x

Iklan

Natasya Christie Sihombing

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Kamis, 20 April 2023 07:39 WIB

Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Pembuatan yaitu Paving Block

Pembuatan Paving Block dengan memanfaatkan Limbah Plastik untuk mengatasi Pencemaran Tanah yang dilakukan oleh Mahasiswi Jurusan Kimia PSPK 21 E Universitas Negeri Medan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo Semuanya, Saya Natasya Christie Sihombing dan rekan kelompok saya Ervina Aulia Harahap dan Nestin Sundayan Zai mahasiswi Jurusan Kimia PSPK 21 E Universitas Negeri Medan..

Kali ini kami membuat penelitian sederhana mengenai pencemaran tanah atau Tugas Project dari Mata Kuliah Kimia Lingkungan dengan Dosen Pengampu Ibu Rini Selly, S.Pd., M.Sc.

Kami membuat kegiatan sosialisasi terhadap warga sekitar Kelurahan Kenangan, Kecamatan Percut Sei Tuan dalam mengolah limbah plastik akibat dari pencemaran tanah menjadi suatu yang bermanfaat, yaitu paving block. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pencemaran tanah adalah suatu kondisi dimana tanah tercemar di area permukaan atau bahkan bawah tanah. Pencemaran ini disebabkan karena adanya polutan atau kontaminan yang mencemari tanah. Pencemaran tanah dapat terjadi disebabkan oleh banyak faktor, tetapi umumnya disebabkan karena perbuatan manusia dan juga karena alami. Jadi, ada pencemaran tanah alamiah dan ada pencemaran tanah buatan.

 

Pencemaran tanah tidak lepas kaitannya dengan lingkungan hidup. Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor utama penyebab pencemaran lingkungan adalah sampah dihasilkan oleh kegiatan manusia yang dapat berpengaruh buruk terhadap kondisi lingkungan hidup. 

Sampah plastik merupakan sampah yang tidak dapat terurai dan sangat berbahaya terhadap kondisi kesehatan lingkungan karena sampah tersebut termasuk golongan sampah non organik. Pencemaran lingkungan terjadi akibat buang sampah sembarangan. Terutama permasalahan pada pengelolaan sampah yang dihasilkan rumah tangga. Efek pemumpukan sampah yang semakin bertambah setiap harinya membuat keadaan

semakin parah, tercemarnya air, panasnya suhu yang akhir-akhir ini terjadi diakibatkan banyak tumbuhan yang ditebangi dan pada saat hujan banyak jalanan menjadi banjir yang tidak sedikit memakan korban harta benda warga yang hanyut terbawa air..

 

 

Botol plastik dapat terurai di alam sekitar 450 tahun. Untuk saat ini, plastik merupakan sampah yang paling lama terurai. Selain itu, kaleng aluminium butuh waktu sekitar 80 hingga 200 tahun untuk terurai sepenuhnya di alam. Biasanya, sampah kertas memerlukan waktu 2 hingga 6 minggu. Akan tetapi, jika didaur ulang, sampah kertas akan mengurangi banyak volume sampah di tempat pembuangan.

 

Pembuatan produk paving block dari plastik merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah plastik dalam jangka waktu yang lama, dalam rangka meningkatkan efisiensi pemanfaatan dan mengurangi pembebanan lingkungan terhadap limbah plastik serta menghasilkan produk-produk inovatif sebagai bahan bangunan. Selain itu keunggulan lain dari paving block berbahan limbah plastik adalah lebih kuat dibandingkan paving biasa.

Dengan Kegiatan Pembuatan Paving Block ini memberikan Keuntungan yaitu penggunaan paving block dari sampah plastik adalah paving block yang dihasilkan dihasilkan lebih kuat dan tahan banting. 

Produk yang dihasilkan limbah plastik plastik yang dimanfaatkan menjadi paving block dapat diperjualbelikan sebagai bahan bangunan sehingga dapat membuka usaha baru lagi bagi masyarakat terutama masyarakat kurang mampu yang masih tergolong dalam usia produktif.

Semoga dengan kegiatan kami ini dapat memberikan manfaat pada warga sekitar Kel Kenangan, Kec. Percut Sei Tuan agar dapat menjadikan lingkungan bebas limbah plastik dan pencemaran tanah. 

Sekian terimakasih

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Natasya Christie Sihombing lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler