x

Iklan

KKN 143 LANGKAP JEMBER

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juli 2023

Selasa, 1 Agustus 2023 08:45 WIB

Pembentukan UMKM Pupuk Organik dan Pestisida Nabati, Tingkatkan Desa Langkap Sejahtera oleh Mahasiswa KKN Kolaboratif 143


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Desa Langkap—salah satu desa yang unggul di bidang pertanian, baik tanaman pangan maupun tanaman holtikultura. Hal ini menjadikan Desa Langkap menjadi salah satu pemasok produsen dalam skala besar. Varietas yang ditanam di Desa Langkap merupakan varietas unggulan, seperti padi menanam variertas IR 32 dan kedelai varietas Anjasmoro. Sebagai penunjang keberhasilan panen dan kualitas hasil panen, maka perlu memperhatikan proses pra hingga panen.

Pengolahan tanah kedua—perlu penambahan pupuk untuk menggemburkan tanah. Pupuk organik merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan satu atau lebih unsur hara yang diberikan pada tanaman atau media tanam untuk mendukung proses tumbuhnya tanaman untuk perkembangan secara maksimal dengan memanfaatkan bahan-bahan organik yaitu sisa tanaman dan kotoran hewan. Keberadaan pupuk organik di Desa Langkap sulit ditemui karena tidak banyak petani yang membuatnya. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi terkait pembuatan pupuk organik yang kemudian menjadi wadah kewirausahaan warga Desa Langkap.

Selain pupuk organik, salah satu komponen penting untuk menunjang kesuburan tanaman yaitu pestisida. Pestisida yang baik bagi tanaman adalah pestisida nabati, hal ini karena meminimalisir dampak buruk jangka panjang. Sama halnya dengan pupuk, pestisida juga memiliki kelangkaan dengan jumlah yang terbatas karena harga di pasaran yang tinggi. Sehingga perlu adanya demonstrasi terkait pembuatan pestisida nabati untuk menjadi bekal petani yang dapat diterapkan di lahan maupun menjadi wadah wirausaha.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembentukan program kerja utama tidak menutup kemungkinan kami untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung di Desa Langkap. Salah satu kegiatan yang kelompok KKN Kolaboratif 143 ikuti adalah santunan anak yatim di SDN 02 Langkap, kerja bakti di lapangan Desa Langkap, serta kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati HUT Indonesia bersama satu Kecamatan Bangsalsari.

So..staytune ya guys, bakal ada kegiatan menarik yang akan kami laporkan kembali~

Ikuti tulisan menarik KKN 143 LANGKAP JEMBER lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu