x

Banner Satu Indonesia Awards

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 10:33 WIB

3 Contoh Finalis SATU Indonesia Awards Bidang Kewirausahaan; Selanjutnya Usahamu?

SATU Indonesia Awards adalah ajang bergengsi bagi kamu yang memiliki kegiatan berdampak pada masyarakat. Ajang ini memberikan bantuan dana sebesar 64 juta rupiah bagi setiap finalisnya. Salah satu kategori yang memiliki banyak peminat adalah kewirausahaan. Apakah salah satunya kamu yang berminat mendaftar SATU Indonesia Awards 2023 tahun ini? Jika iya, yuk baca artikel berikut agar kamu semakin terinspirasi dan semangat untuk mendaftar!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SATU Indonesia Awards 2023 adalah sebuah kompetisi yang memberi kesempatan bagi para pemuda berusia maksimal 35 tahun untuk berkontribusi positif kepada masyarakat melalui kegiatan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Teknologi, dan Kewirausahaan.

Acara ini diselenggarakan dengan dukungan dari PT Astra International Tbk dan mengusung semangat Sumpah Pemuda. Singkatan "SATU" mencerminkan semangat Astra yang terpadu dalam mendukung generasi muda yang berdedikasi memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Pada artikel ini, akan dijelaskan khusus mengenai ajang SATU Indonesia Awards untuk bidang Kewirausahaan. Jadi, buat kamu yang ingin mendaftarkan usaha kamu di ajang ini, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Rewards Menjadi Finalis SATU Indonesia Awards 2023?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi para finalis SATU Indonesia Awards 2023, akan ada banyak rewards menarik yang bisa didapatkan. Setiap finalis berhak mendapatkan dukungan sebesar 64 juta rupiah untuk mendukung kegiatan yang telah mereka lakukan.

Selain itu, menjadi finalis di kompetisi ini juga memberikan pengalaman berharga dan menggali jaringan relasi dengan peserta lain yang memiliki kontribusi positif dalam masyarakat. Rewards ini memberikan kesempatan bagi finalis untuk mengembangkan bisnis mereka agar semakin berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

Siapa Saja Contoh Finalis SATU Indonesia Awards 2023?

Agar kamu semakin terinspirasi, berikut adalah tiga contoh finalis SATU Indonesia Awards untuk Bidang Kewirausahaan, siapa saja? Yuk simak!

FInalis 1: iniTempe (Innovate New Ideas with Tempe)

Dokumentasi Produk iniTempe

iniTempe adalah sebuah usaha yang memproduksi makanan berbahan baku tempe dari Grobogan, Jawa Tengah. Usaha ini dijalankan oleh Benny Santoso dan didirikan pada tahun 2017, dengan dukungan dari 4 karyawan yang diberdayakan.

Benny Santoso (Pendiri) bersama 4 karyawannya pada saat itu mengolah tempe menjadi kue kering dan memperkenalkannya kepada wisatawan asing melalui workshop untuk diplomasi budaya melalui makanan. iniTempe merupakan inovasi dalam memanfaatkan tempe lokal dengan mengurangi penggunaan kedelai impor dari Amerika.

Finalis 2: Ruang Inovasi

Dokumentasi RuangInovasi

Ruang Inovasi adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa inkubasi wirausaha sosial. Mereka mendampingi masyarakat di suatu desa untuk membentuk dan menjalankan UMKM atau BUMK berdasarkan potensi sumber daya alam lokal desa.

Dengan mengoptimalkan hasil alam desa, M. Maghribul Falah (Pendiri) bersama3 orang temannya membantu mencapai kemandirian ekonomi dan memberikan dampak ekonomi-sosial yang positif. Program inkubasi mereka melibatkan pelatihan dan pendampingan intensif kepada pelaku usaha sosial di desa.

Finalis 3: Kader Pemberdayaan Pemuda di Desa

Dokumentasi Kegiatan Kader Pemberdayaan Pemuda di Desa

Kader Pemberdayaan Pemuda di Desa adalah sebuah usaha yang memproduksi dan menyediakan jasa pembuatan mebel dan laundry. Didirikan pada tahun 2016 oleh Sudiarto, usaha ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengurangi pengangguran di desa.

Usaha yang didirikan oleh Sudiarto ini juga memberikan pelatihan wirausaha muda untuk meningkatkan keterampilan dan menciptakan lapangan kerja. Kader Pemberdayaan Pemuda di Desa telah berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat desa dan memberdayakan pemuda di bidang usaha.

Apa Saja Syarat Menjadi Peserta SATU Indonesia Awards?

  1. Peserta yang memenuhi syarat adalah individu maupun kelompok dengan batasan usia maksimal 35 tahun.
  2. Kegiatan yang dapat dilombakan mencakup bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Teknologi, dan Kewirausahaan.
  3. Kegiatan yang diajukan harus asli dan telah berjalan selama minimal 1 tahun.
  4. Kegiatan tersebut belum pernah menerima penghargaan di tingkat nasional atau internasional.
  5. Peserta tidak dapat berasal dari karyawan Grup Astra atau menjadi mitra dari SATU Indonesia Awards.
  6. Pendaftaran juga dapat dilakukan oleh seseorang untuk mendaftarkan orang lain yang memenuhi syarat.
  7. Kegiatan yang diajukan tidak boleh pernah menerima manfaat dari Grup Astra sebelumnya.
  8. Kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan prinsip sustainability, termasuk aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik (governance).
  9. Keputusan juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat setelah diumumkan.

Bagaimana Cara Mendaftar SATU Indonesia Awards 2023?

Untuk mendaftar dalam SATU Indonesia Awards 2023, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka website resmi https://sia.astra.co.id/
  2. Lakukan registrasi akun atau login menggunakan akun Google.
  3. Klik tombol "Daftar di Sini".
  4. Isi formulir pendaftaran yang terdapat di dalam website.
  5. Setelah selesai mengisi formulir, klik tombol submit untuk mengirimkan pendaftaran.
  6. Pastikan mendaftar sebelum periode pendaftaran berakhir pada tanggal 6 Agustus.
  7. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, para calon peserta berpeluang menjadi salah satu finalis SATU Indonesia Awards 2023 dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Nah itu dia tadi informasi mengenai SATU Indonesia Awards 2023, bagaimana? Sudah tertarik? Ayo daftarkan usahamu segera pada ajang SATU Indonesia Awards 2023 sekarang dan tunjukkan kontribusimu yang luar biasa dalam bidang Kewirausahaan! Dapatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungan dana hingga 64 juta rupiah!

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu