x

Iklan

Ariyo Rizky Valentino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 September 2022

Minggu, 21 Mei 2023 17:26 WIB

Apakah Teknologi akan Mengubah Masa Depan Pendidikan?

Teknologi yang berkembang sangat cepat tentunya akan sangat merubah sebuah pendidikan di suatu negara, entah menjadikannya lebih baik atau kurang baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai pelajar yang baru saja lulus dari bangku sekolah, saya baru menyadari tentang bagaimana pendidikan yang akan terjadi di masa depan, dan bagaimana itu akan terjadi. Pendidikan telah berjalan jauh, dari tata ruang kelas tradisional hingga pembelajaran daring/online, dan sangat jelas bahwa teknologi telah memainkan peran penting dalam perkembangan ini.

 

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dikutip dari pinhome.id(sertakan link), berdasarkan apa yang telah disampaikan pada Undang-Undang Negara Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, berdasarkan fakta, apakah semua itu sudah terwujud?

 

Mari kita lihat beberapa fakta pendidikan yang sebenarnya terjadi di negara kita, beberapa diantaranya adalah:

  1. Fasilitas pendidikan yang belum merata.
  2. pengembangan SDM yang tidak merata 
  3. Kualitas tenaga pengajar yang belum mumpuni dan tidak merata
  4. Pendidikan di Indonesia timur yang sangat memprihatinkan
  5. Kesadaran masyarakat akan pendidikan yang rendah

Tentunya itu adalah beberapa fakta negatif dari pendidikan yang terjadi di negara kita. Dan kemungkinan besar fakta positif yang terjadi mungkin jauh lebih baik daripada fakta negatifnya.

 

Peran AI Dalam Pendidikan

 

Kecerdasan buatan (AI) berpotensi mengubah pendidikan dengan kemampuannya menganalisis data dan memberikan wawasan ke dalam pembelajaran. Kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan untuk mempersonalisasi pembelajaran, mengidentifikasi area di mana siswa kesulitan, dan memberikan solusi untuk mendukung pembelajaran siswa.

 

Pendekatan ini berpotensi meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan, menjadikannya lebih mudah diakses dan terjangkau.

 

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pendidikan di Masa Depan?

 

Untuk mempersiapkan masa depan pendidikan, kita perlu memulai dengan merangkul inovasi dan teknologi. Kita harus terbuka terhadap pendekatan baru dalam pengajaran dan pembelajaran, serta bersedia bereksperimen dengan teknologi dan metode pengajaran baru.

 

Pendidikan di masa depan juga akan membutuhkan persiapan yang berbeda dari yang diperlukan saat ini. Beberapa hal yang mungkin perlu dipersiapkan untuk pendidikan di masa depan adalah sebagai berikut:

 

  • Keterampilan Digital: Teknologi terus berkembang dan akan menjadi lebih dominan di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan diri untuk memanfaatkan teknologi dan mengasah keterampilan digital.
  • Pendidikan vokasional dan keahlian teknis: Di masa depan, pekerjaan yang memerlukan keterampilan teknis dan vokasional akan menjadi lebih banyak, sehingga penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan.
  • Kemampuan interpersonal: Kemampuan interpersonal seperti komunikasi dan kerja sama akan menjadi semakin penting di masa depan. Karena akan semakin banyak pekerjaan yang memerlukan kolaborasi dengan orang dari latar belakang yang bermacam-macam.
  • Kreatif dan inovatif: Di era digital dan globalisasi, keterampilan kreatif dan inovatif akan menjadi semakin penting untuk menyelesaikan masalah dan memenuhi permintaan pasar yang berubah. Penyelesaian masalah sangat dibutuhkan di era digital dan globalisasi yang semakin komplek.

 

Tentu, persiapan yang dibutuhkan untuk pendidikan di masa depan tidak terbatas. Kita juga perlu terus mengasah kemampuan kita untuk selalu mengikuti perkembangan dan menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman yang selalu berkembang.

 

Masa depan pendidikan sangat menarik, dan jelas sekali bahwa teknologi akan memainkan peran penting dalam transformasi ini. 

 

Namun, terlepas dari perubahan ini, guru akan terus memainkan peran penting dalam pendidikan, dan merupakan tanggung jawab guru untuk memastikan bahwa murid siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Seperti ucapan dari bapak pendidikan kita, "Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani."

 

Ikuti tulisan menarik Ariyo Rizky Valentino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler