x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memeriksa pasien dengan komplikasi Asam Urat

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Jumat, 7 Juli 2023 13:48 WIB

Bahaya Penyakit Antrax yang Sudah Membawa Korban Jiwa Manusia dan Sapi

Bahaya Penyakit Antrax yang Sudah Membawa Korban Jiwa Bagi Manusia dan Sapi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Warga Gunung Kidul gempar oleh temuan 87 hewan ternak sapi yang mati secara mendadak. Setelah itu dikabarkan 1 orang juga meninggal dunia secara mendadak setelah hewan sapi meninggal. Setelah ditelusur oleh Balai Kesehatan Gunung Kidul ditemukan puluhan sapi jadi korban bakteri Antrax.

Kemudian setelah ditemukan sampel pada hewan ternak sapi positif Antrax, kemudian petugas menelusur pemeriksaan pada satu orang yang meninggal dunia. Setelah diperiksa ternyata satu orang meninggal dunia positif bakteri Antrax. Setelah ditemukan temuan tersebut Balai kesehatan Gunung Kidul segera melakukan tindakan cepat tepat dan sigap dengan memeriksa seluruh hewan yang berada diwilayah Gunung Kidul.

Hewan yang berada di Gunung Kidul tidak diperbolehkan untuk keluar wilayah Gunung Kidul untuk sementara waktu guna mengantisipasi penularan lebih jauh. Kemudian petugas balai kesehatan Gunung Kidul segera melakukan penyuntikan antibiotik kepada seluruh hewan sapi yang berada diwilayah Gunung Kidul.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Usut punya usut tenryata di wilayah Gunung Kidul ada tradisi bahwa hewan ternak sapi yang sakit dan yang mau mati sakratul maut disembelih terlebih dahulu kemudian dibagi–bagi untuk meminimalisasi kerugian yang diakibatkan oleh kematian hewan ternak. Dari laporan lapangan juga mengatakan bahwa ada salah satu warga yang ketika sapi yang mati sudah dikuburkan oleh petugas dengan protokoler kesehatan yang ketat kemudian digali lagi kemudian disembelih sapinya dan dimakan. Tentunya hal ini sangat miris dan perlunya pentingnya edukasi tentang kesehatan akibat penularan dari hewan.

Hewan Sapi yang positif bakteri Antrax berada didalam pembuluh darah hewan kemudian setelah mati dan disembelih dan keluar maka bakteri tersebut akan menjadi spora yang bisa hidup lebih lama.

Hal ini perlu kita wasapadai dikarenakan pengalaman mewabahnya bakteri Corona bisa menjadi besar karena penularan dari satu wilayah sehingga meluas ke wilayah yang lain. Terus apakah itu bakteri Antrax? Dan bagaimana kita mencegahnya supaya bakteri Antrax tersebut tidak meluas?

Penyakit Antrax merupakan penyakit infeksi bakteri yang menular dari hewan ternakseperti sapi dan kambing. Penularan penyakit Antrax apabila kita menyentuh hewan tersebut dan memakan daging hewan tersebut. Bahaya penyakit Antrax bisa mengakibatkan kematian yang mendadak. Penyebab penyakit antrax dalah disebabkan oleh bakteri Bacillus Antrhacis yang menjangkit hewan seperti sapi, kambing, domba dan lainnya.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa penyakit Antrax bisa dilakukan pencegahan antara lain : memastikan daging yang hendak dikonsumsi sudha dibersihkan dan dimasak hingga matang sepenuhnya, Hindari memakan daging mentah atau setengah matang, Hindari kontak langsung dengan hewan ternak yang terinfeksi penyakit Antrax, Berikan vaksin hewan ternak secara berkala, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan sistem imune dan olahraga secara teratur. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB