x

Pembalap Honda, Marc Marquez melakukan selebrasi di atas motornya usai keluar sebagai yang tercepat dalam Grand Prix MotoGP Italia di sirkuit Mugello, Italia, (1/6). (AP Photo/Antonio Calanni)

Iklan

Wardoyo Suwardoyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Cara Mengamankan Motor Anda dari Pencurian

Sahabat , saat ini sudah banyak sekali kasus pencurian sepeda motor yang terjadi di Indonesia. Para pelaku curanmor saat ini bahkan sudah cerdas-cerdas. Kalau zaman dulu, para pelaku curanmor sering menggunakan kunci T untuk membobol keamanan motor Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

kunci

 

Sahabat , saat ini sudah banyak sekali kasus pencurian sepeda motor yang terjadi di Indonesia. Para pelaku curanmor saat ini bahkan sudah cerdas-cerdas. Kalau zaman dulu, para pelaku curanmor sering menggunakan kunci T untuk membobol keamanan motor Anda. Namun, semakin berkembangnya zaman, kini kunci T sudah tidak lagi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terus pakai apa?

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pihak kepolisian dan beberapa kasus criminal di media, para pelaku pencurian sekarang lebih banyak beraksi menggunakan sebuah cairan khusus, yang disebut ‘cairan setan’.

Apa itu cairan setan? Cairan ini nantinya akan dituangkan pada lubang kunci kendaraan Anda, sehingga dengan memakau kunci apapun, mereka dengan mudah menyalakan motor Anda, untuk kemudian dibawa kabur motornya.

Nah, bagaimana cara menghindari pencurian sepeda motor?

1. Parkir di tempat yang resmi

Sekarang ini, ada dua jenis tempat parkir. Parkir liar dan parkir resmi. Parkir liar adalah parkir dadakan yang biasanya ada di pinggir jalan. Sedangkan parkir resmi adalah parkir yang biasanya ada di hotel, mall, kampus, atau tempat yang disitu memang sudah ada petugasnya. Salah satu cirri-ciri tempat parkir aman adalah, kalau Anda mau keluar, Anda diminta untuk menunjukkan STNK motor Anda.

Untuk itu, parkirlah di tempat yang lebih safety.

2. Gampang diawasi

Kemudian, selain memilih lokasi parkir motor yang resmi, kalaupun Anda harus parkir ditempat yang tidak resmi, Anda bisa mengatasinya dengan menaruh motor Anda di tempat yang mudah diawasi. Usahakan, Anda sendiri juga bisa mengawasi motor Anda dari kejauhan.

3.Kunci tambahan

Meskipun sedikit ribet, tapi kunci tambahan ini sangat diperlukan. Sebut saja kunci roda, kunci stang, alarm, gembok, rantai, dan lainnya. Ada banyak sekali kunci pengaman tambahan yang dapat Anda gunakan untuk keamanan motor Anda.

4.Pengaman pada hubungan listrik

Kami pikir, memutuskan hubungan arus listrik adalah cara yang paling aman. Soalnya, kalau hubungan kelistrikan pada kendaraan Anda sudah dimatikan, maka pelaku curanmor udah nggak akan bisa berkutik, walaupun mereka sudah bawa cairan setan.

5. Lindungi motor Anda dengan Cover Super

Nah, kalau motor Anda sudah dibungkus dengan Cover Super, secara psikologis, si pelaku udah ‘menyerah’ duluan kalau mau mencuri motor Hehehe. Mereka akan takut membuka motor yang terbungkus.

Oke. Itu dulu tips dari Cover Super. Semoga bermanfaat. Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah!

 

Sumber : Cover Super

Ikuti tulisan menarik Wardoyo Suwardoyo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler