x

Ilustrasi

Iklan

maria hanum

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Juli 2023

Selasa, 4 Juli 2023 15:55 WIB

Kegiatan Fun Book Club Meningkatkan Semangat Literasi Berbahasa Inggris di Desa Rejowinangun


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana meningkatkan semangat literasi berbahasa Inggris anak-anak sekolah dasar di Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta melalui program kerja Fun Book Club yang sudah berjalan selama dua bulan dari minggu pertama bulan Mei hingga bulan Juni minggu kedua. Fun Book Club diadakan di Omah Sinau atau rumah belajar yang biasanya anak-anak setiap Senin malam berkumpul untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar.Program kerja Fun Book Club dimentori oleh 8 orang mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris UKDW yang setiap minggunya akan datang untuk mengajar di Omah Sinau.

Program kerja Fun Book Club bekerja sama dengan Kipin (Kios Pintar), mahasiswa PBI UKDW membawakan Kipin School 4.0 ke dalam pembelajaran Fun Book Club. Aplikasi Kipin School dapat diakses dengan berbagai macam gawai seperti laptop, handphone dan lain-lain sehingga memudahkan penggunanya untuk mengakses Kipin School dimana saja. Selain itu, aplikasi Kipin School sangat membantu untuk menunjang pembelajaran anak-anak sekolah dasar di Omah Sinau. Kipin School menyediakan banyak fitur-fitur yang dapat digunakan untuk anak-anak sekolahan. Contohnya seperti menyediakan berbagai buku pelajaran, latihan try out, komik literasi serta video-video untuk pembelajaran.

Manfaat dari aplikasi Kipin School untuk pembelajaran di Fun Book Club terasa dengan jelas. Salah satu nya saat pembelajaran minggu ketiga Fun Book Club, para mentor menggunakan salah satu fitur Kipin School yaitu buku pembelajaran alphabet yang berjudul “Mengenal Huruf ABC dalam bahasa inggris” untuk anak-anak yang mengikuti Fun Book Club pada hari itu. Buku itu juga menampilkan beberapa ilustrasi untuk menambah kesan menyenangkan yang sangat membantu untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu dengan adanya aplikasi Kipin School 4.0, anak-anak terlihat lebih antusias dalam mengikuti kegiatan Fun Book Club dikarenakan dengan adanya berbagai fitur canggih yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Contohnya dalam salah satu kegiatan pembelajaran Fun Book Club, para mahasiswa menunjukkan beberapa video dengan pesan moral dari aplikasi Kipin School untuk selingan hiburan di tengah pembelajaran bahasa Inggris anak-anak. Sehingga, anak-anak dapat menghilangkan rasa bosan dan kantuknya selama pembelajaran.

Ikuti tulisan menarik maria hanum lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu