x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Senin, 3 Juli 2023 20:51 WIB

Cara Cepat Memperbaiki Tape Mobil yang Tak Keluar Suaranya

Untuk mengurangi kejenuhan dalam berkendaraan, mendengarkan musik atau lagu menjadi pilihan yang mengasyikkan. Namun ketika tape mobil tersebut tidak mengeluarkan suara sperti yang diinginkan, itu dapat mengurangi kenyamanan selama berkendaraan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat mengendarai mobil akan semakin mengasyikkan ketika ditemani musik atau lagu yang jadi kesukaannya. Apalagi jika berkendara untuk jarak yang cukup jauh, tentunya dapat mengurangi kejenuhan selama perjalanan. Tetapi ketika terjadi gangguan atau kerusakan hingga audionya tidak bersuara, maka dibutuhkan cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara dengan cepat.

 

Pahami Dan Antisipasi Penyebabnya  Dengan Benar

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memahami kerja sistem audio dan permasalahan umum menjadi langkah penting untuk mengantisipasi penyebab kerusakannya. Sehingga paham cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara dengan cepat, tanpa membawanya ke bengkel. Kecuali, jika kerusakan audio-tapenya sudah sedemikian parah dan terpaksa di servis kepada ahlinya, sebagaimana berikut:

 

1. Waspada Akan Kesalahan Instalasi Sistem Audio

Kesalahan dalam menginstal sistem audio akan menyebabkan gangguan  dan apabila dibiarkan, kerusakan tersebut akan semakin parah. Kesalahan instalasi ini biasanya tidak langsung diketahui penyebabnya. Namun, secara pasti akan menyebabkan gangguan tidak adanya suaranya. Bahkan kerusakan pada komponen-komponennya  akan menyebabkan hubungan pendek.

 

Permasalahan grounding juga dapat memicu kerusakan pada sistem audio. Biasanya ditandai dengan suara yang merengek. Apabila dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan penguat amplifiernya terganggu dan mudah panas. Untuk itu perhatikan dengan cermat kabel arde-nya untuk mengantisipasi masalah grounding.

 

Cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara sebagai akibat kekeliruan dalam menginstal sistem audionya. Sebab, jika terjadi kesalahan, akan menyebabkan hubungan arus pendek, yang dapat jadi pemicu kebakaran. Maka, instalasi sistem audionya secara secara ulang dan hati-hati.

 

2. Kekeliruan Pemilihan Spesifikasi Komponen

kekeliruan spesifikasi komponen yang digunakan untuk sistem audionya, menjadi petaka bagi pemilik kendaraan tersebut.  Maka,  cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara, dengan memahami jenis komponen dan pilih yang sesuai dengan spesifikasinya.

 

Meskipun untuk komponen tersebut cenderung mahal, namun tetap harus dijadikan pilihannya. Kualitas kabel juga sering menjadi penyebab gangguan sistem audio. Untuk itu pilih kabel dan komponen lainnya yang berkualitas, sehingga sistem audionya aman dan dapat dinikmati dengan baik.

 

3. Waspadai Permasalahan Dengan Sistem Kelistrikan Mobil

Permasalahan yang biasa dihadapi pada sistem audio dan videonya. Dimulai dengan memahami accu yang jadi sumber daya listriknya. Perhatikan  konektor accu-nya, apabila kotor atau aus segera lakukan pembersihan. Sehingga arus listrik yang mengalir dari accu dapat stabil.

 

  1. Perhatikan Masuknya Debu Yang Mengganggu

Masuknya debu ke dalam mobil dapat mempengaruhi sistem audio. Dimulai menurunya kualitas komponennya yang mengakibatkan gangguan pada suaranya.  Kebersihan mobil secara keseluruhan sebaiknya sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten.

 

Perlu diketahui bahwasannya sistem audio di desain dengan penutup yang cukup rapat. Sehingga debu atau kotoran yang sudah terlanjur masuk, akan sulit dikeluarkan tanpa perlakukan khusus. Maka, langkah antisipasi perlu dilakukan dengan membersihkan komponen sistem audio, seperti; kabel, speaker, head hingga power unitnya.

 

5. Hindari Pemaksaan Saat Mematikan Atau Menyalakan

Perilaku yang dapat menjadi penyebab kerusakan pada sistem, bila melakukan pemaksaan ketika akan mematikan tape-nya. Untuk jangan terburu-buru langsung dimatikan kendaraannya. Sebelum  perangkat tapenya tersebut dimatikan terlebih dulu.

 

Begitu juga saat akan menghidupkan kembali kendaraan tersebut, jangan sampai nyala secara mendadak.  Untuk sebaiknya lakukan pengecekan pada perangkat audionya. Hentakan suara yang mendadak, dapat menyebab gangguan dalam sistem  audionya. 

 

Nah, beginilah cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara dengan cepat. Menjaga kebersihan dan perilaku untuk mencegah hal-hal yang dapat menjadi penyebab rusaknya sistem audio, sangat perlu dilakukan secara rutin dan berkala.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB