x

Siswa-Siswi SMKN 7 Jember Bagi Takjil

Iklan

Pipiet Palestin Amurwani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Senin, 10 April 2023 14:58 WIB

Ramadan Berbagi, SMKN 7 Jember Bagi-Bagi Takjil

Siswa-Siswi SMKN 7 Jember melaksanakan kegiatan bagi-bagi takjil pada masyarakat sekitar sekolah selama bulan Ramadhan. Kegiatan yang dipelopori oleh OSIS ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Mengapa demikian? Karena di bulan ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang-orang yang melakukan kebaikan. Salah satu kebaikan yang dapat dilakukan yakni memberi makan orang yang berbuka puasa. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (HR. Ahmad).

Siswa-siswi SMKN 7 Jember melalui OSIS berinisiatif membagikan takjil pada warga sekitar sekolah yakni daerah kecamatan Sumberbaru dan sekitarnya serta pada orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin di setiap bulan Ramadhan. Dibimbing oleh guru pembina OSIS para siswa ini menyebar ke daerah sekitar kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember. Pembagian takjil dilakukan setiap hari Jum’at di sore hari selama bulan Ramadhan.

Dari mana mereka mendapatkan makanan untuk dibagikan? Ternyata mereka mengkoordinir seluruh siswa di sekolahnya untuk mengumpulkan makanan di setiap hari Jum’at. Mereka membuat jadwal bagi setiap kelas dan jurusan. Demikian juga dengan guru dan karyawan juga mendapatkan jadwal untuk turut berbagi. Seluruh warga sekolah sangat antusias mendukung bahkan wali murid juga bersyukur dengan adanya kegiatan ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan bagi-bagi takjil ini merupakan aksi nyata pembiasaan baik bagi siswa. Seperti yang dikatakan Dyah Apriyanti salah satu guru pembina OSIS SMKN 7 Jember, “Kegiatan semacam ini melatih anak-anak untuk berbagi apa yang mereka miliki, mengajarkan anak untuk meningkatkan amal di bulan Ramadhan, mengajarkan sikap sosial kepedulian terhadap orang lain”.

Momen bulan Ramadhan selain menjadi bulan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya juga dapat dijadikan sebagai waktu untuk melatih diri untuk lebih banyak lagi menebar manfaat dan kebaikan. Sehingga kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan dapat terus dikerjakan di luar bulan Ramadhan.

 

Ikuti tulisan menarik Pipiet Palestin Amurwani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu