x

Photo by Fox from Pexels: https://www.pexels.com/photo/group-of-people-watching-on-laptop-1595385/

Iklan

Ay

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2023

Rabu, 5 Juli 2023 21:28 WIB

Apa Saja Keahlian yang di Butuhkan untuk Magang

Tips bagi mahasiswa atau fresh graduate

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Magang adalah salah satu kegiatan yang digemari dan cenderung diincar oleh mahasiswa ataupun fresh graduate. Magang membuat kita menjadi mengenal dunia kerjas secara langsung dan merasakan sedikit beban kerja. Mengapa saya bilang sedikit? Karena tidak mungkin kita mendapatkan beban kerja secara penuh seperti pegawai di perusahaan itu. Tetapi tetap ada kemungkinan kita akan mendapatkan challenge dari atasan secara langsung.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi setelah magang di beberapa perusahaan BUMN dan menjadi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Dan akan ada beberapa tips dan platform yang akan saya bahas.

Beberapa skill yang dibutuhkan saat magang, antara lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Komunikatif

Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Terkadang para staff akan segan memberikan tugas apabila komunikasi kita kurang lancar. Tidak semua lingkungan perusahaan akan berusaha mengajarkan kita untuk membentuk kepribadian kita menjadi lebih baik. Jika kita menemukan mentor yang senantiasa mengajarkan kita baik terkait softskill atau hardskill itu merupakan sebuah keberuntungan.

Kita harus menjadi pihak yang berinisiatif untuk menanyakan apakah ada yang bisa kita bantu, dst. Biasanya saat kita diminta untuk membantu satu hal kita akan diajarkan cara mengerjakannya. Kita harus memaksimalkan kemampuan kita di waktu yang sedikit oleh karena itu kita harus bisa menjadi seseorang yang komunikatif dan yang berinisiatif.

2. Disiplin

Kedisiplinan merupakan kunci untuk menilai performa kita. Kehadiran yang tepat waktu atau jam kembali saat makan siang mungkin terlihat sepele tetapi ini menjadi kunci dalam atasan menilai kita apakah kita adalah orang yang tekun. Selain itu, lama kita dalam menyelesaikan tugas juga akan menunjukkan kecakapan kita dalam bekerja.

3. Basic Skill

Seringkali saat atasan ingin transfer tugas ke kita saat sibuk mereka kesulitan harus membagi fokus dikarenakan kita belum memiliki basic skill. Basic skill yang dimaksud ini adalah kemampuan kita menggunakan berbagai teknologi yang umum digunakan seperti Microsoft Excel. Ketika kita memiliki basic skill akan mempersingkat waktu bagi atasan dalam mengajarkan kita.

Semakin banyak basic skill yang kita miliki maka akan semakin baik. Seringkali ada tugas-tugas yang unpredictable dan dibutuhkan seperti design graphic untuk membuat flyer saat ada pegawai yang mutasi, sehingga kita harus bisa menggunakan aplikasi seperti Canva atau Photoshop. Contoh kecilnya, saya pernah diminta untuk membuat Quizziz untuk pre-test pegawai di  kantor cabang.

4. Keinginan untuk Belajar

Akan ada banyak hal yang asing yang akan kita temukan oleh karena itu dibutuhkan juga keinginan kita untuk banyak belajar hal baru dan tidak mudah menyerah. Banyak rintangan dan challenge yang kita hadapi, tetapi konsistensi dan survival skill kita akan menjadi hal yang sangat membantu untuk menyelesaikan semuanya.

Sebelum memulai hari saat magang tanamkan mindset bahwa kita akan belajar sama saat seperti kita kuliah ibaratkan kita adalah gelas kosong yang siap untuk diisi. Voila, kita akan mendapatkan banyak hal baru yang sudah kita pelajari di akhir.

Itu beberapa kemampuan yang saya rasa sangat penting dimiliki saat magang. Selanjutnya adalah beberapa platform yang menyediakan beberapa lowongan magang.

1. Kampus Merdeka

Program ini sangat bagus menurut saya dikarenakan kita menjadi memiliki akses untuk mendaftar di berbagai perusahaan dan posisi secara mudah. Selain itu persyaratannya juga sangat mudah diantaranya adalah, mahasiswa semester 3-5, menyiapkan transkrip dan CV.

2. Magenta

Magenta adalah magang generasi bertalenta yang diadakan oleh Kementrian BUMN yang bisa diakses oleh mahasiswa atau fresh graduate. Program ini menyediakan berbagai lowongan magang di perusahaan BUMN diseluruh Indonesia.

3. LinkedIn

Platform ini menjadi platform wajib bagi para pencari kerja. Tentu sudah tidak asing kan? Ada berbagai lowongan magang dan kerja di seluruh dunia dan berbagai posisi. Baik work from office atau remote.

Ada banyak pengalaman yang tidak kita duga akan kita dapatkan saat magang walaupun sulit untuk mendapatkan tempat yang akan menerima kita tetapi sangat worth it untuk dijalani. 

Ikuti tulisan menarik Ay lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu