x

Usaha perdagangan sebagai salah satu kebutuhan hidup.

Iklan

Ghani Abdur Rahman

Penulis Artikel
Bergabung Sejak: 3 April 2023

Senin, 17 April 2023 19:47 WIB

5 Jenis Usaha Perdagangan yang Paling Menguntungkan di Masyarakat Indonesia!

Usaha perdagangan ini paling banyak di masyarakat Indonesia dan mengalami keuntungan dari jual-beli.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan cara berdangan. Usaha perdagangan ini sering banyak terjadi di masyarakat Indonesia dalam kegiatan jual dan beli, baik barang mentah maupun barang jadi. Menurut Ilham, dkk dalam buku dasar kewirausahaan: Teori dan Aplikasi (2020), usaha perdagangan dapat dibagi berdasarkan besar kecilnya usaha dan jenis komoditas. Inilah 5 jenis usaha perdagangan yang ada di masyarakat!

1. Toko sembako

Toko kelontong atau minimarket adalah salah satu jenis dagang dengan menjual berbagai kebutuhan pokok. Misalnya beras, minyak goreng, mi. Umumnya harga ditentukan dan bisa berubah sesuai jumlah permintaan harga pasaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Usaha agraris

Usaha agraris sebagai salah satu usaha dagang yang berkaitan dengan produk pertanian. Misalnya beli pupuk, penjualan traktor, padi, dan jagung. Untuk hasis pertanian, biasanya dijual di toko sembako dan pasar.

3. Usaha perikanan

Usaha ini yang bergerak di bidang perikanan dan berhubungan dengan produk hasil laut. Misalnya penjual ikan, kepiting, dan lobster. 

4. Bisnis kuliner atau makanan

Bisnis ini sangat banyak dan digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini, terlebih lagi dari tahun ke tahun. Adapun bisnis ini yang biasanya digeluti adalah rumah makan, toko roti, dan kafe.

5. Jual dan beli suvenir

Jenis usaha ini sangat lazim dijumpai di tempat wisata dan identik dengan kawasan tersebut. Suvenir yang diperjualbelikan sangatlah beragam seperti gantungan kunci atau gelang, dan makanan khas daerah.

Ikuti tulisan menarik Ghani Abdur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu