x

Seminar Internasional Ilmu Al Quran \x26 Tafsir

Iklan

Tatang Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 30 Juli 2023 05:22 WIB

STIQ ZAD Cianjur Gelar Seminar Internasional

Para peneliti, akademisi, dan mahasiswa menyampaikan sudut pandang memgenai peran ulama Indonesia dalam studi Al Quran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ZAD Media, Cianjur, 27/7/2023 - Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) ZAD Cianjur akan menggelar Seminar Internasional bertajuk "The Role of Indonesian Ulema in the Study of the Quran". Yang akan dilaksanakan 29 Juli 2023 di Auditorium STIQ ZAD, Cianjur, Jawa Barat.

Adha Saputra, Lc., M.E selaku Ketua STIQ ZAD Cianjur mengatakan tujuan seminar ini untuk membuka wawasan pengetahuan peserta seputar Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur'an dari berbagai bidang dan men-tadabburi-nya.

“Seminar Internasional ini kami selenggarakan sebagai upaya membuka wawasan pengetahuan para peserta seputar Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur’an dari berbagai bidang seperti Qiro’at, Tafsir, Tajwid, Manuskrip Tafsir, Tafsir Mukhtasar dan yang lainnya,” tuturnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketua Panitia Seminar Tatang Hidayat mengundang para peneliti, akademisi, & mahasiswa untuk berbagi sudut pandang dan pengalaman mereka melalui artikel hasil penelitian dan presentasi lisan yang berkaitan dengan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir bertajuk Peran Ulama Indonesia Dalam Studi Al-Qur’an.

“Kami mengundang para peneliti, akademisi & mahasiswa untuk berbagi sudut pandang dan pengalaman melalui artikel hasil penelitian dan presentasi lisan bertajuk Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur’an. Kami ingin mengenalkan kepada dunia karya-karya ulama Indonesia di bidang Studi Al-Qur’an,” ungkapnya.

Panitia seminar telah menerima puluhan artikel dari dalam dan luar negeri yang akan dibahas pada seminar tersebut. Artikel-artikel yang terpilih akan dipublikasikan dalam ZAD Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir yang sudah terakreditasi SINTA 4 dan terindeks bereputasi serta naskah lainnya akan diterbitkan dalam bentuk prosiding online.

Rencananya seminar ini akan dibuka oleh Prof. Dr. Abdussalam Al-Majidy, Lc., M.A. dari Qatar University sebagai pembicara kunci (Keynote Speaker). Pembicara internasional dan nasional yang akan hadir antara lain: Prof. Dr. Mohammad Lamatt Achinqity, Dr. Nabil Ahmed Tarmom, Lc., M.A. Dr. Saeed Abdullah Al-Katiry, Lc., M.A., Dr. Ammar Al-Gumaei, Lc., M.A., Dr. Abdulkhaleq Al-Maswary, Lc., M.A., Dr. (C) Adha Saputra, Lc., M.E dan Dr. Lira Erlina, Lc., M. Pd.

STIQ ZAD menyelenggarakan seminar ini mengundang berbagai tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, & tokoh-tokoh mahasiswa. Rencananya panitia mengundang Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Ketua MUI Kabupaten Cianjur, Para Pimpinan Perguruan Tinggi & Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa di Wilayah Kopertais Wilayah II Jawa Barat.

Dalam seminar parallel akan dipresentasikan hasil penelitian dari para akademisi yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Indraprasta PGRI, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, IAIN Langsa, UIN Raden Mas Said Surakarta, STIBA Ar Raayah Sukabumi, STDI Imam Syafi’i Jember, Universitas Darussalam Gontor, Universitas PTIQ Jakarta, UIN Syarif Kasim Riau, Universitas Pelita Bangsa dan para mahasiswa tingkat akhir dari STIQ ZAD Cianjur

“Selain seminar utama akan dilaksanakan juga seminar parallel yang akan mempresentasikan hasil penelitian dari para akademisi berbagai kampus,” pungkas Tatang Hidayat. 

Seminar Internasional ini didukung oleh Bank Muamalat, PT Sketsa Prima Putra, PT Genki Pro Indonesia,  The Tamar Village, Hikmah Grafika, Quadra dan ZAD Media []

 

 

Ikuti tulisan menarik Tatang Hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB