x

Iklan

Firda Newcolla

Dapatkan artikel menarik seputar kecantikan, penuaan dini, dan parenting di https://newcolla-artikel.orderyuk.info
Bergabung Sejak: 18 Maret 2023

Senin, 10 April 2023 15:31 WIB

Durasi Main Sosmed Warga Indonesia Tinggi: Apa yang Harus Dilakukan?

Data statistik yang berkaitan dengan internet yang dipublikasikan oleh We Are Social Hootsuite pada tahun 2022 mengungkapkan bahwa durasi warga Indonesia dalam mengakses internet jauh lebih tinggi daripada rata-rata dunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tak dapat dimungkiri lagi bahwa perangkat HP dan internet sudah merasuk menjadi bagian dari kehidupan kita. Segala aktivitas tak bisa lagi dijauhkan dari HP dan internet. Bukan hanya membantu kita dalam merampungkan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien, HP dan internet menyimpan beragam sisi negatif.

Salah satu sisi buruk keduanya adalah memicu kecanduan di kalangan penggunanya. Kecanduan membuat pengguna ketagihan dalam bermain HP dan internet hingga lupa akan hal-hal lain. Kita bisa berkaca dari diri kita sendiri. Saat bermain HP, apa saja yang kita lupakan? Mungkin kita jadi lupa makan, beribadah, bahkan menyelesaikan pekerjaan.

Data statistik yang berkaitan dengan internet yang dipublikasikan oleh We Are Social Hootsuite pada tahun 2022 mengungkapkan bahwa durasi warga Indonesia dalam mengakses internet jauh lebih tinggi daripada rata-rata dunia. Dengan populasi pengguna dengan usia produktif 16 hingga 64 tahun, seperti ini hasil analisisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indonesia Lampaui Durasi Rata-rata Dunia

Warga dunia rata-rata menghabiskan waktu selama 6 jam 58 menit untuk mengakses internet. Sementara itu, warga Indonesia bisa melewatkan waktu berdurasi rata-rata 8 jam 36 menit untuk bermain internet. Jauh lebih banyak daripada rata-rata durasi main internet di dunia, kan?

Mari kita bandingkan dengan negara yang selama ini sangat dihormati karena kedisiplinan dan ketepatan waktunya, yaitu Jepang. Warga Jepang rata-rata hanya menghabiskan waktu 4 jam 26 menit sehari untuk mengakses internet. Waktu yang mereka miliki selalu dimanfaatkan betul-betul untuk mengerjakan hal produktif.

Uniknya, meskipun warga Indonesia bisa dikatakan banyak menghabiskan waktu di depan HP dan komputer untuk mengakses internet, kecepatan internet di negara kita termasuk yang paling lambat. Kecepatan internet di Indonesia rata-rata hanya 15,82 MB/second, sementara rata-rata kecepatan internet dunia adalah 29,06 MB/second. Bahkan, negara dengan internet tercepat di dunia, Uni Emirat Arab, punya kecepatan internet 136,42 MB/second. Jauh sekali perbedaannya dengan negara kita.

Durasi Main Sosmed juga Tinggi

Tak hanya durasi mengakses internet yang rata-ratanya lebih tinggi dari rata-rata dunia, warga Indonesia juga melampaui rata-rata dunia dalam bermain sosial media (sosmed). Dalam sehari, rata-rata 3 jam 17 menit bisa warga Indonesia habiskan untuk mengakses sosmed masing-masing. Sementara itu, rata-rata warga dunia dalam meninjau sosmed adalah 2 jam 27 menit.

Warga Indonesia pun rata-rata mempunyai 8,5 platform sosial media yang kerap diakses. Banyak juga, ya. Tapi jangan berpikiran buruk terlebih dulu. Bisa saja sosial media yang banyak diakses itu merupakan bagian dari pekerjaan. Sebab, sebanyak 31 persen penduduk Indonesia menggunakan sosmed untuk menunjang profesi mereka. 

Tak hanya soal durasi akses internet dan kecepatan internet yang menarik. Data dari We Are Social Hootsuite juga menyajikan fakta-fakta lain tentang pengguna internet di Indonesia yang unik.

Warga Indonesia Suka Belajar dari Video

Tahukah kamu bahwa warga Indonesia aktif belajar melalui video? Sebanyak 60,3 persen penduduk Indonesia aktif menonton video tutorial, pembelajaran, atau kiat-kiat melakukan sesuatu secara rutin setiap pekan. Persentase ini jauh lebih tinggi daripada negara-negara lain di dunia, lho.

Indonesia juga menempati peringkat 4 negara yang paling suka menonton vlog. Negara kita pun memperoleh peringkat 5 negara yang paling gemar streaming konten televisi, seperti melalui Netflix, Viu, atau Disney+.

Warga Indonesia juga suka mendengarkan podcast maupun bermain video game. Rata-rata warga Indonesia yang menggemari kedua kegiatan tersebut jauh melampaui rata-rata dunia.

Cegah Kecanduan Internet

Waktu yang dihabiskan oleh warga Indonesia dalam mengakses internet memang berbeda-beda. Ada yang bermain internet dan sosmed murni untuk bekerja. Ada juga yang menggunakannya untuk mencari hiburan, maupun menghubungi keluarga dan sanak saudara. Namun, semua yang berlebihan tentu saja tidak baik. Untuk mengurangi durasi dalam bermain internet dan sosmed, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Batasi waktu yang kamu habiskan untuk online. Tentukan waktu yang tepat untuk menggunakan internet dan juga waktu untuk melakukan kegiatan lain.
  2. Gunakan aplikasi pembatas waktu penggunaan internet. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membatasi waktu penggunaan internet, misalnya timer.
  3. Hindari membawa perangkat seluler ke tempat tidur. Hal ini bisa membantumu untuk tidak terus-menerus mengecek ponsel di malam hari.
  4. Cari kegiatan alternatif di luar internet. Coba cari kegiatan yang menyenangkan di luar dunia maya, seperti bermain musik, olahraga, atau bertemu dengan teman-teman.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon dukungannya dengan mengakses tautan di bio saya. Dapatkan lebih banyak artikel gratis seputar kesehatan dan kecantikan di sana. (*NAFF)

Ikuti tulisan menarik Firda Newcolla lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler