x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika bersama Rektor UDB Solo Doktor Singgih/Foto : Dokpri

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 08:57 WIB

Bahaya Mengkonsumsi Es teh Manis Secara Berlebihan Bagi Kesehatan

Bahaya Mengkonsumsi Es teh Manis Secara Berlebihan Bagi Kesehatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Es Teh manis merupakan salah satu minuman yang banyak digemari tidak hanya bagi kalangan menengah ke bawah tetapi juga kalangan menengah ke atas. Selain harganya yang murah dan merakyat juga rasa Es Teh manis yang nikmat dan segar apabila dikonsumsi dibawah terik panas matahari yang menyengat disiang hari.

            Es Teh Manis juga merupakan salah satu minuman yang mudah sekali dibuat dan dengan bahan yang sangat murah meriah. Selain itu Es Teh manis juga sangat mudah didapatkan dimanapun. Bahkan setiap warung yang kita jumpai dipinggir jalan pasti menyediakan sajian minuman Es teh manis.

            Ditambah dengan menjamurnya frencese minuman Es teh manis dipinggir jalan membuat para konsumen sangat mudah untuk mendapatkannya. Ditambah variasi kombinasi Es Teh yang dicampur dari varian merk teh menjadi daya tarik serta rasa anikmat yang kelezatan yang menambah rasa Es teh menjadi sangat nikmat ketika diminum. Rasa sepet yang didapatkan ketika minum Es Teh menjadi ciri khas kepuasan tersendiri bagi para penggemar minuman Es Teh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Tetapi hal yang perlu diwaspadai adalah bahaya mengkonsumsi Es teh terlalu banyak bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Minum Es Teh manis yang berlebihan akan mengakibatkan dampak kesehatan bagi tubuh ke depan yang tidak baik.

            Salah satu bahaya apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi Es Teh manis anatra lain bisa menyebabkan gagal ginjal. Es teh mengandung asam oksalat yang sangat tinggi. Jadi apabila dikonsumsi terlalu berlebihan maka akan menumpuk didalam ginjal dan akan mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran didalam darah.

            Efek berbahaya selanjutnya adalah bisa meningkatkan resiko diabetes mellitus bagi yang terlalu mengkonsumsi es teh terlalu berlebihan. Pada umumnya pada 1 gelas es teh manis bisa mengandung 33 gram gula bahkan lebih. Jika dikonsumi secara rutin dapat memicu resiko diabetes mellitus.

            Efek berbahaya ketiga adalah bisa beresiko mengalami obesitas. Obesitas sendiri merupakan salah satu indikator yang menyebabkan manusia mudah untuk terserang penyakit. Sehingga ketika terjadi obesitas maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dalam segelas es teh manis mengandung sebanyak 250 kalori. Apabila kita terlalu sering minum es teh manis, maka akan meningkatkan terjadinya obesitas.

            Kemudian efek berbahaya terakhir apabila terlalu banyak mengkonsumsi Es teh adalah menjadi salah satu pemicu penyakit Stroke. Sering minum Es teh manis bisa memicu kadar trigliserida jadi lebih tinggi. Maka kondisi inilah yang akan memicu terjaidnya stroke.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa takaran dalam mengkonsumsi Es teh manis harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Dalam kondisi sehat maka manusia boleh mengkonsumsi Es Teh manis sehari hanya sekali dengan catatan dengan membatasi gula tidak lebih dari 1 sendok makan. Dan kemudian harus diimbangi dengan mengkonsumsi air putih yang banyak minimal sehari 2 liter. Sedangkan pada pasien yang mengalami kesehatan, dianjurkan untuk mengkonsumsi Es teh manis pada gula pasir diganti dengan gula dari jagung dan tdiak menyertakan gula pasir didalamnya. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu