x

Iklan

Vina Nisrina

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 30 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 06:21 WIB

Pelatihan dan Pengembangan

Sebagai tugas UTS Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Training and Development

 

 1. Pengertian Training and Development

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Jusmaliani, Pelatihan (training) adalah proses melatih karyawan baru atau karyawan yang akan memperoleh penempatan baru dengan ketrampilan dasar yang diperlukanya untuk melaksanakan pekerjaan. Pelatihan sangat penting bagi karyawan baru maupun yang sudah lama. Pelatihan, secara singkat didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan kinerja saat ini dan kinerja di masa mendatang. Hal-hal berikut ini penting untuk mengetahui konsep pelatihan lebih lanjut, yaitu :

  • Pelatihan adalah proses secara sistematis merubah tingkah laku pegawai untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan memiliki orientasi saat ini dan masa yang akan datang untuk membantu pegawai mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar berhasil dalam melaksanakan tugasnya.
  • Program pelatihan formal adalah usaha memberi kerja untuk memberikan kesempatan kepada pegawai untuk memperoleh pekerjaan atau bidang tugas yang sesuai dengan kemampuan, sikap dan pengetahuannya.

Secara umum Pengembangan (development) dalam konsep human resource development artinya sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang Iebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi pendidikan. Pengembangan (development) karyawan dalam pelaksanaannya seringkali dilakukan untuk membantu karyawan memasuki dunia kerja yang kompetitif yang berbeda dari kondisi kehidupan sebelumnya. Karyawan yang akan mengikuti program pengembangan (development) adalah karyawan baru agar memahami, terampil, dan ahli dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan karyawan lama supaya mereka lebih memahami technical skill, human skill, conceptual skill, dan managerial skill (Simamora 2008 : 268).

Dalil naqli tentang Pelatihan dan Pengembangan :

هُوَ الَّذِيْ بَعَثَ فِى الْاُمِّيّٖنَ رَسُوْلًا مِّنْهُمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍۙ

Artinya : Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

 

2. Tujuan Training and Development

Menurut Pasal 9 Undang-undang Ketenaga kerjaan Tahun 2003, pelatihan (training) kerja diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan. Tujuan pelatihan (training) dan pengembangan SDM (Human Resource Development) pada dasarnya dikelompokan ke dalam lima bidang :

  1. Memperbaiki kinerja
  2. Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi
  3. Mengurangi waktu pembelajaran bagi karyawan baru agar agar kompeten dalam pekerjaan
  4. Membantu memecahkan masalah operasional
  5. Mempersiapkan karyawan untuk promosi

 

3. Manfaat Training and Development

Pengembangan SDM merupakan wahana untuk membangun kemampuan serta meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia untuk menuju era globalisasi yang penuh tantangan serta untuk membantu perusahaan didalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu pengembangan SDM tidak dapat diabaikan begitu saja, berkaitan dengan hal tersebut maka salah satu cara pengembangan SDM yang baik adalah dengan melalui pelatihan bagi karyawan. Ada banyak manfaat dari pelatihan dan pengembangan SDM. Menurut Schuler (1992) setidaknya ada 5 poin manfaat pentignya, yaitu:

  1. Mampu mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk
  2. Meningkatkan produktivitas individu dan tim
  3. Meningkatkan fleksibilitas angkatan kerja
  4. Meningkatkan komitmen karyawan
  5. Mengurangi tim over dan absensi

- Quotes -

Tiga Kelompok Manusia :

(1) Membuat sesuatu Terjadi

(2) Melihat sesuatu Terjadi

(3) Mengharap sesuatu Terjadi

# Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM. #

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Vina Nisrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 16 Februari 2024 14:31 WIB

Terkini

Semangat

Oleh: Malik Ibnu Zaman

8 jam lalu

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 16 Februari 2024 14:31 WIB