x

ilustr: CU Management

Iklan

Muhammad Husni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Kamis, 20 April 2023 19:36 WIB

Internet dan Citizen

Kata “viral” ini menjadi kata kunci yang membuat perubahan. Ibarat kata sakti yang dapat menyelesaikan persoalan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita pernah mendengar berita bahwa salah satu pengguna internet (netizen) yang paling ditakuti di dunia maya adalah pengguna internet dari Indonesia. Tidak heran, sebab jumlah populasi Indonesia yang aktif berselancar di internet mencapai 191 juta pengguna. Bayangkan saja, jika semua itu mengumandangkan suatu hal di internet secara bersamaan dan pastinya akan mengakibatkan gelombang yang kita sebut viral. Banyak yang sudah menjadi sasaran keganasan pengguna internet kita. Sebut saja beberapa akun resmi olahraga dunia hingga perusahaan besar berskala internasional.

Kata viral ini menjadi kata kunci yang membuat perubahan. Ibarat kata sakti  yang dapat menyelesaikan persoalan. Kita tentu tahu, beberapa bulan lalu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah meminta netizen untuk viralkan hidup mewah pejabat.

Baru-baru ini, kita telah disuguhkan banyak fenomena yang sudah viral. Bedanya ada yang viral mendatangkan rezeki dan ada pula sebaliknya. Banyak masyarakat tenar karena viral, sebut saja Fajar sad boy seorang yang dulunya bukan siapa-siapa tetapi kekuatan viral menjadikan dia menjadi terkenal. Berbeda dengan pejabat public, akibat kekuatan yang sama juga mampu merubah keadaan mereka menjadi kurang baik. Inilah kekuatan yang besar yang secara dunia nyata tidak terlihat namun mampu merusak tatanan kehidupan nyata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kekuatan ini menjadi tantangan tersendiri, sebab kekuatan ini perlu dikelola. Jika kita melika tujuan pembuatan internet, pada dasarnya internet dibuat untuk kebaikan manusia yakni membantu manusia cepat dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Terlepas dari itu, internet juga bagaikan dua mata pisau yang siap menebas siapa saja yang menyalah gunakannya.

Hingga saat ini, internet mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Mulai dari kebutuhan dasar (Pendidikan) hingga dunia usaha. Pada pendidikan misalnya, internet mampu memudahkan manusia dalam belajar. Belajar tidak harus datang dan duduk di ruang kelas tetapi cukup menggunakan fasilitas internet kita dapat melakukan proses belajar mengajar atau biasa kita sebut belajar dengan memanfaatkan ruang-ruang virtual.

Dunia usaha juga demikian. Jika kita memiliki usaha pastikan usaha kita tertata dengan baik di internet. Maksud dari tertata dengan baik adalah usaha kita tersedia dan menyediakan informasi yang lengkap dan akurat Ketika dicari pada mesin pencari sebut saja google atau mesin pencari lainnya. Sebab ini akan berdampak besar pada jalannya usaha kita.

Tidak hanya merambat pada dua sektor sebelumnya. Bahkan kekuatan internet mampu mengubah pola pikir anak-anak kita. Mungkin kita pernah dengar atau pernah bertanya ke anak-anak kita. Bahwa salah satu cita-cita mereka adalah menjadi seorang youtuber, influencer atau gamers. Ini tidak terlepas dari kekuatan arus informasi yang berisi konten viral yang ada di internet.

Pembahasan mengenai internet dan netizen akan selalu menjadi isu yang hangat untuk dibicarakan. Terlepas dari itu semua, mari memanfaatkan internet dengan baik.

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Husni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler