x

Taman air tirta gangga Bali yang unik dan menaril serta ekostis

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Senin, 12 Juni 2023 07:05 WIB

Menikmati Keindahan Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali yang Ekostis

Bali, pulau para dewata yang penuh dengan berbagi tempat unik dan menarik. Sehingga selalu memanjakan para pengunjungnya dengan keeksotisan alamnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bali selain dikenal dengan keindahan alam yang luar biasa juga terkenal dengan keunikan bangunan-bangunannya. Salah satu yang terkenal dan menjadi favorit adalah obyek Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali yang terletak di kabupaten Karangasem,  Bali. Taman ini pantas untuk anda jadikan tujuan wisata saat berkunjung dan berlibur ke Pulau Bali.

Berwisata di sebuah taman air sembari bersantai dengan menikmati keindahan dan panorama alam dapat menjadi pengalaman liburan yang mengasyikan. Salah satunya yang patut anda kunjungi adalah wisata taman Air Tirta Gangga Bali yang merupakan taman peninggalan kerajaan Karangasem di Bali. 

Dalam catatan sejarahnya taman air ini di buat pada tahun 1946 pada masa pemerintahan raja Karangasem yang bernama, anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Kedekatan budaya masyarakat Hindu Bali dengan budaya India, sehingga penamaan taman ini  diambil dari sungai Gangga yang di sucikan di India. Tirta Gangga itu sendiri bermakna air yang memberikan kehidupan bagi manusia. Jadi Taman Air Tirta Gangga merupakan tempat yang dianggap suci masyarakat Bali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah untuk anda yang hendak mengunjungi Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali ini sangat mudah. Lokasinya berada di jalan Abang Amlapura, desa Ababi, kecamatan Abang dan berjarak 81.7 km dari bandara Ngurah Rai atau kurang lebih 2 jam dari arah pantai dekat bandara. 

Meski pernah hancur akibat letusan Gunung Agung di tahun 1963, taman air ini berhasil dipugar kembali dan menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara hingga saat ini. Selain dapat menikmati keindahan alam dari taman air dengan keunikannya. Taman ini  juga dikenal sebagai  tempat pemandian yang disakralkan masyarakat Bali.

Dengan lahan seluas 1.2 hektar dan membentang dari timur ke barat di kaki Gunung Agung, sehingga mempengaruhi kondisi alam Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali yang asri dan sejuk.  Terdapat 3 tingkatan bagunan di taman Tirta Gangga yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • Bangunan pertama merupakan bangunan tertinggi yang terdapat mata air  Rajasa yang letaknya di bawah pohon Beringin.
  • Bangunan kedua berupa kolam renang untuk umum dan dewasa
  • Bangunan ketiga merupakan bangunan yang paling bawah terdapat kolam hias dan air mancur

Suasananya yang tenang dan membawa kedamaian ini  akan membuat para wisatawan menjadi lebih betah dan nyaman, kala berkunjung di taman ini. Berbagai menu masakan yang mengundang selera makan pun banyak disajikan dengan istimewa di beberapa restoran dan warung makan yang juga berlokasi di sekitar taman ini. Selain itu juga banyak fasilitas penginapan dan toko souvenir maupun oleh-oleh yang menarik dan tersedia dengan harga relatif terjangkau.

Obyek wisata taman ini akan buka setiap  hari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Dengan tiket masuk Wisata Taman Air Tirta Gangga Bali sebesar 25 ribu rupiah per orang,  maka sejak memasuki gerbang utama pengunjung akan disambut oleh beberapa patung dewa dan dewi  yang berjajar rapi di kolam ikan.  Jika pengunjung memperhatikan ke dalam kolam, airnya akan tampak berkilauan yang disebabkan pantulan sinar matahari ke dalam kolam tersebut. Fenomena itu terjadi karena beberapa ikan mas berukuran besar yang menghiasi kolam tersebut.

Pengunjung dapat berjalan mendekati patung dewa dan dewi tersebut dengan berjalan di atas batu yang disusun seperti jembatan. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat selfie atau untuk pre-wedding, dengan latar belakang patung dewa dan dewi.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini