x

Iklan

Jhonatan Ringgo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Mei 2024

Rabu, 1 Mei 2024 14:05 WIB

Makanan yang Mendukung Kesehatan Otak: Blueberry, Brokoli Dan Coklat Hitam

Meskipun kita telah mengetahui bahwa apa yang kita makan akan memengaruhi tubuh dan penampilan kita, ilmuwan terus mengungkap bukti bahwa apa yang kita makan memainkan peran dalam kesehatan otak kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Meskipun kita telah mengetahui bahwa apa yang kita makan akan memengaruhi tubuh dan penampilan kita, ilmuwan terus mengungkap bukti bahwa apa yang kita makan memainkan peran dalam kesehatan otak kita. Ya, dalam hal menjaga mental tetap tajam dan fokus, makan banyak makanan yang baik untuk otak adalah hal yang sangat penting sekali untuk diri Anda sendiri, terutama untuk materi abu-abu kita.

Usus dan otak terhubung erat, dan ketika kita fokus untuk memberikan tubuh kita makanan yang utuh dan bergizi, kita membantu menjaga keduanya. Makanan apa yang terbaik untuk otak Anda? Di antara makanan terbaik yang menyehatkan otak adalah buah-buahan, sayuran, minyak, dan bahkan coklat ini. 

Blueberry + Berry Lainnya

Membuktikan bahwa hal-hal hebat memang datang dalam kemasan kecil, blueberry dan buah beri lainnya. adalah buah-buahan yang direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi setiap hari. Itu karena mereka telah mendapatkan begitu banyak manfaat luar biasa sekaligus terasa seperti permen alami ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai permulaan untuk Anda, blueberry ini sendiri adalah salah satu makanan kaya antioksidan tertinggi yang dikenal manusia, termasuk vitamin C , vitamin K, dan serat. Karena tingginya kadar asam galat, blueberry sangat baik dalam melindungi otak kita dari degenerasi, penurunan kognitif, dan stres.

Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah makanan terbaik untuk menyembuhkan usus dan, pada gilirannya, membantu menyembuhkan otak. Makanan kuno ini sarat manfaat, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi usus bocor, meningkatkan kesehatan sendi, dan mengatasi alergi makanan. Kolagen tingkat tinggi membantu mengurangi peradangan usus, dan asam amino penyembuhan seperti prolin dan glisin menjaga sistem kekebalan berfungsi dengan baik dan membantu meningkatkan daya ingat.

Brokoli + Sayuran Cruciferous Lainnya

Ibu Anda pasti akan menyuruh Anda untuk memakan brokoli. Selain sayuran serupa seperti kembang kol, kubis, dan kubis Brussel, brokoli merupakan salah satu makanan tersehat untuk otak karena kandungan vitamin K dan kolinnya yang tinggi, yang dapat membantu menjaga daya ingat tetap tajam.

Ia juga sangat kaya akan vitamin C. Faktanya, satu cangkir saja sudah memenuhi 150 persen asupan harian yang direkomendasikan. Ini juga mengandung sejumlah fitonutrien yang melindungi sel-sel otak Anda dari stres oksidatif. Brokoli juga kaya akan serat sehingga membuat Anda cepat merasa kenyang.

Seledri

Sebagai sayuran yang rendah akan kalori, seledri menawarkan banyak manfaat. Antioksidan dan polisakarida tingkat tinggi bertindak sebagai agen antiinflamasi dan dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan peradangan, ini samaseperti nyeri sendi dan sindrom iritasi usus besar.

Ini adalah pilihan camilan yang bagus jika ingin menurunkan berat badan, karena mengandung vitamin, mineral dan nutrisi serta rendah kalori. Meski sering mengonsumsi batang seledri, namun jangan sampai melewatkan biji dan daunnya. Ini akan memberikan manfaat dan rasanya enak sebagai tumisan dan sup.

Coklat hitam

Tidak semua coklat diciptakan sama. Faktanya, coklat hitam sebenarnya sangat baik untuk Anda! Cokelat kaya akan flavonol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa kakao dapat meningkatkan aliran darah otak dan oksigenasi darah otak, serta membantu menurunkan tekanan darah dan stres oksidatif di otak dan jantung. Akan tetapi jangan mengunyahnya terlebih dulu. 

Kuning Telur

Kuning telur masuk kedalam nutrisi nakal selama bertahun-tahun, akhirnya mendapatkan sinar matahari yang layak. Jika memakan putih telurnya, maka kuning telurnya milik Anda. Kuning telur mengandung kolin dalam jumlah besar yang membantu perkembangan otak janin pada ibu hamil. Ini juga memecah betane, bahan kimia yang menghasilkan hormon yang saling berhubungan dengan perasaan sejahtera.

Jika selama ini Anda menghindari telur utuh karena masalah kolesterol, ada kabar baik. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur tidak berpengaruh pada kadar kolesterol yang sehat dan justru dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini juga merupakan salah satu sumber protein termurah di pasaran. Pastikan Anda membeli telur organik yang diternakkan karena juga sangat baik untuk tubuh.

Kunyit

Hebat bukan kalau bumbu sederhana bisa memberikan manfaat yang luar biasa? Hal serupa terjadi pada kunyit, akar kuno yang digunakan sepanjang sejarah karena khasiat penyembuhannya. Berkat kurkumin, senyawa kimia yang ditemukan dalam kunyit, rempah ini sebenarnya merupakan salah satu zat antiinflamasi yang paling kuat. Kunyit juga membantu untuk meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh ini agar tetap sehat, sekaligus bisa meningkatkan asupan oksigen otak. 

lalu membuat Anda tetap waspada dan mampu memproses informasi. Bicara tentang bumbu super. Awali hari dengan makanan ini dengan mengonsumsi telur kunyit dan teh kunyit . Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak, kombinasikan kunyit dengan lada hitam membantu meningkatkan penyerapan dan dengan bumbu lain seperti jahe dan kayu manis untuk mendukung pencernaan dan metabolisme.

Demikian ulasan tentang Makanan yang Mendukung Kesehatan Otak: Blueberry, Brokoli Dan Coklat Hitam, untuk informasi selengkapnya klik disini.

Ikuti tulisan menarik Jhonatan Ringgo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu