x

Iklan

izmie san

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal Situs Arkeologi Misterius di Dunia

Situs arkeologi kuno memang sangat menawan. Bahkan, benda-benda purbakala tersebut masih saja menyimpan misteri hingga saat ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Situs arkeologi kuno memang sangat menawan. Bahkan, benda-benda purbakala tersebut masih saja menyimpan misteri hingga saat ini. Meninggalkan topik panas diskusi, selalu muncul di sampul-sampul majalah ilmu pengetahuan hingga melahirkan teori-teori baru yang menginspirasi. Apa saja penemuan arkeologi yang menawan itu. Berikut tujuh situs di dunia yang sangat menarik.

1. Atlantis

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kota Atlantis yang hilang ini diklaim telah ditemukan di Bahama, Kepulauan Yunani, Kuba bahkan Jepang. Sejarawan Yunani kuno, Plato pada 360 SM menjelaskan bahwa pulau mitologis ini memiliki kekuatan angkatan laut yang besar sebelum tenggelam akibat bencana.

Hingga saat ini para arkeolog tetap berdebat mengenai keberadaan lokasi yang paling masuk akal. Belum ada bukti definitif. Atlantis terus melibatkan imajinasi populer.

2. Stonehenge

Situs arkeologi ini adalah salah satu landmark paling terkenal di dunia. Cincin batu megalitik yang dibangun sekitar 4 ribu tahun lalu dan merupakan prestasi yang mengagumkan bagi orang-orang primitif. Tak ada teori pasti tentang penggunaan Stonehenge. Bangunan ini diduga digunakan sebagai observatorium astronomi maupun kuil penyembuhan.

3. Perangkap Binatang Kuno

Perangkap berupa dinding batu rendah yang melintang di gurun Israel, Mesir dan Yordania memiliki teka-teki hingga saat ini sejak ditemukan pada awal abad 20. Bentuknya seperti rantai garis hingga 64 kilometer. Oleh para ilmuwan, perangkap kuno ini dijuluki layang-layang.

Studi terbaru mengklaim bahwa fungsi perangkap ini adalah untuk menggiring hewan liar menuju lubang kecil sehingga mereka dengan mudah dibunuh dalam jumlah yang besar. Teknis yang efisien ini menunjukkan bahwa pemburu lokal sangat tahu lebih banyak perilaku fauna lokal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

4. Antikythera

Benda arkeologi ini ditemukan di reruntuhan kapal kargo Yunani yang berumur 2 ribu tahun. Artefak perunggu melingkar ini berisi labirin bergigi dan memiliki karakter yang misterius di seluruh permukaannya.

Awalnya, benda ini diduga sebagai alat navigasi. Tetapi arkeolog terus mengungkap kegunaannya. Saat ini diketahui bahwa artefak ini adalah kalender astronomi yang sangat rumit.

5. Garis Nazca

Jika dilihat di tanah, garis ini sama sekali tak menarik. Tetapi jika dilihat dari udara seperti pertama kali ditemukan oleh pesawat komersial pada tahun 1920-an dan 1930-an, sangat mengejutkan.

Ada ratusan jumlahnya, mulai dari garis-garis geometris yang menggambarkan rumitnya hewan, tumbuhan maupun tokoh imajiner. Karya ini dibuat lebih dari 2 ribu tahun lalu oleh masyarakat peradaban pra-Inca Nazca.

Hanya saja mengapa mereka melakukannya, ini tetap menjadi misteri. Bahkan teori konspirasi mengatakan bahwa artefak ini digunakan sebagai pendaratan alien juga sebagai astrologi kuno. Beberapa arkeolog meyakini bahwa hasil karya tersebut adalah metode komunikasi ritual dengan dewa Nazca pada saat itu.

6. Piramida Mesir

Piramida besar Mesir memang sangat menarik. Ini dibangun hampir 5 ribu tahun yang lalu. Piramida terbesar yaitu Khufu sangat mendominasi situs. Piramida ini adalah bukti pernghormatan orang-orang Mesir kuno kepada Firaun. Hingga saat ini para arkeolog masih menemukan terowongan baru dalam piramida. Tentu saja, ini memancing para arkeolog untuk memecahkan misteri artefak tersebut.

7. Gobekli Tepe

Gobekli Tepe dianggap tempat ibadah tertua di dunia yang ditemukan di sebuah pedesaan Turki. Situs ini berupa pilar batu besar dengan gambar hewan pada abad 10 SM. Namun bukti-bukti juga menunjukkan bahwa orang-orang yang membangunnya adalah pemburu semi-nomaden yang mungkin tidak menyadari adanya pertanian.

Namun, lagi-lagi belum ada satu ilmuwanpun yang bisa memastikan fungsi bangunan ini. Tetapi anggapan umum bahwa situs ini adalah peninggalan zaman neolithikum.

Ikuti tulisan menarik izmie san lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB