x

sumber ilustrasi: motherandbaby.co.uk

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Kamis, 13 Juli 2023 15:28 WIB

Manfaat Konsumsi Taoge untuk Mengobati Kemandulan

Manfaat Konsumsi Taoge Untuk Kesehatan Bisa Mengobati Kemandulan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Taoge atau istilah lainnya kecambah merupakan salah satu makanan tambahan sebagai pelengkap untuk masakan Soto, salah satunya bisa soto ayam, soto sapi, soto kwali dll. Tak jarang taoge dikonsumsi setiap hari didalam tubuh manusia. Selain itu taoge memiliki cita rasa yang pas apabila dikolaborasikan pada masakan Soto. Tak jarang apabila memasak Soto pasti memasukkan Taoge didalam masakan soto tersebut.

            Tetapi banyak yang tidak tahu sebenarnya apa sih manfaat konsumsi Taoge setiap hari untuk kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Kalau kita mau menelaah lebih dalam bahwa ternyata taoge memiliki manfaat kesehatan yang banyak. Taoge telah lama dikenal sebagai makanan sehat yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

            Didalam Taoge banyak mengandung vitamin E yang berfungsi menjaga kesuburan pria dengan cara melindungi sel – sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas. Selain itu manfaat taoge juga berkhasiat dalam meningkatkan dan dan menjaga kesuburan pria.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Manfaat yang lain sering mengkonsumsi taoge bisa mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, melancarkan pencernaan, membantu mengatasi kekurangan darah didalam tubuh manusia atau anemia, menurunkan berat badan, mencegah stroke, meningkatkan sistem imune didalam tubuh manusia, menyehatkan serta menumbuhkan rambut, meningkatkan kualitas sperma pria, mencegah gangguan menstruasi atau menopause, menjaga kesehatan tulang.

            Zat kesehatan yang terdapat didalam makanan Taoge antara lain : Vitamin C, zat besi, protein, serat, kalium, kalsium, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, magnesium dan zat besi yang lainnya. Makanan Taoge mengandung enzim yang sangat berguna dalam proses metabolisme didalam tubuh manusia. Kecambah atau taoge juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi kimia dalam tubuh dengan lebih optimal.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan meskipun Taoge sangat baik untuk kesehatan, tetapi ada efek samping juga yang bisa ditimbulkan apabila terlalu banyak mengkonsumsi Taoge. Efek samping dari banyak terlalu makan taoge antara lain : adanya resiko terpapar bakteri pada taoge serta apabila taoge tercemar bakteri Escheria Colli maka akan bisa menyebabkan muntah – muntah, mual, diare yang berkepanjangan.

Efek mengkonsumsi taoge yang berlebihan bisa meningkatkan resiko hipoglikemia atau kadar glukosa didalam darah bisa turun secara drastis, hal ini disebabkan kandungan kaliaum didalam taoge yang tinggi yang bisa menyebabkan meningkatkan hipotensi atau yang disebut dengan tekanan darah rendah apabila taoge dikonsumsi secara berlebihan. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu