x

Iklan

Suhana Lim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sakit Yin Sakit Yang

Bahayanya masalah psikis

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sakit Yin Sakit Yang

Oleh: Suhana Lim

Gen diturunkan melalui keluarga dapat membuat individu tertentu jadi ber resiko tinggi terkena serangan anxiety/kegelisahan. Meski begitu, hal tadi bukan satu-satunya sebab. Para ilmuwan berpikir bahwa campuran antara faktor DNA, lingkungan, dan faktor psikologis adalah “biang kerok” yang harus disalahkan. Para peneliti sedang menfokuskan penelitian bahan kimia otak yang disebut neurotransmiter, serta sepasang struktur di dalam otak yang disebut amygdalae.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Begitulah cuplikan artikel yang saya baca dimajalah psikologi. Tidak salah memang yang dikatakan bahwa campuran faktor DNA, lingkungan dan faktor psikologis lah yang semuanya berperan menentukan sikon psikis kita. Once again, ini juga adalah bukti dalam semua hal dipengaruhi oleh Tian Ren Di, DNA (Tian), faktor psikologis (Ren) dan lingkungan (Di).

Sejak di buku kedua (Fengshuipedia) dan buku ketiga (Hidup Lebih Sehat Senang dan Sejahtera dengan Feng Shui) saya sudah membahas pengaruh dan peranan feng shui terhadap penderita gangguan kejiwaan. Juga sudah menyampaikan bahwa menangani kasus yang berkaitan dengan masalah perasaan, adalah jauh lebih sulit.

Gangguan kesehatan fisik tidak mudah buat disembuhkan, nah masalah kesehatan psikis lebih sulit lagi untuk diatasi. Seseorang bisa saja secara lahiriah kelihatan normal dan menjalankan aktivitas secara biasa. Tetapi deep down in his/her heart and mind, sangat ruwet dan bermasalah.

Kalau ditelaah lebih detail, tak sedikit yang at one stage or many times in life mengalami gangguan (ringan sampai parah) dalam kesehatan psikis nya. Hal ini tak bisa dianggap sepele, karena penyakit kalau dibiarkan lambat laun akan bertambah parah.

Unfortunately masih rendah awareness terhadap pentingnya mengobati masalah psikis sama pentingnya dengan menyembuhkan gangguan fisik. Banyak yang masih malu berkonsultasi ke psikiater, ke psikolog. Anggapannya kalau begitu artinya orang gila alias sedeng. Menyepelekan dengan beranggapan,biar saja nanti akan hilang sendiri masalahnya. That’s not true. Akibatnya di kelompok masyarakat tertentu, malah akhirnya dipasung. Ini tentu saja akan makin membuat gangguan psikis nya bertambah-tambah. Not to mention, akan merusak kesehatan fisik. Tentu sangat disayangkan.

Jangan mengabaikan kesehatan fisik (Yin) dan psikis (Yang), keduanya sama pentingnya.

 

Ikuti tulisan menarik Suhana Lim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu