Charles Darwin

Sabtu, 29 Juli 2023 10:28 WIB

Teori Evolusi Darwin Benar pada Satu Sisi dan Keliru  pada Sisi Lain

Naturalis Inggris Charles Darwin adalah salah satu orang paling terkenal dalam ilmu biologi. Ia pernah berkeliling dunia dengan HMS Beagle lalu mengumpulkan dan mendeskripsikan banyak kehidupan aneh dan tidak biasa yang ia temui.

Naturalis Inggris Charles Darwin adalah salah satu orang paling terkenal dalam ilmu biologi. Salah satu pencapaian utamanya adalah berkeliling dunia dengan HMS Beagle. Selama perjalanan, dia mengumpulkan dan mendeskripsikan banyak bentuk kehidupan yang aneh dan tidak biasa.

Bagi sebagian besar ilmuwan saat itu, ini sudah cukup untuk mendapatkan pengakuan. Akan tetapi, karena perjalanan ini, Darwin juga mampu mengartikulasikan salah satu konsep terpenting dalam biologi—teori seleksi alam.

Seleksi alam adalah proses yang mendorong evolusi, atau perubahan dalam suatu spesies. Teori klasiknya pertama kali diterbitkan dalam On the Origin of Species pada tahun 1859, lebih dari 150 tahun yang lalu. Setelah lebih dari satu abad perubahan dan penemuan teknologi, seberapa akuratkah tulisan Darwin dalam menggambarkan bagaimana kehidupan di Bumi berevolusi?

Dikutip dari laman britannica.com, berikut penjelasan tentang tentang benar – tidak benar tentang evolusi.

Benar: Bagaimana seleksi alam bekerja dalam spesies

Anagenesis adalah istilah teknis untuk perubahan evolusioner dalam suatu kelompok. Dalam hal ini, satu spesies menggantikan yang lain tetapi tidak terjadi percabangan menjadi spesies yang terpisah. Dapat dikatakan bahwa ketika suatu spesies bergerak melalui waktu, ia terus beradaptasi dengan lingkungannya.

Ciri-ciri individu yang tidak bertahan cukup lama untuk bereproduksi memudar dari spesies. Seiring waktu, perubahan yang dapat diamati (dalam ukuran, warna, atau sifat lainnya) mungkin muncul saat seleksi alam beroperasi di dalam spesies. Ratusan generasi kemudian, spesies tersebut akan berbeda dari sebelumnya, tetapi tidak ada cabang baru dari jalur evolusi spesies yang akan tercipta.

Benar: Bagaimana seleksi alam menciptakan spesies baru, secara umum

Spesiasi, penciptaan spesies baru dan berbeda dalam perjalanan evolusi, hanyalah perpanjangan dari anagenesis, tetapi dengan percabangan diperbolehkan. Spesiasi juga melibatkan seleksi alam, tetapi paling mudah terlihat pada populasi.

Jika satu atau lebih populasi diisolasi dari spesies lainnya selama beberapa generasi (dan anggota dari setiap populasi yang terisolasi berkembang biak hanya dengan satu sama lain), setiap populasi dapat menjadi berbeda dari spesies aslinya. Setiap populasi yang terisolasi mungkin menghadapi serangkaian kondisi lingkungan unik yang perlu diadaptasi oleh populasi tersebut. Jika demikian, setiap populasi dapat berevolusi secara berbeda.

Populasi di lingkungan yang lebih hangat dapat mengembangkan adaptasi untuk bertahan dari panas, sedangkan populasi di lingkungan yang lebih dingin dan lebih basah dapat mengembangkan serangkaian adaptasi yang berbeda untuk menghadapi kondisi yang lebih dingin dan lebih basah.

Setelah beberapa generasi, adaptasi mungkin muncul pada anggota satu populasi yang mungkin membuat mereka tidak berhasil berkembang biak dengan anggota populasi lain. Adaptasi ini bisa bersifat fisik (seperti perubahan ukuran, pewarnaan, atau kimia tubuh), atau bisa juga perilaku (seperti dalam pengembangan tarian pacaran atau seruan kawin). Seiring waktu, perbedaan antara populasi yang terisolasi dapat menjadi begitu besar sehingga setiap populasi menjadi spesies baru.

Benar: Bukti-bukti Darwin mendukung teori

Salah satu ciri konstruksi teori yang baik adalah penggunaan bukti-bukti yang terpisah sebagai bukti. Untuk mendukung teorinya tentang seleksi alam, Darwin mengambil contoh dari biogeografi, paleontologi, embriologi, dan morfologi. Dia mencatat beberapa contoh "spesies yang berkerabat dekat" (yaitu, spesies yang berkerabat dekat yang mungkin diturunkan atau bercabang dari spesies induk yang sama) yang menghuni wilayah yang sama atau wilayah yang berdekatan.

Dia mencatat bahwa spesies zebra yang berbeda ditemukan bersama di dataran Afrika Timur dan, mungkin dalam contohnya yang paling terkenal, bahwa beberapa spesies kutilang Galapagos hidup bersama di Kepulauan Galapagos — gugusan pulau terpencil di Samudra Pasifik timur. Pola spesies yang berkerabat dekat di ruang angkasa mendukung gagasan bahwa spesies ini memiliki asal usul yang serupa.

Darwin juga memperhatikan pola pengelompokan spesies yang berkerabat dekat dalam waktu. Catatan fosil menunjukkan beberapa contoh spesies yang tampak serupa yang terjadi berdampingan satu sama lain di lapisan yang sama atau di lapisan batuan yang berurutan. Bukti pengaruh seleksi alam juga tampak pada embrio yang sedang berkembang, di mana struktur yang diamati selama tahap awal perkembangan vertebrata tingkat tinggi (ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia) mirip dengan struktur hewan yang lebih primitif.

Darwin juga memanfaatkan morfologi (yaitu, aspek umum bentuk biologis dan susunan bagian-bagian tumbuhan atau hewan) untuk mendukung teorinya. Taksonomi, klasifikasi berbagai bentuk kehidupan, berakar pada ciri-ciri yang dapat diamati yang mengelompokkan makhluk hidup individu ke dalam spesies, genus, famili, dan seterusnya.

Secara umum, semakin banyak sifat yang dimiliki berbagai bentuk kehidupan, semakin dekat hubungan evolusi mereka. Melalui proses taksonomi (yang melibatkan perbandingan sifat-sifat yang dapat diamati dari bentuk-bentuk kehidupan dengan jenis-jenis sifat yang sama dalam fosil), seseorang dapat mengembangkan pemahaman yang baik tentang cara-cara garis tanaman, hewan, dan bentuk kehidupan lain yang berbeda muncul sepanjang waktu.

Salah: Umur bumi

Selama abad ke-19, Alkitab (bukan catatan fosil) secara luas dianggap sebagai otoritas utama usia Bumi. Dinyatakan bahwa Bumi baru berusia sekitar 6.000 tahun. Namun, sebagian besar ilmuwan saat itu mengakui bahwa Bumi memang lebih tua.

Pada awal 1860-an, hanya beberapa tahun setelah On the Origin of Species diterbitkan, insinyur dan fisikawan Skotlandia William Thomson (kemudian, Lord Kelvin) menunjukkan bahwa Bumi kehilangan panas melalui konduksi termal dan proses geologi mungkin telah berubah sebagai konsekuensinya. Selanjutnya, Thomson menyimpulkan bahwa pendinginan ini menempatkan batas atas usia Bumi, yang ia yakini berusia kurang dari 100 juta tahun.

Gagasan ini segera dianut oleh banyak ilmuwan lain, termasuk Darwin—sebagian karena putranya sendiri, George, yang adalah seorang astronom, juga telah menghitung usia Bumi sebagai puluhan juta tahun. Darwin tidak menganggap bahwa 6.000 tahun adalah waktu yang cukup bagi kehidupan untuk berdiversifikasi dan berevolusi menjadi berbagai bentuknya menurut teori seleksi alam.

Namun, rentang waktu 100 juta tahun tampaknya lebih masuk akal baginya. Meskipun Darwin tampaknya berada di jalur yang benar tentang usia Bumi, instrumen modern telah menunjukkan bahwa Bumi 4,5 miliar tahun lebih tua dari perhitungan William Thomson (dan George Darwin).

Salah: Mekanisme variasi antar individu

Meskipun teori seleksi alam Darwin pada dasarnya benar, pada akhir tahun 1860-an dia mengajukan teori yang sangat salah. Teori itu—”pangenesis”—adalah upaya untuk menjelaskan variasi di antara individu-individu dalam suatu spesies.

Keturunan dalam spesies seksual menampilkan campuran sifat dari kedua orang tuanya. Saudara kandung terlihat berbeda satu sama lain, tetapi mereka juga berbagi fitur. Sebagian besar berdasarkan karya ahli botani Austria Gregor Mendel, kita tahu bahwa sifat-sifat diproduksi oleh gen — khususnya, alel (salah satu dari dua atau lebih gen yang dapat muncul secara bergantian di lokasi tertentu pada kromosom).

Gen menyusun cetak biru DNA semua bentuk kehidupan, menentukan ciri-ciri fisik seperti warna mata dan risiko berkembangnya penyakit tertentu. Akan tetapi, menurut pangenesis Darwin, “gemmules” adalah benih sel, yang dipasok oleh masing-masing orang tua selama pembuahan. Gemmules diproduksi oleh semua organ dan struktur lain di tubuh masing-masing orang tua.

Permata dari ibu dan ayah akan bercampur satu sama lain di dalam telur yang telah dibuahi. Jika jumlah sel benih ini cukup dan jika mereka berkembang dengan cara yang tepat, keturunannya akan sehat dan dapat hidup. Cacat lahir, seperti organ yang kurang berkembang, diakibatkan oleh kurangnya gemmule yang disediakan oleh organ yang sama di tubuh orang tua atau dari hubungan antara gemmule yang salah untuk membangun organ tersebut.

Darwin juga mengemukakan bahwa anak-anak memiliki kemiripan yang lebih kuat dengan satu orang tua daripada yang lain karena permata yang berasal dari satu orang tua mungkin lebih kuat, lebih beradaptasi, atau lebih banyak daripada yang berasal dari orang tua lainnya. Tetapi sepupu Darwin, Sir Francis Galton, dalam percobaan menggunakan darah kelinci, gagal menemukan permata, sehingga teori tersebut ditolak. ***