x

Server sekolah banyak digunakan seiring revolusi industri 4.0 sekolah online. (Source: Adobe Stock Images)

Iklan

M Zawawi Basri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2023

Kamis, 8 Juni 2023 13:34 WIB

Penggunaan Teknologi Endpoint Security dalam Meningkatkan Keamanan dan Integritas Data pada Sistem Informasi di Kampus

Penggunaan Teknologi Endpoint Security dalam Meningkatkan Keamanan dan Integritas Data pada Sistem Informasi di Kampus

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penggunaan Teknologi Endpoint Security dalam Meningkatkan Keamanan dan Integritas Data pada Sistem Informasi di Kampus 

 

Muhammad Zawawi Basri – 2203015152 –Teknik Informatika – Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka – Penggunaan Endpoint Security dalam Meningkatkan Keamanan dan Integritas Data Pada Sistem Informasi Di Kampus 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Endpoint security atau keamanan endpoint adalah tindakan yang memberikan keamanan dan perlindungan terhadap perangkat pengguna akhir. Dalam hal ini untuk penggunaan desktop, laptop, dan perangkat seluler yang bisa jadi menjadi incaran hacker. Dengan menerapkan endpoint security tentunya dapat menghindari dan mencegah tindakan tersebut. Menerapkan sistem keamanan endpoint membuat semuanya dapat terlindungi, baik itu dari jaringan yang digunakan dan clouds yang dimiliki. Adanya keamanan tersebut membuat perlindungan lebih terhadap tindak kejahatan siber atau cyber crime. Tentunya dengan penerapan teknologi yang terus berkembang dan beradaptasi. 

Endpoint bisa dikatakan sebagai pintu utama yang banyak diserang oleh para hacker dalam dunia kejahatan siber, karena memiliki kualitas keamanan yang rendah. Dengan begitu, penggunaan endpoint security menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki. Sehingga dapat mengantisipasi dan menghindari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Menerapkan endpoint security membuat semua akses yang tidak berizin dan ganjil akan lebih mudah untuk dideteksi. Tentunya dengan upaya pemblokiran dan mengoptimalkan perlindungan yang ada. Dengan demikian membuat segala data dan informasi yang penting dapat tetap aman dan terjaga. Berikut beberapa fungsi endpoint security. 

  1. Memberikan Perlindungan Berlapis

Penerapan endpoint security tidak hanya terfokus pada perlindungan permukaan saja, melainkan terdapat perlindungan yang berlapis. Sehingga database akan aman dari ancaman serangan siber. 

  1. Meningkatkan Produktivitas

Apabila seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan dapat bekerja dengan maksimal, maka tentu akan berbanding lurus dengan meningkatnya produktivitas kinerja. Karena apabila perangkat terkena serangan siber, maka kemungkinan besar perangkat tersebut tidak bisa Anda gunakan dulu hingga proses pemulihan selesai. 

  1. Sebagai Antisipasi Serangan Perangkat

Serangan pada perangkat endpoint memang menjadi salah satu serangan siber yang paling banyak dilakukan. Karena umumnya, perangkat-perangkat tersebut memiliki kualitas keamanan yang rendah. Dengan endpoint security, maka setiap akses yang asing atau tidak berizin akan mudah untuk terdeteksi.  

 

  1. Menjaga Kredibilitas

Serangan siber terhadap perangkat Anda biasanya mengarah pada pencurian data dan informasi. Kemudian data tersebut disalahgunakan seperti adanya jual beli data dan informasi sensitif. 

 

Sistem informasi di lingkungan kampus mengandung berbagai jenis data sensitif, termasuk data pribadi mahasiswa, informasi keuangan, dan data penelitian. Tantangan keamanan dan integritas data dalam sistem informasi kampus semakin kompleks dengan berkembangnya ancaman keamanan siber. Namun, tantangan seperti kompleksitas implementasi dan biaya yang terkait perlu diperhatikan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas penggunaan teknologi endpoint security dalam meningkatkan keamanan dan integritas data pada sistem informasi di kampus. 

 <--more-->

Sistem informasi di kampus mengandung berbagai jenis data sensitif, termasuk data pribadi mahasiswa, informasi keuangan, dan data penelitian. Dalam lingkungan yang terhubung secara jaringan dan rentan terhadap ancaman keamanan siber, keamanan dan integritas data menjadi perhatian utama. Teknologi endpoint security telah muncul sebagai solusi yang efektif untuk melindungi sistem informasi dan data di tingkat endpoint. Namun, evaluasi menyeluruh tentang implementasi dan manfaat teknologi ini dalam konteks kampus masih perlu dilakukan. 

 

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi endpoint security dalam meningkatkan keamanan dan integritas data pada sistem informasi di kampus. 

Teknologi ini digunakan untuk melindungi perangkat endpoint, seperti komputer dan laptop mahasiswa dan staf, dari ancaman keamanan siber. 

 

Implementasi teknologi endpoint security dapat memberikan manfaat yang signifikan. Pertama, teknologi ini melindungi data sensitif dari serangan malware dan virus yang dapat mengakibatkan kerugian dan kebocoran data. Kedua, teknologi endpoint security memantau dan mendeteksi aktivitas mencurigakan pada perangkat endpoint, sehingga memungkinkan respons cepat terhadap serangan yang potensial. Ketiga, teknologi ini memperkuat lapisan keamanan di tingkat endpoint, sehingga meningkatkan keamanan keseluruhan sistem informasi di kampus. 

 

Meskipun memiliki manfaat yang signifikan, implementasi teknologi endpoint security juga menghadapi beberapa keterbatasan dan tantangan. Kompleksitas implementasi dan konfigurasi teknologi ini dapat menjadi tantangan yang perlu diatasi. Selain itu, biaya dan sumber daya yang terkait juga harus dipertimbangkan. 

 

Daftar Pustaka: 

[1] Mengenal Lebih Jauh Tentang Endpoint Security 

https://www.pcman.co.id/security-it/endpoint-security/ 

[2] Endpoint Security: Proteksi Keamanan 

https://www.deltadatamandiri.com/post/endpoint-security-proteksi-keamanan-dalam-keberlangsungan-bisnis 

Ikuti tulisan menarik M Zawawi Basri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB