x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Rabu, 7 Juni 2023 13:33 WIB

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

Disini kami akan mencoba Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang tidak muncul apakah sinyal tiba-tiba hilang atau sim card terbaca tapi tidak ada sinyal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Disini kami akan menyajikan cara mengatasi sinyal HP hilang tidak muncul. Baik sinyal yang tiba-tiba hilang atau sim card terbaca tapi tidak ada sinyal. Topik ini kami hadirkan karena banyak pengguna ponsel android yang sering mencari cara untuk memperkuat sinyal di ponsel mereka. Sinyal lemah atau jaringan yang hilang muncul di ponsel android yang menjadi alasan pengguna ingin mengatasi ponsel tanpa layanan.

Kita disini akan memberikan cara mengatasi hp tanpa sinyal. Kita tidak perlu mengalami kebingungan jika tiba-tiba sinyal hp hilang total. Kami akan membahas tantang beberapa penyebab sinyal hp yang tiba-tiba hilang dan juga beserta langkah-langkah mengatasi masalah hp yang sulit masuk jaringan Berikut ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Langkah pertama yang perlu kita lakukan jika sinyal smartphone android sering hilang dengan sendirinya adalah memastikan ketersediaan tower sinyal di sekitar tempat kita berada. Perlu kita ketahui bahwa wajar jika jaringan ponsel tidak bisa penuh jika tidak ada menara sinyal di sekitar kita. ponsel error.

Penyebab daya tangkap sinyal menjadi lemah pada perangkat ini bisa disebabkan oleh kesalahan yang terjadi pada ponsel android yang terjatuh. Benturan keras saat jatuh dari ketinggian bisa jadi penyebab kuningan penangkap sinyal bergeser atau masalah hp tidak bisa membaca memori penyimpanan.

Setingan Pengaturan 

biasanya jika kita ingin mendapatkan kecepatan internet kita akan mengubah pengaturan sinyal dalam mode sinyal 4G Only. Tapi mungkinjika kita berada di tempat yang tidak memiliki jangkauan sinyal 4G maka ponsel akan terus mencari/mencari sinyal. Untuk itu kita perlu melakukan perubahan untuk bisa kembali ke pengaturan sebelumnya. Agar ponsel android dapat mendeteksi jaringan secara otomatis, kita perlu melakukan pengaturan berikut:

Masuk ke halaman pilih menu Pengaturan >> Jaringan Seluler >> Pilih Mode Jaringan "WSDMA / GSM" (koneksi otomatis).

Ada juga Faktor - faktor yang dapat membuat sinyal hp hilang dan juga tampil kembali adalah masalah yang terjadi pada layanan operator jaringan. Jaringan yang tidak beraturan yang terjadi karena program yang error tentu itu akan mengakibatkan sinyal naik turun pada smartphone kita.

Faktor Cuaca

Sinyal yang tidak stabil bahkan juga bisa menjadi lemah, tidak bisa menangkap jaringan di hp juga bisa karena faktor cuaca yang ekstrim. Maka tidak heran jika kita lebih baik tidak menggunakan smartphone Android saat cuaca sedang hujan deras disertai angin kencang.

Kerusakan hardware 

Setelah terjadi kemasukan air smartphone yang kita miliki aka kemungkinan terjadi tidak ada sinyal, maka ada kemungkinan kerusakan pada komponen penangkap sinyal. Hal ini dikarenakan alat tersebut tidak tahan air sehingga kemungkinan besar komponen tersebut rusak. 

Software yang Error

Perlu kita ketahui bahwa mengupdate software smartphone dengan versi terbaru tidak selalu merupakan tindakan yang baik. Sinyal hp android menjadi hilang tetapi dapat kembali tampil seperti semula ketika kita baru saja mengupdate versi OS android yang kita miliki.

Sebelumnya telah kita update bug pada software yang akan menjadi penyebab sinyal hp hilang setelah update os hp yang kita miliki. langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hilangnya sinyal total setelah memperbarui sistem android adalah dengan melakukan downgrade ke versi sebelumnya. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang yang tiba-tiba muncul dan hilang dengan mudah.

Mode pesawat

Cara paling mudah untuk mengatasi hp yang sinyalnya tiba-tiba hilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode). Dengan menyalakan mode pesawat, secara tidak langsung kita me-refresh HP yang kita miliki.

Mulai Ulang Ponsel Cerdas 

Mungkin dengan menggunakan cara yang pertama tadi kita belum bisa mengembalikan sinyal hp Android yang hilang maka kita perlu me-restart perangkat. Saat kita akan mematikan smartphone android yang kita miliki, pastikan ponsel dalam keadaan mati dan setelah itu lepas baterai ponsel selama beberapa detik sebelum kita hidupkan kembali.

Ubah Jaringan

Dimana sinyal 4G tidak muncul di hp dan yang kita lihat hanya jaringan 2G dan 3G Jika kita mengalami masalah seperti ini, maka mengubah mode jaringan perlu kita coba.

Masuk ke menu Setting > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan WSDMA/GSM (koneksi otomatis), cara ini cukup efektif untuk memperbaiki jaringan LTE yang tidak muncul karena sinyal yang terputus-putus.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang Bagaimana seperti yang dilansir link maxwin, semoga bermanfaat terimakasih

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB