Kemajuan Teknologi Koran, Majalah dan Buku yang Menakjubkan

Selasa, 6 Juni 2023 19:48 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teknologi digital maju sagat pesat. Dampaknya sangat dahsyat. Buku, koran dan majalah terkena imbasnya. Penjualan versi cetak agak tersendat tapi ada juga sisi lain. Ada keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi ini. Sila ikuti terus.

Kemajuan Teknologi Koran, Majalah dan Buku Yang Menakjubkan

Bambang Udoyono

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kemajuan teknologi kekinian memang sungguh menakjubkan.  Siang ini sembari rebahan menikmati rehat siang saya membuka ponsel.  Selain membaca banyak pesan di wa saya juga menengok email.  Ada notifikasi untuk perpanjangan langganan sebuah koran.

 

Koran tersebut menawarkan diskon yang sangat signifikan. Saya hanya perlu membayar 100K untuk berlangganan edisi elektronik selama setahun. Itu sudah paket lengkap berbagai edisinya.

 

Tentu saja saya tertarik.  Hanya dengan mengklik beberapa kali klik saya sudah berlangganan koran itu  Kembali.  Kemarin saya melakukan hal yang sama untuk majalah Tempo yang sudah saya baca sejak jaman kuliah dulu.   Majalah ini juga menawarkan harga sangat murah, jauh lebih murah daripada versi cetaknya.

 

Bayangkan hanya dengan beberapa klik selama beberapa menit, sembari rebahan saya sudah bisa berlangganan setahun edisi elektronik.

 

Ada beberapa keuntungan yang saya dapatkan. Pertama diskon yang sangat besar.  Kedua cara membayar yang sangat mudah.  Ketiga cara mendapatkan yang sangat cepat.  Dulu Ketika belum ada edisi elekronik saya kalau  membelinya harus keluar rumah. 

 

Selain itu saya bisa menyimpan ratusan koran, majalah dan buku hnya dalam sebuah ponsel. Saya bisa membacanya  any time dan any where.

 

Bandingkan dengan edisi cetak. Tidak mungkin kita membawa ratusan koran, majalah dan buku ke mana mana. Repot sekali.

 

Buku juga mendapat berkah dari kemajuan teknologi kekinian ini.  Sekarang kalau mau traveling kita bisa membeli guide book alias buku panduan wisata yang versi elektronik.  Sembari duduk di bandara, di pesawat atau di bus Anda bisa membaca banyak sekali guide book yang dilengkapi dengan banyak foto cantik.

 

Itulah sebabnya buku baru saya yang judulnya Panduan Melancong ke Guangdong akan dibikin dalam bentuk ebook alias buku elektronik.  Manfaatnya untuk pembaca ya itu tadi. Ebook memudahkan pembacanya untuk membawa ke mana mana.  Anda hanya perlu membawa satu hp tapi Anda sudah bisa membawa ratusan ebook alias buku elektronik.

 

Karena kemudahannya tersebut maka saya yakin penjualan versi elektronik koran, majalah dan buku akan semakin meningkat.  Dalam pengamatan pribadi sepintas saja sudah jelas bahwa minat baca orang Indonesia kepada ponsel sangat tinggi. Memang apa yang mereka baca Sebagian besar masih pesan whattsapp saja. Hanya sebagian saja yang membaca koran, majalah atau buku. Tapi jumlahnya akan semakin meningkat.  Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti penjualan ebook akan melewati penjualan buku cetak.     

Bagikan Artikel Ini
img-content
Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua