x

Dokumnetasi Kegiatan Semilar Ecoprint (Sumber: instagram.com/semilir.ecoprint)

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Kamis, 25 Mei 2023 10:42 WIB

Inovasi Eco Fashion Bawa Alfira Oktaviani Jadi Pemenang Kewirausahaan SIA 2022, Kamu Juga Bisa!

Melalui inovasi bisnis yang luar biasa, Alfira Oktaviani menangi Satu Indonesia Awards 2022. Kamu juga bisa kok jadi salah satu pemenang SIA! Penasaran apa itu SIA dan bagaimana referensi pemenang di tahun 2022? Baca artikel berikut sampai habis, yuk!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ecoprint adalah teknik mentransfer bentuk dan warna daun asli ke media kain melalui kontak langsung.

Usaha eco fashion bernama Semilir Ecoprint yang didirikan oleh Alfira Oktaviani menggunakan teknik ini untuk memperkenalkan budaya fesyen berkelanjutan yang ramah lingkungan di Indonesia.

Sejak berdiri pada Januari 2018, Semilir Ecoprint berhasil menciptakan produk-produk unik dengan menggabungkan kekayaan flora Indonesia dan warisan budaya dalam industri fesyen. 

Mengenalkan Semilir Ecoprint: Brand Eco Fashion dengan Budaya Berkelanjutan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semilir Ecoprint, brand eco fashion yang digagas oleh Alfira Oktaviani telah menjadi ikon dalam industri fesyen berkelanjutan di Indonesia. Tujuan utama Semilir adalah memperkenalkan budaya fesyen yang ramah lingkungan melalui teknik ecoprint.

Dengan memanfaatkan dedaunan sebagai motif khas, Semilir berhasil menciptakan produk fesyen yang memadukan warisan budaya Indonesia dalam setiap desainnya.

Salah satu keunggulan Semilir adalah penggunaan kulit kayu lantung Bengkulu dalam proses ecoprint, yang menciptakan karya seni fesyen yang ramah lingkungan dan unik.

Teknik Ecoprint: Menjelajahi Kekayaan Flora Indonesia Melalui Fesyen

Teknik ecoprint yang digunakan oleh Semilir Ecoprint memanfaatkan warna dan motif dari daun asli. Proses pembuatannya yang ramah lingkungan menjadikan ecoprint sebagai produk fesyen yang berkelanjutan.

Dalam proses ini, kulit kayu lantung Bengkulu menjadi bahan utama yang diaplikasikan dengan teknik ecoprint untuk menciptakan motif dan warna yang khas.

Penggunaan kulit kayu lantung ini memberikan inovasi pada produk Semilir, menciptakan refleksi artistik dari keharmonisan alam yang ramah lingkungan.

Alfira Oktaviani: Dari Mompreneur Muda hingga Sukses di Dunia Eco Fashion

Alfira Oktaviani, pendiri Semilir Ecoprint, adalah seorang mompreneur muda yang telah mencapai kesuksesan di dunia eco fashion.

Ia memulai perjalanan bisnisnya pada Januari 2018 dengan tujuan untuk menciptakan produk fesyen yang ramah lingkungan dan mempromosikan kekayaan flora Indonesia.

Dengan dedikasi dan kreativitasnya, Alfira berhasil mengembangkan Semilir Ecoprint menjadi sebuah brand yang diakui dan diapresiasi dalam industri fesyen berkelanjutan.

Alfira memiliki visi yang kuat untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya fesyen berkelanjutan dan dampak positifnya terhadap lingkungan.

Melalui Semilir Ecoprint, ia tidak hanya menciptakan produk fesyen yang indah dan unik, tetapi juga menyampaikan pesan tentang kelestarian lingkungan dan keanekaragaman budaya Indonesia.

Kesuksesan Alfira sebagai seorang mompreneur muda menjadi inspirasi bagi banyak orang yang tertarik untuk terlibat dalam industri eco fashion.

Semilir Ecoprint: Mengubah Kulit Kayu Lantung Bengkulu Menjadi Karya Seni Fesyen

Salah satu keunikan dari Semilir Ecoprint adalah penggunaan kulit kayu lantung Bengkulu sebagai bahan utama dalam proses ecoprint.

Kulit kayu lantung merupakan limbah dari industri mebel yang biasanya dibuang. Namun, Alfira melihat potensi dalam bahan ini dan mengubahnya menjadi karya seni fesyen yang bernilai.

Proses ecoprint yang dilakukan oleh Semilir Ecoprint menghasilkan motif dan warna yang unik, mencerminkan keindahan dan keanekaragaman alam Indonesia.

Dengan memanfaatkan kulit kayu lantung Bengkulu, Semilir Ecoprint tidak hanya mengurangi limbah industri, tetapi juga memberikan nilai tambah kepada bahan tersebut.

Produk-produk Semilir Ecoprint menjadi bukti bahwa fesyen berkelanjutan dapat menjadi sumber inspirasi dan inovasi yang tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga bertanggung jawab secara lingkungan.

Menyebarkan Pesan Eco Fashion: Pameran, Workshop, dan Pemberdayaan Masyarakat

Selain menciptakan produk fesyen berkelanjutan, Semilir Ecoprint juga aktif dalam menyebarkan pesan tentang eco fashion melalui pameran, workshop, dan pemberdayaan masyarakat.

Alfira Oktaviani percaya bahwa edukasi dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan melalui fesyen yang berkelanjutan.

Semilir Ecoprint sering berpartisipasi dalam pameran fesyen dan acara seni untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas.

Mereka juga mengadakan workshop ecoprint yang melibatkan masyarakat, termasuk para pelaku usaha kecil dan ibu rumah tangga, untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan produk fesyen berkelanjutan.

Melalui upaya ini, Semilir Ecoprint tidak hanya menginspirasi dan mengedukasi masyarakat tentang eco fashion, tetapi juga memberdayakan mereka untuk menjadi bagian dari gerakan fesyen yang berkelanjutan.

Kesuksesan Alfira Oktaviani dan Semilir Ecoprint adalah contoh nyata bagaimana seseorang dapat mencapai kesuksesan di dunia eco fashion dengan dedikasi, kreativitas, dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan.

Melalui produk-produk fesyennya yang unik dan edukasi yang dilakukan, mereka mampu memberikan dampak positif dalam mendorong perubahan menuju industri fesyen yang lebih berkelanjutan.

Satu Indonesia Awards (SIA) 2022 Menjadi Ajang Penganugerahaan Semilir Ecoprint

Prestasi Semilir Ecoprint semakin bersinar di tahun 2022 dengan meraih penghargaan bergengsi dalam acara Satu Indonesia Awards (SIA) 2022.

Penghargaan tersebut menjadi tonggak sejarah bagi Alfira Oktaviani dan timnya, yang telah berdedikasi dalam menciptakan produk fesyen ramah lingkungan yang menginspirasi.

SIA 2022 mengakui upaya Semilir Ecoprint dalam memanfaatkan teknologi ecoprinting untuk menghasilkan karya seni fesyen yang unik dan berkelanjutan. 

Penghargaan ini memperkuat posisi Semilir Ecoprint sebagai pelopor dalam industri fesyen ramah lingkungan di Indonesia.

Kamu Juga Bisa Jadi Alfira Oktaviani dengan Mengikuti Satu Indonesia Awards (SIA) 2023

Jika kamu memiliki program atau usaha yang juga luar biasa, maka Satu Indonesia Awards (SIA) 2023 menjadi ajang yang cocok untuk kamu ikuti

Satu Indonesia Awards (SIA) membuka pintu bagi para calon pengusaha muda dan pelaku industri yang memiliki visi untuk menciptakan dampak positif pada masyarakat.

Dengan mengikuti SIA 2023, kamu memiliki peluang untuk memamerkan ide dan produk fesyen inovatif yang ramah lingkungan serta berpotensi mengubah paradigma industri.

SIA 2023 bukan hanya sekadar ajang penganugerahan, tetapi juga menjadi platform untuk memperluas jaringan, mendapatkan pengakuan, dan mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk mewujudkan aspirasi dan cita-cita dalam fesyen berkelanjutan.

Bergabunglah dengan SIA 2023 dan jadilah pionir dalam mendorong perkembangan industri fesyen Indonesia yang berkelanjutan dan berdampak positif.

Informasi lebih lanjut dapat diakses pada web SIA 2023 yang beralamat di https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/

 

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler