x

Iklan

Demas Dewa Reswara

Ordinary Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Senin, 5 Juni 2023 08:11 WIB

Membuka Pintu Pendidikan di Indonesia Menggunakan Media Anime Jepang

Di Indonesia, popularitas anime terus berkembang pesat di kalangan anak muda. Namun, selain hiburan semata, anime juga memiliki potensi besar sebagai media edukasi yang menarik bagi generasi muda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anime merupakan animasi yang berasal dari Jepang. Saat ini Anime bisa dibilang menjadi fenomena global yang sangat mendunia, salah satunya negara tercinta kita, Indonesia yang tak luput dari efek Anime. Di Indonesia, popularitas anime terus berkembang pesat di kalangan anak muda, mulai dari anak SD hingga Mahasiswa.

Terlepas dari fungsi asli anime, ternyata anime memiliki potensi cukup besar sebagai media edukasi bagi generasi muda, karena dalam beberapa tahun terakhir ini, penggunaan anime dalam pembelajaran di Indonesia telah mulai diperkenalkan di beberapa sekolah. Terutama bagi sekolah yang mengajarkan bahasa Jepang, sejarah, budaya, dan nilai-nilai moral dari negara Jepang. Lalu, seperti apa fungsi anime yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran di Indonesia.

Salah satu manfaat anime dalam pembelajaran di Indonesia adalah kemampuan anime dalam memperkenalkan bahasa Jepang kepada para pelajar. Melalui anime, mereka dapat memahami penggunaan kosakata, tata bahasa, dan tentu saja gaya bicara bahasa Jepang. Beberapa sekolah swasta di Indonesia telah memasukan anime ke dalam salah satu bab pembelajaran mereka di mata pelajar bahasa Jepang. Cara ini bisa dibilang menarik perhatian dari siswa dikarenakan metode pembawaan materi tidak membosankan dan tentu saja menyenangkan bagi mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain sebagai media untuk mempelajari bahasa Jepang. Anime juga bisa menjadi media pembelajaran moral bagi pelajar. Alasannya dikarenakan beberapa anime membawa pesan-pesan yang kuat tentang arti dari sebuah persahabatan, kerja keras, integritas, dan kedisiplinan. Dengan memahami hal tersebut, pelajar di Indonesia diharapkan dapat mencontoh perilaku-perilaku positif yang ada di dalam anime. 

Kesimpulannya, anime tidak selalu membawa dampak negatif, namun anime juga bisa membawa dampak positif bagi pelajar melalui pembawaan metode yang benar. Potensi anime sebagai alat pembelajaran yang menarik juga mungkin bisa dikembangkan oleh pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan dibandingkan sebelumnya. 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Demas Dewa Reswara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB