x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Selasa, 30 Mei 2023 14:58 WIB

Mendidik Masyarakat Polewali Mandar, Hasan Mendapat Penghargaan SATU Indonesia Award

Hasan adalah sosok inspiratif yang memiliki kontribusi sangat positif untuk Indonesia, khususnya untuk masyarakat Polewali Mandar, propinsi Sulawesi Barat.  Karena kontribusinya itulah Hasan mendapatkan peghargaan SATU Indonesia award pada tahun 2022.  Seperti apa kiprahnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hasan adalah sosok inspiratif yang memiliki kontribusi sangat positif untuk Indonesia, khususnya untuk masyarakat Polewali Mandar, propinsi Sulawesi Barat.   Karena kontribusinya itulah Hasan mendapatkan peghargaan SATU Indonesia award pada tahun 2022.  Seperti apa kiprahnya?

Untuk memenuhi rasa penasaran kalian, saya sudah menghubungi Hasan melalui aplikasi Whattsapp. Saya mengenalkan diri lalu meminta kesediaannya untuk menjawab pertanyaan.  Berikut ini wawancara saya dengan Hasan seputar kegiatannya.

BU adalah inisial nama saya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

BU            : Mengapa mas Hasan tertarik ikut Satu Indonesia award?

Hasan        : Saya tertarik mengikuti SATU Indonesia karena sejalan dengan tagline dari SATU Indonesia yaitu Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama.

Bagi saya Satu Indonesia Hadir sebagai wadah yang memberikan apresiasi kepada para pemuda berprestasi yang telah  memberikan kontribusi bagi masyarakat baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan beberapa kategori lainnya.

BU            : Apa kegiatan utama yang sedang berjalan saat ini?

Hasan        : Program yang kami ikutkan dalam SATU Indonesia Adalah Kampung Pendidikan.

Ada dua program utama yang sedang  berjalan di Kampung Pendidikan yaitu Didik Kampung dan Didik Masyarakat. Program Didik Kampung, antara lain, menghiasi kampung dengan suasana pendidikan seperti memasang papan pendidikan di depan rumah setiap masyarakat, membuat perpustakaan kampung dan Vespa Pustaka serta memasang tempat-tempat belajar di sepanjang jalan.

Sedangkan untuk Program Didik Masyarakat terdapat enam kelas peminatan diantaranya: Kelas Agama (Belajar Dakwah dan Mengaji), Kelas Bahasa (Belajar bahasa Inggris dan Arab), Kelas Bemain (Permainan Tradisional) Kelas Pengabdian (mengajak siswa melakukan kegiatan Sosial) Kelas Keaksaraan (Baca Tulis untuk  untuk masyarakat yang buta huruf) Kelas Bakat (Belajar Tari, Musik, Komputer dan beberapa skill yang lainnya).

BU            : Berapa orang yang ikut belajar?

Hasan        : Peserta yang terdaftar di data base Sebagai peserta didik sebanyak seratus tujuhpuluh lima orang sampai saat ini yang terdiri dari Usia Siswa Sekolah dasar dan Siswa Sekolah Menangah Pertama.

 

BU            : Berapa orang trainernya?

Hasan        : Trainer/Pengajar yang ada di Kampung Pendidikan Sebanyak tigabelas orang.  Para trainer ini kami sebut coach.  Para trainer ini ada yang masih SMA, Mahasiswa, dan Guru.  Jadi mereka  ada tingkatan dalam jenjang karir sebagai coach.

 

BU            : Apakah kendala yang dihadapi?

Hasan        : Selama berjalannya program kampung pendidikan sejak tahun 2018 sampai saat ini, kendala yang kami hadapi lebih mengarah kepada anggaran.

Setiap bulannya para pengurus harus memaksimalkan anggaran dari donatur yg tidak terikat karena semua aktivitas belajar peserta didik dilakukan secara gratis.

Animo masyarakat yg semakin tinggi untuk belajar, memaksa para pengurus untuk terus memberikan pelayanan terbaik di tengah keterbatasan anggaran.

 

BU            : Apakah dukungan yang diharapkan dari pemerintah dan masyarakat?

Hasan        : Sebagai pengelola lembaga Kampung Pendidikan kami berharap penuh kepada pemerintah bahwa hadirnya Kampung pendidikan dalam memberikan layanan pendidikan gratis yang berkualitas di tengah masyarakat harus mendapat perhatian dan dukungan.

Alhamdulillah tahun 2022 pemerintah provinsi Sulawesi Barat melalui  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak telah memberikan bantuan berupa dana untuk pembangunan sekretariat.

Hal ini patut disyukuri namun kami tetap mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk bisa melengkapi kebutuhan sarana dalam menunjang proses pembelajaran yang dilakukan  setiap harinya. kami yakin dengan support yang baik dari segala pihak maka program kampung pendidikan akan mampu menjawab ketertinggalan pengetahuan masyarakat yang ada di Kampung- Kampung Karena  segala programnya sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

BU            : Apa rencana kegiatan di masa depan?

Hasan        : Rencana Program Kampung Pendidikan di masa yang akan datang adalah ingin hadir di kampung-kampung yang ada di Sulawesi Barat pada khususnya dan di Indonesia Pada umumnya dengan cara membuka Rekrutmen Volunter.

Dengan adanya Program Kampung Pendidikan yang dekat dengan masyarakat, maka kami percaya bahwa ketertinggalan pendidikan kita dapat diminimalisir.

Namun tentunya hal ini membutuhkan banyak dukungan baik dari sarana prasarana dan anggaran.  Kami yakin tidak ada yang mustahil untuk dapat mewujudkan rencana  ini di masa yang akan datang karena kami sudah memiliki konsep.

 

BU            : Berapa orang yang sudah lulus dari kegiatan ini?

Hasan        : Ketegori kelulusan yang ada di Kampung Pendidikan dinilai dari usia peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah menengah Pertama.

Setelah mereka selesai sekolah Menengah Pertama maka Proses pembelajaran juga selesai dan selanjutnya mereka menjadi coach.

 

Jadi adapun yang sudah mengikuti pembelajaran atau yang lulus sebanyak tigapuluh lima  anak.

Namun yang menjadi coach hanya tiga orang karena melanjutkan pendidikan SMA dekat dari kampung.

Selebihnya mereka melanjutkan pendidikan SMA nya dengan Masuk dipesentren yang jauh dari Kampung.

 

BU            : DI mana saja kegiatannya?

Hasan        : Untuk Pelaksanaan Program ini terpusat di Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kab. Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.

Namun dalam sebulan,kami ada program studi tour mengunjugi beberapa instansi pemerintahan  dan beberapa tempat bersejarah di Polman.

 

BU            : Mas Hasan memenangi peghargaan Satu Indonesia award di tingkat propinsi atau nasional?

Hasan        : Untuk ketegori Penghargaan yang didapatkan berada pada tingkat Provinsi.

 

Di era Ketika orang kebanyakan memburu harta dan kuasa, Hasan justru memberikan layanan pendidikan gratis untuk masyarakat Polewali Mandar. Dia juga bercita cita meluaskan ke wilayah lain.   Sungguh cita cita sangat mulia yang patut kalian teladani.

 

Wahai kalian kaum milenial, jangan mau ketinggalan.  Berikan kontribusimu kepada bangsa dan negara Indonesia.  Segera orgasisasikan sumber sumber untuk berkontribusi pada satu masalah spesifik masyarakat.

Kalau kalian sudah punya kegiatan positif semacam ini segera daftarkan ke SATU Indonesia award.  Siapa tahu kalian bisa menginspirasi orang lain agar berkontribusi positif juga.

Keterangan selanjutnya sila kunjungi situs web SATU Indonesia award di:

https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/

  

 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler