x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 22 April 2023 08:15 WIB

5 Katakutan Saya Saat PDIP Umumkan Capres Ganjar Pranowo Sehari Jelang Lebaran

5 ketakutan saya saat PDIP umumkan capres Ganjar Pranowo sehari jelang lebaran? Lebaran jadi rasa politik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teka-teki soal siapa calon presiden (capres) yang diusung PDIP sudah jelas. Kemarin (21/4/2023), Ganjar Pranowo yang kini Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP “ditugaskan” sebagai calon presiden PDIP untuk Pilpres tahun 2024. Soal siapa cawapres-nya atau bagaimana kans-nya menang di pilpres tahun depan, tentu saya tidak tertarik. Karena saya bukan pengamat politik, bukan pula peramal. Biarlah diskursus soal Ganjar sebagai capres PDIP jadi bahan ocehan dan obrolan orang-orang “sok tahu”. Yakni, mereka yang sekolahnya bukan politik tapi saat ngomong politik seperti ahli politik. Iya, nggak?

 

Justru ada yang saya takutkan saat PDIP umumkan capres Ganjar sehari sebelum lebaran. Pengumuman capres itu juga tepat di Hari Kartini. Saya takut dan khawatir sebagai rakyat biasa yang telah sebulan penuh berpuasa. Takut karena silaturahim hari kemenangan Idul Fitri jadi bergeser tidak lagi semenarik tahun-tahun kemarin. Untuk saling bermaaf-maafan sambil bersenda-gurau.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Deklarasi capres 2024 yang terlalu “wow”, sehingga bisa menyita perhatian banyak pihak. Bahkan mengundang julid bagi lawan politik dan kroni-kroninya. Apalagi diumumkan sehari jelang lebaran, setidaknya ada 5 (lima) sebab ketakutan saya saat PDIP umumkan capres Ganjar Pranowo sehari jelang lebaran, yaitu:

  1. Obrolan hari lebaran tidak lagi soal opor ayam dan ketupat. Kumpul lebaran jadi ngobrolin kandidat capres Ganjar Pranowo dan tetek-bengeknya. Suasana lebaran rasa politik, sedih.
  2. Jadi sedikit yang pamer baju baru dan aksesorinya. Ajang lebaran jadi kurang seru bila figur yang terbiasa pamer baju lebaran malah jadi pindah topik ngomongin capres. Lebaran jadi kurang senyum, sedih lagi.
  3. Cerita sudah lama tidak bertemu jadi tidak seru lagi. Karena berubah jadi bicara capres dan politik. Sehingga nggak bisa lagi bertukar cerita dan pengalaman selama tidak bertemu. Lebaran jadi kurang banyak cerita, sedih.
  4. Ajakan bisnis bareng jadi tertunda. Biasanya di momen lebaran ada saja kerabat dan rekan yang mengajak bisnis bareng atau jualan jadi “kalah” bahasan dengan capres yang baru diumumkan. Lebaran kok nggak ada bisnisnya, sedih banget deh.
  5. Topik obrolan rencana masa depan jadi terkalahkan. Baik orang tua ataupun anak muda dalam keluarga jadi nggak tertarik membahas rencana masa depan akibat ganti topik ke capres dan politik. Lebaran jadi ramai politik, sedih banget. 

 

Mungkin saya lebay, karena punya ketakutan yang berlebihan soal capres di PDIP. Tapi sebagai ekspresi pikiran sih sah-sah saja. Karena memang sejak diumumkan kemarin, beberapa grup WA yang saya ikuti sudah ramai dan gaduh membahas soal Ganjar Pranowo. Akibat diumumkan sehari jelang lebaran. Maka patut diduga, saat lebaran hari ini banyak topik silaturahim lebaran yang akhirnya membahas “soal capres PDIP” sebagai obrolan utama. Bukan lagi soal opro ayan, ketupat, pamer baju baru, cerita lama, ajakan bisnis, atau rencana masa depan.

 

Tapi di luar itu semua, ketakutan saya yang paking penting adalah banyak orang yang pada lebaran kali ini lebih banyak dikuasai keinginan  atau angan-angan semata. Pengen ini pengen itu yang berlebihan. Sehingga lupa menjadikan lebaran sebagai momen untuk memperbaiki diri, baik kepada Allah SWT, kepada sesama, maupun kepada lingkungan sosial.

 

Seperti kata Sayyidina Ali bin Abi Thalib, "Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari Anda ada dua hal yaitu 1) terlalu banyak angan-angan dan 2) menuruti keinginan nafsu." Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Salam literasi!

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB