x

Iklan

Vina Nisrina

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 30 Maret 2023

Senin, 10 April 2023 14:31 WIB

Perencanaan Strategi MSDI

Sebagai tugas UTS Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perencanaan Strategi MSDI

 

 1. Pengertian Perencanaan MSDI

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perencanaan sumber daya insani, menurut Michael Amstrong adalah menaksir kebutuhan terhadap orang-orang dimasa mendatang, baik jumlah maupun tingkat keahlian atau kecakapannya, merumuskan dan menerapkan rencana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui rekruitmen, pelatihan, pengembangan, atau apabila perlu pengurangan biaya, mengambil langkah untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat kepemilikan serta untuk memperkenalkan fleksibilitas dalam mengerjakan orang-orang.

Dengan ini, perencanaan menjadi berperan sangat krusial, sebagai dasar kegiatan-kegiatan pelaksanaan selanjutnya. Seperti pada surat al-Insyirah, ayat 5-7 berikut:

فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا (٥)

اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ‏ ( ٦)

فَاِذَا فَرَغۡتَ فَانۡصَبۡۙ (٧)

Artinya: “Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

2. Langkah dan Tingkat Perencanaan SDI

Menurut Henry Simamora ada beberapa langkah dalam perencanaan strategik SDI sebagai berikut:

  1. Mendefinisikan filosofi organisasi sebagai langkah pertama
  2. Menelaah kondisi lingkungan
  3. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan organisasi
  4. Menentukan tujuan dan sasaran
  5. Menyusun strategi

Tingkatan Perencanaan, perencanaan berhubungan dengan perspektif jangka panjang, dan secara otomatis mengalir ke dalam perencanaan operasional perusahaan. Perencanaan operasional memiliki perspektif jangka menengah dan pendek, yang berkaitan dengan program tertentu yang merencanakan enis, jumlah SDM yang dibutuhkan, struktur organisasi, rencana suk-sesi dan pengembangan SDM, di samping rencana-rencana tertentuuntuk menetapkan rencana strategis. Dengan demikian, perencanaanstrategi pada dasarnya sejajar dengan proses perencanaan bisnis. Dalampraktiknya perencanaan strategi terkadang dikaburkan dengan perencanaan operasional.

3. Perumusan Strategi

Perumusan Strategi merupakan proses penyusunan Langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.

Q.S Al-Hasyr ayat 18 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

4. Rencana Kegiatan SDI

Rencana kegiatan disebut dengan rumusan strategi merupakan perusahaan yang merencanakan suatu pelaksanaan yang memunculkan adanya hal yang menentang terhadap pelaksanaan perusahaan. Namun, dengan munculnya hal tersebut membuat suatu pemikiran terhadap rencana kegiatan yang tergabung dengan program-program skala utama beberapa tahun dan pertanggungjawaban untuk pengukuran-pengukuran hasil. Terkait pertanggungjawaban harus jelas bagaimana menentukan waktu dan sumber daya yang di inginkan untuk pelaksanaan strategi yang lancar.

Bahkan suatu perusahaan dituntut untuk memikirkan baik-baik menentukan atau melibatkan “Bagaimana menyampaikan penerapan strategi yang dijalankan untuk kelompok secara menyeluruh?”.

Oleh karena itu, perusahaan memberikan pilihan termudah dalam pelaksanaan (praktik) manajemen yang diterapkan terhadap kebutuhan yang dianggap perlu. Misalnya, memfokuskan pengembangan keterampilan manajemen dimasa depan dengan perencanaan perubahaan dan upaya untuk mendaftarkan secara bertahap.

- Quotes -

"People will forget what you said. People will forget what you did. But people will never forget how you made them feel"

# Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, M.M. CHCM. #

Ikuti tulisan menarik Vina Nisrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler