x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 2 Agustus 2023 12:31 WIB

Sidik Jari Kita Sangat istimewa, Jangan Ingin Seperti Orang Lain

Jangan ingin mengubah diri seperti orang lain, saya ya saya kamu ya kamu. Tidak akan pernah sama dan punya keistimewan sendiri-sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perhatikanlah, sidik jari kita masing-masing itu begitu identik. Sidik jari yang khas, tidak ada yang menyamainya. Allah SWT sengaja menciptakan sidik jari kita hanya untuk diri kita. Hikmahnya, bahwa saya adalah saya. Kamu pun hanya kamu. Hanya satu, sesuai kodrat-Nya.

Ketahuilah, Allah SWT tidak menciptakan orang lain yang seperti diri kita. Sama sekali tidak pernah ada orang yang seperti diri kita. Maka tidak akan ada pula orang yang akan menjadi seperti diri kita. Saya ya saya, kamu ya kamu. Tidak pernah sama.  

Saya ya saya. Kamu ya kamu. Begitu istimewa. Selalu khas, dengan segala ceritanya, kurangnya, lebihnya, kemampuannya, keahliannya, bahkan caranya dalam menjalani kehidupan. Dalam menghadapi masalahnya. Tiap orang berbeda pikiran dan perilakunya dengan orang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maka, rezeki kita sesuai dengan takaran khusus, dan itu yang paling pas untuk kita. Pikiran kita tidak sama dengan orang lain, dan itulah keistimewaan kita. Sudut pandang kita atas sesuatu berbeda, tidak apa, itulah hak kita. Cara kita menghadapi dan menyelesaikan masalah pun berbeda dengan orang lain, di situlah nilai beda kita. Bahkan pikiran dan mulut kita juga yang membedakan di antara kita. Mau yang baik atau yang buruk?

Jangan pernah ingin mengubah diri sendiri seperti orang lain. Apalagi hanya karena kita melihat seolah mereka hidupnya lebih baik, hartanya lebih banyak. Jangan pernah mencerai orang lain, karena kita tidak punya kuasa terhadap mereka. Jadilah diri sendiri saja, apa adanya saja. Alih-alih ingin berubah jadi seperti orang lain, lebih baik berusahalah untuk lebih jauh mengenal dirimu sendiri. Dari mana kita dan mau ke mana kita pergi?

 Saya ya saya. Kamu ya kamu. Sampai kita menemukan keistimewaan kita, ciri khas kita. Apapun yang ada pada kita, tidak akan pernah ada pada orang lain. Kecuali hanya pada kita. Sehebat apapun orang lain berjuang mencederai dan mengarang cerita, sama sekali tidak mempengaruhi diri kita. Karena kita ya kita, sesuai dengan kehendak-Nya.

 Sadarilah, mungkin selama ini. Kita terlalu sibuk ingin seperti orang lain. Sibuk dengan urusan orang lain. Sibuk membahas orang lain. Sampai lupa melihat kekuasaan Allah SWT atas adanya kejadian kita sendiri. Lupa bersyukur atas karunia-Nya. Sadarilah, tidak satu pun di dunia ini diciptakan oleh Allah SWT dengan sia sia. Semuanya pasti baik, hanya jalannya beda-beda.

Yakinlah, di dalam hati kita ada cahaya. Di dalam pikiran kita ada sesuatu yang berharga.  Di dalam perilaku kita ada hal yang bermanfaat. Di dalam sudut pandang kita ada sesuatu yang baik. Di dalam cara kita pasti ada sesuatu yang bernilai untuk orang lain. Allah SWT tidak menciptakan kita hanya sebagai pelengkap, apalagi korban. Allah SWT tidak menciptakan kita hanya untuk sekadar numpang di dunia dan tidak ada artinya. Pasti ada tujuan besar di balik keberadaan diri kita, sesuai kehendak-Nya.

Jadi perbaiki saja niat, baguskan ikhtiar, dan perbanyak doa yang baik. Hingga waktu yang akan membuktikannya. Bahwa kita begitu berharga lebih dari yang kita kira. Salam literasi #PegiatLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB