x

Iklan

Bayu Kurnia nazarrudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2023

Senin, 10 Juli 2023 12:38 WIB

KKN Untag 1945 Surabaya; Pelatihan dan Pendampingan Pendaftaran Hak Cipta

Kuliah Kerja Nyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menerapkan ipteks secara team work dan interdispliner. Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hak Cipta merupakan hak hukum yang diberikan kepada orang yang telah menciptakan suatu karya atau inovasi yang nantinya banyak memeberikan manfaat terhadap pencipta seperti keuntungan ekonomi dengan memberikan sebuah kontrol atas pemanfaatan dan komersialisasi karya mereka, dengan adanya Hak Cipta juga dapat mendorong inovasi dan kreativitas dengan memberikan insentif kepada pencipta untuk terus menghasilkan sebuah karya baru atau inovasi-inovasi baru.

Namun sangat disayangkan, tidak semua pelaku usaha dan masyarakat mengetahui tentang adanya hak cipta ini, hal ini juga dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan dan pemahan pelaku usaha dan masyarakat tentang melakukan pengurusan dan pembuatan sautu Hak Cipta. Bahkan terkadang masyarakat acuh terhadap persoalan ini, persoalan ini tentunya akan menimbulkan dampak kedepannya apabila para pelaku usaha atau masyarakat yang mempunyai karya atau inovasi tidak mendaftarkannya ke dalam Hak Cipta.

Dari temuan masalah tersebut,akhirnya peserta KKN Universitas 17 Agustus Surabaya membuat salah satu program yaitu sosialisasi Pentignya Hak Cipta terhadap suatu karya atau Inovasi yang telah dibuat oleh pelaku usaha atau masyarakat di Desa Pesanggrahan. Yang diamana dalam pelaksanaan kegiatan ini dibombing oleh Bapak Novan Andrianto, S.I.Kom., M.I.Kom. selaku salah satu dosen di kampus serta sebagai dosen pembimbing dilapangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kuliah Kerja Nyata ini merupakan sebuah bentuk sebagai pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para mahasiswa dalam rangka mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diketahui dan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner. Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan. Dengan ini penulis sebagai pelaku Kuliah Kerja Nyata ( KKN ).  Dalam penulisan ini penulis mengusung materi tentang pentingnya sautu hak cipta dalam sebuah karya atau inovasi yang diciptakan oleh masyarakat maupun pelaku usaha di Desa Pesanggrahan, hal ini juga nantinya dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada dilingkungan sekitar. Kegiatan KKN ini juga dilakukan secara berkelompok yang bertepatan di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kuterejo, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur yang berlangsung selama 12 hari dengan dimulainya pada tanggal 3 juli 2023.

Sasaran yang dituju dalam kegiatan ini ialah Pelaku Usaha dan Masyarakat di Desa Pesanggrahan, diamana dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan dengan cara memberi sosialisasi mengenai pentingnya sautu Hak Cipta dalam sebuah karya atau inovasi beserta tata cara dalam pembuatan Hak Cipta. Namun, tidak hanya dalam penyampaian pentingnya materi dan cara mendaftarkan Hak Cipta, akan tetapi juga bagaimana syarat syarat dalam mendaftarakan sebuah Hak Cipta, yang nantinya juga dihrapkan dapat membantu pelaku usaha atau masyarakat di Desa Pesanggrahan dalam mendaftarkan karya atau inovasinya kedalam Hak cipta.

 

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Ikuti tulisan menarik Bayu Kurnia nazarrudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler