Cita-cita Zaman Now, Jadi Konten Kreator Berpenghasilan Ratusan Juta

Selasa, 25 April 2023 06:24 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu pekerjaan paling diminati saat ini adalah menjadi content creator atau pembuat konten. Apalagi saat ini media sosial berkembang pesat dan membuat semakin banyak peluang untuk berkarir menjadi content creator

Doni : Mba aku mau jadi content creator aja kalau udah besar. Seperti Alffy Rev. 

Putri : Boleh aja kalau kamu suka. Nanti mba support beliin HP yang bagus. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Doni : Kamera dong mba

Putri : HP aja dulu. Nilai konten yang bagus itu bukan hanya dari device yang kita gunakan. Tapi yang utama adalah ide dan konsep. Nah ini, ada loh Content Creation Competition 2023 hadiahnya ratusan juta. 

Doni : Wah masa mba? Mau dong ikutan. Buat pengalaman. Kalau menang alhamdulillah bisa beli kamera. 

Minal aidzin wal faidzin teman-teman. Selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H. Lebaran selalu memunculkan banyak cerita dan banyak rindu yang bertemu. Contohnya saat kita bisa mudik ke rumah orang tua.

Tapi aku sempat menjadi “tim males kumpul sama keluarga” loh. Karena tiga tahun lalu aku masih belum menikah. Sejak usia 25 tahun, pertanyaan kapan akan menikah menjadi salah satu pertanyaan tahunan yang mengusik. Hahaha. Betul tidak? 

Lebaran tahun ini pun banyak cerita. Apalagi sejak kehadiran Gendis di tengah keluarga kami. Anak pertama, cucu perta, buyut pertama, ponakan pertama. Bisa dibayangkan bukan bagaimana ramainya keluarga kami dengan hadirnya Gendis. 

Aku dan suami juga sempat bingung mau lebaran pertama di rumah orang tuaku atau orang tua suami. 

Tak lupa semua momen keseruan lebaran aku abadikan di ponsel, baik dalam bentuk video ataupun foto. Tujuannya selain untuk kenang-kenangan, juga untuk bahan lomba konten kreator yang berhadiah ratusan juta rupiah. 

Memang mau bikin konten apa? Kalau aku sih mau buat konten keseruan lebaran pertama ala Gendis Ayu (anakku). 

Ada banyak inspirasi konten “lebaran” yang bisa kita buat. Seperti adikku, Doni, yang cita-citanya jadi content creator video. Dia bisa membuat konten video kreatif serunya momen lebaran di rumah kakek atau lebaran sambil reuni di rumah guru SMP tercinta. Padahal 15 tahun silam, jika anak-anak ditanya cita-citanya mau jadi apa, masih banyak yang menjawab mau jadi polisi, dokter, atau guru. Zaman memang sudah berubah ya.

Menjadi Content Creator

Sekarang, siapapun bisa menjadi content creator (pembuat konten). Entah itu, konten berbentuk video atau audio visual seperti video-video yang sering kita saksikan di YouTube, Reel Instagram, Facebook Watch, atau video TikTok; serta konten-konten berbentuk tulisan yang lebih kita kenal dengan sebutan “artikel” untuk blog dan website.

Bikin konten itu nggak melulu harus pakai peralatan yang lengkap dan mahal. Saat ini, justru banyak konten-konten yang dibuat dengan peralatan seadanya, tapi tetap mampu menarik perhatian banyak penonton maupun pembaca. Entah itu, karena idenya yang menarik, karena kontennya yang unik, pesannya yang menyentuh, atau karena faktor-faktor lainnya.

Kenapa Harus Jadi content creator?

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian ― Pramoedya Ananta Toer

Salah satu kalimat yang aku pegang saat mulai menjadi blogger adalah kutipan di atas. Dari penulis favoritku, Pramoedya Ananta Toer. Tapi saat ini untuk “tidak hilang dari sejarah” bukan hanya dari membuat tulisan saja. Karena di zaman dengan teknologi yang maju ini, konten kreator tak sekadar menulis, tapi juga membuat video.

Menurut aku, menjadi konten kreator itu nggak melulu soal uang dan ketenaran. Tapi dengan menjadi content creator, kita bisa berbagi ide, berbagi kebahagiaan, berbagi cerita, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan, berbagi informasi, dan masih banyak hal-hal baik lainnya yang bisa kita bagikan kepada seluruh netizen di Indonesia atau bahkan dengan orang-orang di berbagai belahan dunia lainnya.

Nggak hanya itu. Menjadi content creator juga ternyata bisa membuka kesempatan bagi kita untuk menambah teman (sahabat) serta memperluas jaringan.

Seperti aku misalnya, sekitar seperempat dari total teman-temanku adalah orang-orang yang aku kenal di dunia maya setelah menjadi blogger. Nggak hanya sekedar jadi teman seprofesi, tapi banyak juga diantara mereka yang jadi sahabat atau bahkan sudah seperti saudara sendiri–meskipun beberapa diantaranya belum pernah ketemu langsung sama aku.

Dan, yang nggak kalah penting. Untuk menjadi content creator yang sukses, kita nggak dituntut untuk membuat konten yang keren. Karena konten yang sifatnya “receh” sekalipun, pasti punya banyak “penikmat” dan bisa memberikan manfaat atau sekedar menghibur orang yang membaca atau melihatnya.

Singkatnya! menjadi konten kreator itu nggak ada ruginya. Lalu, bagaimana cara memulainya?

Cara Memulai Jadi Content Creator

“Bagaimana cara mulai menjadi konten kreator?” Ini adalah pertanyaan yang paling sering aku dengar dari orang-orang yang pengen jadi content creator, tapi nggak tahu harus mulai dari mana.

Untuk hal yang satu ini, aku punya beberapa cerita menarik. Aku harap bisa menjadi inspirasi buat kalian.

Cerita pertama datang dari teman aku yang sehari-hari cuma jadi ibu rumah tangga (IRT) dan kebetulan hobi masak.

Karena setiap hari memasak berbagai jenis lauk-pauk, cemilan, dan berbagai macam makanan untuk keluarganya, tercetuslah ide untuk mendokumentasikan aktivitas memasaknya itu.

Dengan mengandalkan kamera hp, ia mulai merekam kegiatannya memasak sambil berbagi resep dan rahasia dapur yang selama ini menjadi andalannya.Video rekaman aktivitas memasaknya tersebut hanya diedit atau dipotong-potong secara sederhana menggunakan aplikasi Capcut lalu di-upload ke YouTube dan Tik Tok.

Sekarang, viewer-nya sudah sampai jutaan dengan penghasilan yang lumayan besar. Bahkan, nggak jarang ia mendapatkan endorse-an dari perusahaan yang memproduksi berbagai macam perabotan dapur atau peralatan memasak.

Cerita lainnya datang dari temanku yang berprofesi sebagai ART (Asisten Rumah Tangga), yang lebih memilih menjadi content writer alias blogger.

Seperti kita-kita ini yang pasti punya banyak unek-unek dan perlu menyalurkannya melalui curhatan agar nggak numpuk di otak dan menjadi beban (pikiran).

Temanku ini juga punya banyak unek-unek yang ingin ia salurkan, tapi ia kesulitan menemukan orang yang mau dengan setia mendengarkan keluh-kesahnya.Ia pun memutuskan untuk menuliskan uneg-unegnya atau berbagai keluh-kesahnya di Blogger, yaitu sebuah platform blog gratisan dari Google.

Jadi, kalau kita punya akun Gmail, kita bisa langsung membuka website https://www.blogger.com/ melalui aplikasi Google Chrome di hp atau browser di laptop. Kemudian, kita hanya perlu login ke akun gmail menggunakan username dan password (gmail). Selanjutnya, kita bisa langsung membuat sebuah blog dengan menekan tombol “Create Your Blog” dan menulis apapun yang kita mau.

Begitu pula lah yang dilakukan oleh temanku itu. Berawal dari menulis untuk curhat dan menyalurkan unek-unek, sekarang ia adalah salah satu blogger sukses meski pekerjaanya hanyalah sebagai seorang ART.

Nggak hanya punya satu blog, sekarang ia sudah banyak blog. Blog-blog yang ia buat, ia gunakan untuk menyalurkan ide-ide, pengalaman, visi-misinya, atau berbagai keluh-kesahnya. Entah itu, pengalaman sehari-hari, kegiatan-kegiatan yang ia lakukan dari pagi hingga petang, pengalamannya saat traveling, atau tips-tips seputar pekerjaannya sebagai ART.

Jadi, kalau sudah punya smartphone dan akun gmail, sebenarnya kita bisa langsung membuat akun Youtube, TikTok, Instagram, Facebook, hingga Blogger untuk mengupload konten-konten yang kita buat.

IndiHome Content Creation Competition 2023

lomba konten kreator 2023

Seperti yang sudah aku bocorkan di atas, sekarang lagi ada lomba membuat konten  “Content Creation Competition 2023” yang disingkat “3C.” Kompetisi ini diinisiasi oleh IndiHome sebagai penyedia layanan internet cepat, telepon rumah, dan televisi Internet Protocol milik Telkom Indonesia.

Tema yang diusung oleh IndiHome untuk kompetisi bikin konten ini adalah “Berkonten Ria Bersama IndiHome.” Total hadiahnya mencapai Rp 165 juta untuk 30 karya (konten) terbaik. Gede banget kan!?

Apakah pemula punya kesempatan untuk bisa memenangkan lomba yang pasti bakal diikuti oleh banyak content creator professional ini?

Pasti dong! Kesempatan itu selalu terbuka lebar. Karena bisa saja, ide-ide atau kreativitas menarik yang didinginkan oleh juri justru datang dari seorang pemula.

Bagaimana kalau kamu nggak menang?

Yakin deh! Kamu nggak akan rugi sama sekali! Sekalipun nggak menang, ajang ini bisa kamu jadikan sebagai “momentum” untuk menjadi seorang content creator.

Karena, banyak sekali teman-temanku yang dulunya bingung mau mulai bikin konten dari mana, sekarang sudah jadi Blogger atau Youtuber beken setelah “memaksakan diri” ikut lomba-lomba seperti ini.

Kenapa harus dimulai dari ikut lomba?

Menjadi content creator itu gampang! Bahkan tidak sedikit diantara kita yang sudah tahu caranya. Hanya saja, kebanyakan kita tidak mau mengambil “langkah pertama.” Dan, inilah yang disebut “gagal sebelum mulai.”

Nah, lomba-lomba dengan hadiah besar seperti yang digagas oleh IndiHome ini pasti menarik dan bikin kita jadi lebih bersemangat. Ya kan!?

Pada akhirnya, semangat yang menggebu-gebu akan bikin kita lebih serius belajar bikin konten, belajar bagaimana caranya mencari dan mengeksekusi ide, atau lebih semangat mempelajari platform Blogger, Youtube, Tik Tok, dll.

1. Kategori Content Creation Competition IndiHome 2023

Balik lagi kita ngomongin soal gelaran lomba Content Creation Competition (3C) dengan tema “Berkonten Ria Bersama IndiHome.” Ada dua kategori lomba yang digelar yaitu,

  1. Kategori konten tulisan (artikel) yang ditujukan untuk para blogger serta jurnalis, dan
  2. Kategori konten visual (video) yang ditujukan bagi para penggiat konten foto maupun video seperti youtuber serta vlogger 

2. Waktu Pendaftaran

Waktu untuk mendaftarkan karya (konten) berupa tulisan/artikel ataupun video, berlangsung mulai dari tanggal 26 April s/d 13 Mei 2023.

Jadi, ada waktu yang relatif panjang bagi kita untuk mulai jadi konten kreator, belajar membuat konten, atau mempelajari platform yang akan kita gunakan untuk menempatkan konten.

Karena itulah, lomba ini nggak hanya bisa diikuti oleh mereka-mereka yang sudah (terlebih dahulu) bergelut jadi content creator, tapi juga bisa diikuti oleh pemula yang baru mulai belajar.

3. Testimoni VP Marketing Management PT Telkom Indonesia]

Kurniawan, Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengatakan bahwa, gelaran 3C IndiHome ini sejalan dengan visi perusahaan (IndiHome) yang selalu ingin menginisiasi kolaborasi antara content creator dengan IndiHome, guna menunjang brand superiority IndiHome sebagai internet provider terkemuka di tanah air.

"Konten kreator semakin beragam. Jadi kita terus buka kesempatan kolaborasi buat temen-temen content creator, nggak cuma di Jabodetabek aja, tapi juga sampai ke daerah-daerah," kata E. Kurniawan beberapa waktu yang lalu.

4. Persyaratan Berpartisipasi di Content Creation Competition IndiHome 2023

Menurut aku, Content Creation Competition IndiHome 2023 adalah salah satu lomba yang persyaratannya paling mudah dipenuhi.

Nggak neko-neko, persyaratan mengikuti IndiHome Content Creation Competition 2023 ini hanya 2 hal.

  • Pertama. Karya (konten) yang diajukan adalah karya orisinil yang nggak melanggar hak cipta atau hukum di Indonesia. Tidak mengandung unsur, SARA, pornografi, politik, atau kebencian 
  • Mengisi data-data yang dibutuhkan di form pendaftaran yang ada di situs IndiHome. Silahkan klik tautan berikut ini untuk memulai. (https://indihome.co.id/event/content-creation-competition-by-indihome)

Singkatnya, kita diberikan kebebasan untuk membuat konten apapun yang kita suka sesuai dengan keahlian dan kreativitas masing-masing.

5. Tentang Content Creation Competition IndiHome

Kurniawan juga mengatakan bahwa, “Ini adalah kegiatan tahunan rutin yang diselenggarakan oleh IndiHome. Kami menganggap para content creator sebagai mitra strategis kami (untuk) bertukar pikiran dan tumbuh bersama-sama. Sejak (kompetisi ini) diselenggarakan untuk pertama kalinya, tak terhitung (jumlah) masukan positif yang diberikan oleh para content creator kepada kami dalam hal produk dan pelayanan IndiHome (sebagai) buah dari aktivitas kolaboratif ini.”

Maksudnya, IndiHome memandang para konten kreator sebagai mitra strategis karena, antara IndiHome dan content creator kerap terjadi pertukaran ide yang saling menguntungkan.

Sejak pertama kali kegiatan ini diadakan, para konten kreator telah memberikan banyak masukan positif yang bermanfaat bagi IndiHome, khususnya dalam hal produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Kedua, lomba seperti ini akan diadakan setiap tahun. Jadi, bagi kamu yang kurang beruntung di tahun ini atau mungkin nggak sempat berpartisipasi di 3C 2023 ini, kalian masih punya kesempatan untuk mempersiapkan diri guna mengikuti kompetisi 3C IndiHome di tahun-tahun berikutnya.

Keuntungan Menjadi Content Creator

Sekarang, jangan heran kalau semakin banyak anak-anak muda yang cita-citanya jadi “youtuber” alias “content creator,” atau menjadi penggiat sosial media hingga menjadi influencer

Di era digital ini, semua cita-cita tersebut menurut aku sangat realistis. Karena seperti yang sudah aku katakan di atas tadi, siapapun bisa menjadi content creator yang sukses.

Sudah terlalu banyak contoh content creator sukses yang sudah kita saksikan. Meski, latar belakang mereka bukan berasal dari kalangan profesional, atau meski bukan berasal dari kalangan orang berpendidikan tinggi.

Tadi, di atas aku juga sudah menyebutkan beberapa keuntungan menjadi content creator. Di sini, aku akan kembali menegaskan bahwa, menjadi konten kreator adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat menjanjikan dan akan terus berkembang di era digital ini.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa aku mengatakan bawah, menjadi konten kreator itu adalah bidang pekerjaan yang menjanjikan.

  • Perkembangan teknologi dan media sosial. Teknologi dan media sosial memungkinkan siapa saja untuk membuat konten dan membagikannya kepada audiens di seluruh Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Hal ini membuka peluang besar bagi siapa saja untuk menjadi konten kreator, dan menciptakan karir yang sukses di dunia digital.
  • Kebutuhan konsumen yang terus meningkat. Konsumen saat ini menginginkan lebih banyak konten yang informatif, menarik, dan menghibur. Ini menciptakan permintaan yang tinggi untuk konten kreator yang dapat menciptakan konten-konten tersebut.
  • Dukungan dan pengakuan industri. Industri kreatif semakin mengakui dan menghargai peran penting yang dimainkan oleh konten kreator dalam pemasaran, branding, dan promosi. Ini berarti bahwa ada banyak peluang bagi konten kreator untuk bekerja dengan merek dan organisasi besar.
  • Potensi pendapatan yang tinggi. Konten kreator dapat menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber, termasuk iklan, sponsor, afiliasi, dan penjualan produk. Beberapa konten kreator bahkan dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar untuk menjadikannya sebagai penghasilan utama mereka.
  • Fleksibilitas dan kebebasan. Menjadi konten kreator memungkinkan seseorang untuk bekerja dari mana saja, kapan saja, dan dengan cara sekreatif mungkin. Ini memberi seseorang kebebasan dan fleksibilitas untuk mengejar karir yang cocok dengan gaya hidup dan minat mereka.

Tapi, meskipun tampaknya mudah, untuk menjadi seorang content creator yang sukses, kita tetap harus kerja keras, tekun, dan terus mengasah keterampilan. Karena walau bagaimanapun tren dunia teknologi atau di era digital ini sangat cepat berubah. 

Penutup

Aku berharap, tulisan ini bisa membuka wawasan, memberikan semangat, dan bisa menginspirasi kalian untuk menjadi salah satu content creator sukses di masa depan.

Dan, aku berharap, kalian juga turut ambil bagian di IndiHome Content Creation Competition 2023 ini. Jadi, jangan lupa klik link yang aku cantumin di atas. Semangat buat kalian! Dan, semoga beruntung di IndiHome Content Creation Competition 2023. Cayoo!

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Putri Santoso

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler