu saja masih sangat berguna bagi lansia dan para orang yang ingin mengetahui nama obat mata itu. 

Mungkin sebagian orang cukup penasaran, karena aplikasi eyeroom ini segmentasinya kepada sekelompok lansia yang mungkin sudah berumur dan cukup buta akan teknologi, lalu bagaimana para lansia itu menggunakan aplikasi eyeroom tersebut? Jadi seperti yang sudah dijelaskan oleh Miana dan teman –temannya menjelaskan bahwa aplikasi eyeroom ini menyediakan voice over dan mungkin ini dapat sedikit mempermudah lansia untuk memakai aplikasi ini. Jadi lansia bisa langsung berbicara ketika ingin menscan salah satu obat lalu aplikasi eyeroom bisa langsung membuka kameranya untuk menscan obat yang ingin dicari. Mungkin itu bisa cukup sedikit membantu untuk para lansia dan diharapkan juga bisa mempermudah pencarian obat mata pada aplikasi eyeroom tersebut. 

Aplikasi eyeroom sangat membantu kita, kita bisa mencari berbagai macam obat mata baik itu dalam kemasan atau di luar kemasan dan seperti yang dikatakan tadi, aplikasi eyeroom ini terdapat fitur voice di dalamnya, sehingga ketika kita menscan obat nantinya akan dijelaskan mengenai deskripsi obat, keguanaan obat, cara pemakaian obar dan sebagainya yang dapat membantu para lansia. Fitu voice ini pun membantu para tuna netra yang ada. 

Dengan memindahkan atau menscan obat melalui kamera yang ada di telepon itu bisa memberikan ketepatan sebesar 90%, aplikasi ini bisa membantu semua orang baik itu apoteker atau para mahasiswa farmasi. 

Cara pakai aplikasi eyeroom adalah dengan cara masuk atau daftar dulu jika belum membpunyai akun ke web eyeroom, setelah membuat akun bisa langsung digunakan dengan cara memencet yanga da pada menu.

Aplikasi eyeroom ini tersedia di web, dan belum ada di playstore. Tentu saja jika aplikasi ini bisa dikembangkan lagi akan sangat bagus dan sangat membantu orang – orang. Berkat usaha Miana dan ketiga temannya, akhirnya mereka mendapatkan suatu penghargaan yaitu peringkat kedua dalam program SIC Project Competition 2021. Dalam program ini Miana dan ketiga temannya bersaing dengan 396 siswa lainnya, Miana dan teman – teman lolos dari tahap seleksi dan akhirnya mereka bisa mengikuti bootcamp SIC yang dilaksanakan secara intensif kurang lebih 12 minggu berturut – turut. 

Bootcamp yang dilaksanakan samsung ini isinya itu tentang siswa yang mempelajari lebih dalam mengenai coding dan programming, mereka dibimbing sampai benar – benar paham. Mereka diajari seperti Problem Definition, Design Thinking, dasar – dasar pemograman dan banyak lagi. Mereka juga mendapatkan akses networking antar lintas sekolah dan mereka mengikuti Full stack web development bootcamp dan career preparation dan nantinya mereka akan menjadi mitra samsung dalam menjalani program SIC. 

“Generasi muda Indonesia perlu memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan masyarakat, disertai dengan kemampuan menawarkan solusi aplikatif. Potensi ini perlu didorong agar muncul di permukaan dan menghasilkan terobosan-terobosan yang berguna bagi kemajuan bangsa, layaknya yang Samsung lakukan melalui program Samsung Innovation Campus (SIC),” jelas Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Program SIC itu adalah program yang bisa menumbuhkan kreativitas bagi siswa – siswa yang mengikutinya karena bisa mengasah para siswa untuk bisa memecahkan masalah secara sosial. Menurutnya, program SIC mendorong pola pikir para siswa dari sekolah mitra, guna bereksplorasi secara praktikal dalam merespon permasalahan sosial di sekitar. Pada akhirnya siswa tersebut mampu menemukan solusi inovatif berupa project atau produk digital. Tak hanya membentuk generasi yang solutif dan inovatif, program SIC diharapkan bisa menciptakan lulusan berkualitas sesuai peningkatan kebutuhan kerja akibat akselerasi interaksi digital pada era industri 4.0. 

Aplikasi Eyeroom sangat mebantu semua orang dan perkembangan pada aplikasi sangat diharapkan. Aplikasi ini sangat bermanfaat apalagi untuk kesehatan mata para lansia dan orang – orang sekitar. Kesehatan mata ini sangat penting untuk kita perhatikan karena mata adalah salah satu organ yang paling penting bagi kehidupan manusia.

Tips untuk melindungi mata antara lain adalah melindungi mata dari sinar ultra violet dengan cara menggunakan kacamata hitam baik itu ketika di luar ruangan yang tentu saja bisa terpapar sinar matahari secara langsung. Lalu menghindari diri dari asap rokok yang bisa menyakiti mata, menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin juga mineral seperti sayur – sayuran, buah – buahan, ikan dan kacang- kacangan. Lalu kita juga harus membatasi waktu menggunakan komputer atau gadget dan juga harus beristirahat secara teratur selama bekerja di depan layar agar mata tidak lelah. Lalu yang paling penting kita harus memeriksa kesehatan mata kedokter secara rutin dan jika ada keluhan mata kabur atau perih bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Menjaga kelembapan mata juga merupakan salah satu cara merawat mata, jika mata kering tentu saja itu akan membuat perih, jaga kelembapan mata bisa dengan meneteskan obat mata.

Adanya aplikasi Eyeroom yang diciptakan oleh remaja ini diharapkan bisa mrmancing para remaja di luar sana untuk membuat aplikasi yang bermanfaat dan tentu saja bisa membantu. Kreativitas para remaja bisa tercipta karena menonton atau membaca sesuatu yang bermanfaat, contohnya adalah Miana dan teman – teman yang ketika menonton sebuat drama mereka terpikirkan untuk membuat sebuah aplikasi yang sangat berguna dan membantu. Tontonan yang kita lihat itu bisa mempengaruhi kita, sebaiknya kita mengambil hal – hal yang baik dalam menonton dan membuang hal – hal yang buruk. 

Dengan pembuatan aplikasi itu membuat remaja terpancing kreativitasnya dan diharapkan dapat membuka peluang untuk mengekspresikan diri secara lebih bebas dan mengatasi bagaimana caranya menghadapi tantangan dengan cara yang kreatif dan juga bagaimana caranya mengembangkan diri dengen kreatif dan inovatif.

Ketika membuat aplikasi yang membantu banyak pihak tentu saja bisa merasakan bagaimana bangganya kita terhadap hal itu dan bisa terus –menerus memancing kreativitas yang dimiliki seperti Miana dan teman – teman. Miana dan teman – teman pun sangat senang bisa membuat aplikasi yang sangat bermanfaat itu.

Ikuti tulisan menarik jasmine rahma aliya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB