x

foto gedung gereja kampung mlaswat

Iklan

EWIL M. WOLOIN

Writer
Bergabung Sejak: 15 Juni 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 13:58 WIB

Potret Kehidupan Warga Kampung Mlaswat, Sorong Selatan

Kampung Mlaswat yang di singkat menjadi Kamlas, adalah bagian dari kampung–kampung yang berada di wilayah Distrik Saifi Kabupaten Sorong Selatan. Kampung Mlaswat dijuluki pintu Gerbang Saifi dan dilintasi jalan raya utama srer-sisir yang menghubungkan beberapa kampung lainnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ilustrasi kampung/desa foto: Desa Wonorejo

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mlaswa, - Kampung Mlaswat yang di singkat menjadi Kamlas, adalah bagian dari kampung–kampung yang berada di wilayah Distrik Saifi Kabupaten Sorong Selatan. Kampung Mlaswat dijuluki pintu Gerbang Saifi dan dilintasi jalan raya utama srer-sisir yang menghubungkan beberapa kampung lainnya.

 

Aktifitas sehari-hari warga masyarakat Kampung Mlaswat adalah menokok sagu, berkebun, mengolah kayu, berburu di hutan dan juga ada yang sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menokok sagu sudah menjadi bagian keseharian. Warga menokok sagu untuk memenuhi sebagai kebutuhan ekonomi. Mereka yang berkebun, akan membawa hasil kebunnya ke pasar kota Teminabuan.

Jarak tempuh antara Kampung Mlaswat dengan laut tempat mencari ikan, kira-kira 1 sampai 2 jam jalan kaki. Ini yang membuat sebagian besar masyarakat kampung jarang sekali mencari ikan di laut. Mereka lebih memilih mencari ikan, udang-udang besar dan udang batu kecil (Kbin) di kolam atau kali yang ada di daratan. Alat yang digunakan masyarakat untuk menangkap ikan, udang berupa tanggu (Tho) yang dibuat dari anyaman kulit kayu yang biasa disebut masyarakat adalah tali kayu genemo.

 

Ikuti tulisan menarik EWIL M. WOLOIN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB