x

Iklan

Indrak Indrak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2023

Kamis, 13 Juli 2023 07:23 WIB

6 Cara Terbaik Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam

Masalah layar laptop blank umumnya terjadi saat proses booting atau masuk ke Windows, padahal lampu kipas, hard disk, atau indikator power menyala.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masalah layar laptop blank umumnya terjadi saat proses booting atau masuk ke Windows, padahal lampu kipas, hard disk, atau indikator power menyala. Tentu saja kondisi ini dapat menimbulkan kepanikan bagi sebagian orang, apalagi jika tidak mengetahui penyebab Layar Laptop Blank.

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam

Berikut beberapa cara mengatasi layar laptop hitam, yaitu:

Mengecek Kondisi Layar

Jika suara mesin komponen laptop masih terdengar namun layar blank atau hitam, maka bisa jadi ini adalah sumber masalah utama pada layar. Cara memastikannya adalah dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard. Berikut panduan untuk mengecek kondisi layar laptop: langkah pertama Tekan tombol CapsLock atau NumLock. Periksa apakah lampu status tombol menyala atau tidak. Jika menyala, tekan dan tahan tombol Windows + Ctrl + Shift + B.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika Windows responsif, akan muncul bunyi bip pendek. Jika lampu status tidak menyala atau tidak berbunyi seperti "bip", Anda harus menekan tombol "Daya" selama 10 detik. Tujuannya untuk mematikan laptop secara paksa atau force shut down. Setelah itu, cabut adaptor lalu tunggu selama 1 mnt. Jika dirasa sudah cukup, Anda bisa merestart laptop. Biasanya layar akan menyala kembali seperti biasa.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menyambungkan layar laptop ke layar eksternal, seperti komputer atau TV, dengan menyambungkan port VGA atau port HDMI. Jika muncul gambar di layar eksternal, bisa dipastikan LCD laptop Anda bermasalah. Sebaliknya jika gambar tidak muncul, kemungkinan ada kerusakan pada VGA. Cara lain untuk melakukan ini adalah mengarahkan senter ke sekeliling layar laptop. Jika ada tulisan atau gambar yang terlihat, maka yang bermasalah hanya lampu di layar laptop.

Dengan Cara Mengatur Resolusi Layar

Setting resolusi layar yang melebihi kemampuan laptop terutama pada laptop spek rendah bisa menyebabkan layar laptop blank. Untuk panduan mengatasi layar laptop hitam dengan mengatur resolusi layar berikut ini panduannya. langkah pertama Hidupkan laptop. Lalu Tekan dan tahan F8 hingga laptop masuk ke Safe Mode. Klik kanan, pilih Properties atau Display Settings. Pilih resolusi layar dari kecil ke besar. Ubah resolusi layar ke opsi Recommended, lalu restart laptop.

Dengan Melakukan Setting BIOS Ke Default Mode

Salah satu cara mengatasi layar laptop yang menyala tapi layar hitam adalah dengan masuk ke BIOS. Langkah ini dinilai cukup efektif dan tingkat keberhasilannya tinggi. Berikut cara masuk ke BIOS untuk mengatasi layar laptop blank : Pertama, hidupkan laptop. Tekan tombol F2, F8, F11, atau Hapus.

Pada halaman BIOS, buka menu Exit » Load Defaults lalu pencet OK. Tekan opsi Simpan Perubahan dan Keluar. Selain melakukan pengaturan BIOS, Anda juga dapat mencoba melepas baterai CMOS dan memasangkannya kembali setelah beberapa menit. Hal ini dikarenakan ketika baterai CMOS dilepas, konfigurasi BIOS akan kembali normal pada mode default.

Uninstall Software Mencurigakan

Biasanya seseorang memasang software yang memang harus diinstal untuk memudahkan pekerjaannya. Namun, aplikasi yang tidak didukung oleh sistem dapat menyebabkan layar laptop menyala tetapi tidak muncul apa-apa. Jadi harus menghapus aplikasi. 

Berikut cara uninstall software atau aplikasi yang mencurigakan: Pertama, hidupkan laptop. Lalu Tekan dan tahan F8 hingga masuk ke Safe Mode. Lakukan penghapusan perangkat lunak yang menjadi penyebab layar laptop menjadi gelap. Mulai ulang laptop. Jika layar kembali normal, maka masalahnya memang disebabkan oleh software yang tidak sesuai.

Masuk Ke Registry Editor

Cara mengatasi layar laptop windows 10 hitam dan versi lainnya juga bisa menggunakan Registry Editor. Cara lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini: Tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard, lalu klik Start Task Manager. Pilih File dan klik Tugas Baru.

Di jendela Create New Task, ketik "regedit", lalu ketik OK. Di Editor Registri, cari folder HKEY_CURRENT_USER. Pilih folder Perangkat Lunak »Microsoft» Windows. Pilih CurrentVersion » folder Explorer. Hapus ExplorerStartupTraceRecorder. Jika demikian, hidupkan ulang laptop.

Membersihkan RAM

Selain dari aspek software, masalah hardware juga bisa menjadi penyebab layar laptop menjadi hitam saat dinyalakan. Berikut cara membersihkan RAM pada laptop secara singkat : Hidupkan laptop. Buka program Run, ketik 'temp'. Pilih file yang akan dihapus. Buka kembali program Run, ketik '%temp%'. Tekan Ctrl + A, hapus seluruh file atau folder.

Demikian ulasan tentang 6 Cara Terbaik Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam seperti yang dilansir Indobet88, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Indrak Indrak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler