x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 6 April 2023 06:26 WIB

Berkah Ramadan, TBM Lentera Pustaka Terpilih Hibah Motor Pustaka PBI

Pustaka bergerak Indonesia salurkan hibah motor pustaka ke TBM Lentera Pustaka Bogor untuk tingkatkan kegemerana membaca anak dan masyarakat. Bergerak untuk literasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadan memang penuh berkah. Hari ini TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor terpilih mendapatkan hibah “Motor Pustaka” dari Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) yang didukung oleh Dirjen Kebudayaan RI, Dana Indonesiana, dan LPDP di Bogor (4/4/2023). Motor pustaka ini ditujukan untuk memperkuat kiprah MOtor BAca KEliling (MOBAKE) yang sudah dijalankan TBM Lentera Pustaka dalam dua tahun terakhir ini.

 

Dengan hibah satu unit motor pustaka ini, TBM Lentera Pustaka siap bergerak terus menjelajah kampung-kampung untuk akrabkan buku dengan anak-anak. Berbekal motto #BacaBukanMaen, motor pustaka sumbangan PBI ini jelas menjadi “energi baru” dalam meningkatkan kegemaran membaca dan gerakan literasi di kampung-kampung. Selalu  bergerak menebar buku bacaan tiada henti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Pustaka Bergerak Indonesia melihat pergerakan kawan-kawan relawan di lapangan untuk membangun giat membaca sangat besar. Tanpa pamrih dan secara konsisten bergerak ke kampung-kampung. Maka bersama mitra PBI, kami berkomitmen untuk mendukung aktivitas literasi untuk negeri” ujar Nirwan Ahmad Arsuka, Pustaka Bergerak Indoensia.

 

Rencananya, launching Motor Pustaka Lentera hibah dari PBI akan dilakukan pada Minggu, 21 Mei 2023 di TBM Lentera Pustaka. Hal ini menjadi cerminan semangat perjuangan pegiat literasi dalam menebar kebaikan dan kegemaran membaca masyarakat. Melalui komitmen, konsistensi, dan sikap sepenuh hati, pegiat lirerasi di berbagai daerah patut mendapat apresaisi dan dukungan dari berbagai kalangan. Demi tegaknya gerakan literasi di bumi Indonesia.

 

Melalui hibah motor Pustaka ini, TBM Lentera Pustaka akan memperluas layanan motor baca keliling (MOBAKE) ke kampung-kampung lainnya di Desa Sukaluyu, Desa Tamansari, dan Desa Sukajaya. Saat ini, motor baca keliling TBM Lentera Pustaka beroperasi 2 kali seminggu dengan membawa 200 buku di boks dan 2 buah tikar. Sambil menelusuri jalan berliku kadang terjal dan kondisi cuaca yang tidak menentu, terus berjuang mendekatkan buku-buku bacaan kepada anak-anak kampung yang selam ini tidak punya akses bacaan.

 

Aktivitas motor baca keliling bisa dilakukan di pinggir jalan, di halaman rumah penduduk, di pos ronda atau tanah lapang. Intinya untuk mengajak anak-anak membaca buku, sambil memotivasi pentingnya sekolah agar terhindar dari putus sekolah. Driver motor baca keliling ikut membacakan buku ke anak-anak sekaligus memberi tahu isi bacaan. Setelah beroperasi 1 jam lamanya, anak-anak pun mengembalikan buku bacaan ke boks yang ada di motor baca keliling.

 

Motor pustaka atau motor baca keliling, adalah bukti gerakan literasi terus berproses dan berdinamika di tengah masyarakat. Apapun kondisinya, apapun kendalanya. Untuk selalu mengubah niat baik menjadi aksi nyata. Salam bergerak, salam literasi dari kaki Gunung Salak Bogor! #MotorBacaKeliling #MotorPustaka #PustakaBergerakIndonesia #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu