x

Iklan

Nadira Salsabila Tamara

Nadira Salsabila Tamara
Bergabung Sejak: 23 Februari 2022

Kamis, 23 Maret 2023 06:01 WIB

Mengenal RRI Melalui Kunjungan Industri bersama Politeknik Tempo

Bagaimana Radio RRI Bertahan Di Era Disrupsi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada Kamis, 16 Maret 2023, mahasiswa Politeknik Tempo melakukan kunjungan ke Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) di Jakarta Pusat. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi para mahasiswa yang ingin mendalami dunia media penyiaran. Acara ini dibuka oleh Bapak Moh Aden Barlian, selaku perwakilan dari pihak RRI Jakarta, yang menyambut kedatangan para mahasiswa di auditorium.

Pada pukul 13.00, Ibu Rizki, sebagai perwakilan dari Politeknik Tempo dan kepala program studi Produksi Media, memberikan sambutan singkat untuk memulai acara. Setelah itu, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Radio Republik Indonesia (RRI) dinyanyikan bersama. Selanjutnya, mahasiswa diajak untuk menyaksikan tayangan video profil RRI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam video profil tersebut, para mahasiswa diperkenalkan pada berbagai program radio yang disuguhkan oleh RRI. Setiap program memiliki segmen dan target pendengar yang berbeda. Program pertama adalah Pro satu, yang menampilkan berbagai jenis musik dan informasi. Program kedua, Pro 2, membahas tentang gaya hidup dan segala hal yang menyangkut remaja. Program ketiga, Pro 3, merupakan jaringan berita nasional, sementara Pro 4, membahas pendidikan dan budaya. Dalam video tersebut, juga diperlihatkan bagaimana RRI bekerja, termasuk cara mereka meliput berita dan memperkenalkan para penyiarnya. Selain itu, video profil tersebut juga menunjukkan kegiatan dan acara yang telah diselenggarakan oleh RRI.

RRI juga telah menciptakan aplikasi bernama RRI Play Go, yang menjadi salah satu aplikasi terbaik dan diapresiasi oleh banyak pihak. Aplikasi ini sudah ada sebelum pandemi Covid-19 dan memiliki banyak fitur pendukung yang memungkinkan perusahaan mereka bertahan dan beradaptasi dengan era digital saat ini.

Setelah tayangan profil selesai, dilakukan sesi tanya jawab antara para mahasiswa dan perwakilan RRI. Para mahasiswa sangat antusias untuk bertanya tentang bagaimana RRI dapat terus menyiarkan dan bertahan di era digital saat ini. Diskusi tanya jawab ini berlangsung sangat interaktif dan bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka.

Setelah sesi tanya jawab, para mahasiswa diajak untuk melihat secara langsung ruang siaran dan museum kecil yang menampilkan sejarah proklamasi yang dikumandangkan di radio RRI pada tahun 1945, serta berbagai alat musik nasional dari berbagai daerah yang disimpan di Gedung RRI Jakarta Pusat saat ini. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Politeknik Tempo yang ingin belajar lebih banyak tentang dunia media penyiaran dan bagaimana sebuah perusahaan media dapat bertahan dan berkembang di era digital saat ini. Semoga kunjungan ini dapat memberikan pengalaman berharga dan inspirasi bagi para mahasiswa.

Ikuti tulisan menarik Nadira Salsabila Tamara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler