x

Iklan

Gezwa Damar

Mahasiswa Produksi Media Politeknik Tempo
Bergabung Sejak: 16 Februari 2022

Kamis, 23 Maret 2023 14:06 WIB

Kunjungan Industri Mahasiswa Politeknik Tempo ke RRI

Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Jakarta - Pada hari Kamis 16 Maret 2022, mahasiswa Politeknik Tempo melakukan kunjungan industri ke Radio Republik Indonesia. Kunjungan industri mahasiswa Politeknik Tempo ke RRI bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang produksi siaran radio dan televisi serta pengetahuan tentang pengelolaan stasiun radio dan televisi.

Selama kunjungan, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai proses produksi dan siaran di RRI. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi studio siaran, ruang kontrol siaran, dan ruang penyimpanan arsip siaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kunjungan industri ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bertemu dengan para profesional di RRI dan bertanya tentang keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri siaran. Para mahasiswa juga dapat belajar tentang peralatan dan teknologi terbaru yang digunakan dalam produksi dan siaran radio dan televisi.

Kunjungan industri mahasiswa ke RRI merupakan pengalaman berharga bagi mereka yang tertarik dengan industri siaran dan dapat membantu mereka memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menjadi profesional yang kompeten di masa depan.

Di era disrupsi, RRI telah melakukan beberapa ikhtiar untuk mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam industri media dan komunikasi. Beberapa ikhtiar tersebut antara lain:

  1. Mengembangkan layanan digital: RRI telah mengembangkan layanan digital seperti streaming online dan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan akses kepada pendengar di era digital.
  2. Menyesuaikan program dan konten: RRI juga melakukan penyesuaian program dan konten yang disajikan dengan memperhatikan tren dan kebutuhan audiens di era digital.
  3. Kolaborasi dengan pihak lain: RRI melakukan kolaborasi dengan pihak lain dalam industri media dan komunikasi, seperti penyedia platform digital dan produser konten, untuk mengembangkan layanan dan konten yang lebih inovatif.
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional: RRI meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional dengan memanfaatkan teknologi dan sistem informasi yang lebih modern untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan.

Meskipun belum sepenuhnya berhasil dalam menghadapi tantangan di era disrupsi, RRI telah berhasil melakukan transformasi dan penyesuaian dengan baik dalam beberapa aspek, seperti pengembangan layanan digital dan penyesuaian program dan konten. RRI juga masih terus melakukan inovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di era digital untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan audiens.

Ikuti tulisan menarik Gezwa Damar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB