x

Sumber: Instagram initempeid

Iklan

Donyawan Maigoda

Donyawan Maigoda
Bergabung Sejak: 27 April 2023

Sabtu, 8 Juli 2023 07:31 WIB

iniTempe, Inovasi Kuliner dan Diplomasi Budaya Melalui Makanan Lokal

iniTempe, sebuah usaha kuliner yang berfokus pada memproduksi makanan berbahan baku tempe. iniTempe memiliki misi memperkenalkan tempe sebagai makanan khas Indonesia kepada wisatawan asing. Benny Santoso yang menggagas aktivitas ini memperoleh apresiasi SATU Indonesia Awards/

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Inovasi kuliner semakin berkembang di Indonesia dengan adanya usaha-usaha kreatif yang mengangkat bahan-bahan lokal menjadi produk yang unik dan menarik. Salah satunya adalah iniTempe (Innovate New Ideas with Tempe), sebuah usaha yang didirikan oleh Benny Santoso pada tahun 2017. initempe fokus dalam memproduksi makanan berbahan baku tempe yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah. 

Benny Santoso, seorang lulusan Culinary School, memiliki minat yang kuat dalam mengolah tempe. Ia melihat potensi besar dalam makanan tradisional ini dan ingin mengangkatnya menjadi produk inovatif yang bisa dikenal di dalam dan luar negeri. Salah satu misi initempe adalah mengenalkan tempe kepada wisatawan asing melalui workshop untuk diplomasi budaya melalui makanan.

Tempe yang digunakan oleh iniTempe berasal dari petani lokal, dengan tujuan untuk memberdayakan mereka dan memberikan arahan dalam menanam kembali kedelai lokal sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. initempe juga menjaga kualitas produk dengan menyediakan tempe yang masih fresh dan non-GMO.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain memproduksi tempe, initempe juga menghadirkan keunikan produknya dalam bentuk kue kering dari tempe. Kue kering ini menjadi salah satu daya tarik yang menjadikan makanan yang dihasilkan initempe memiliki banyak penggemar. initempe juga mencoba menggabungkan tempe dengan makanan-makanan lain seperti hamburger, steak, dan sandwich. Bahkan, initempe menciptakan duplikasi makanan khas Indonesia seperti sate dari tempe yang diperkenalkan kepada wisatawan asing di Bali.

Benny Santoso belajar mengolah tempe secara otodidak dan terinspirasi dari produk aplikatif yang unik seperti tempe keju dan tempe rasa cabai yang diolah oleh gurunya. Inovasi ini membuat produk initempe semakin menarik dan diminati di pasar. Selain dipasarkan di dalam negeri, produk initempe juga telah berhasil menembus pasar internasional seperti Negara-negara Asia, Amerika, Australia, dan Eropa sebagai produk inovatif tempe khas Bali.

 

Keberhasilan initempe tidak hanya terlihat dari omzet yang dihasilkan, yakni sebesar Rp 60.000.000,- per bulan, tetapi juga dari dampak sosial dan ekonomi yang telah diciptakan. Usaha ini memberdayakan petani lokal sebagai pemasok bahan baku yang stabil, serta melibatkan para wanita sekitar dalam proses produksi. initempe berhasil menginspirasi anak-anak Indonesia untuk lebih menghargai makanan lokal dan mengajarkan pentingnya inovasi serta ketekunan dalam menjalankan bisnis.

 

Tentunya, perjalanan initempe tidaklah mudah. Usaha ini menghadapi berbagai kendala seperti kesulitan mencari SDM yang memiliki ketekunan dalam bekerja, harga tempe dipasaran yang murah karena penggunaan kedelai impor, dan keterbatasan stok bahan baku. Namun, initempe mampu mengatasi kendala-kendala tersebut dengan mencari pekerja yang memiliki semangat kerja tinggi, mengedukasi masyarakat mengenai perbedaan kedelai lokal dan impor, serta dengan mengembangkan variasi bahan baku tempe seperti kedelai hijau, kacang polo, dan kedelai hitam.

 

iniTempe telah menjadi contoh nyata bagi usaha kuliner lainnya dalam memanfaatkan bahan baku lokal dengan inovasi yang kreatif. Usaha ini tidak hanya berfokus pada keuntungan komersial semata, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat sekitar dan promosi budaya Indonesia melalui makanan. 

 

Pada bulan Juni 2023 menjadi momen yang istimewa bagi iniTempe, usaha kuliner yang telah sukses dalam memproduksi makanan berbahan baku tempe. Pada bulan tersebut, iniTempe melakukan rebranding dengan mengubah namanya menjadi "Tempeman".

 

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis yang diambil oleh Benny Santoso, pendiri Tempeman, untuk memberikan nuansa yang lebih segar dan menyambut peluang ekspansi yang lebih luas. 

 

Diharapkan Tempeman, yang sebelumnya dikenal sebagai iniTempe terus berkembang dan menghadirkan produk-produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar serta tetap mempertahankan kualitas dan nilai-nilai yang telah diusung sejak awal.

 

 

Dengan semangat inovasi dan kontribusi positif yang telah ditunjukkan oleh iniTempe, kami mengajak Anda, untuk ikut serta dalam Indonesia Award 2023. Ajang kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi lima pemuda yang telah memberikan kontribusi positif yang luar biasa bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

 

Indonesia Award 2023 adalah kesempatan bagi kita semua untuk menghargai dan mendukung pemuda-pemuda inspiratif yang telah berusaha keras untuk membuat perubahan nyata dalam berbagai bidang kehidupan. Baik itu dalam bidang kewirausahaan, pendidikan, lingkungan, sosial, atau budaya, setiap usaha yang membawa dampak positif layak mendapatkan apresiasi.

 

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari perjalanan inspiratif para pemuda Indonesia. Ikuti Indonesia Award 2023 dan bersama-sama kita tingkatkan semangat kreativitas, kepemimpinan, dan perubahan positif di tanah air tercinta.

 

Ikuti tulisan menarik Donyawan Maigoda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu